MENU
kanker akibat rokok

Ahli Hisap: Inilah Kanker Akibat Rokok

Daun Sirih Dikunyah Akan Picu Kanker Mulut

Daun Sirih Dikunyah Akan Picu Kanker Mulut

Makanan Yang Bisa Mencegah Kanker

November 4, 2018 Comments (0) Views: 59 Diet, lifestyle

Makanan Yang Bisa Mencegah Kanker. Apa Saja?

Makanan bisa membuat kita sehat atau malah sakit. Untuk urusan kanker, makanan yang kita konsumsi bisa kanker atau justru mencegah kanker. Pilihlah jenis makanan  dengan bijak, agar kita dapat berbagai penyakit termasuk kanker. Tapi makanan apa saja yang mampu cegah kanker?

Ini Dia Makanan Untuk Mencegah Kanker

Apa yang kita makan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan kita, termasuk tingkat risiko berkembangnya penyakit-penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, atau kanker. Apalagi risiko kanker terbukti berkaitan dengan pola makan seseorang.

Banyak jenis makanan ternyata mengandung zat-zat tertentu yang bisa meningkatkan risiko munculnya kanker. Namun jangan khawatir. Sebab banyak pula jenis makanan yang bisa menurunkan risiko terjadinya kanker.

1. Brokoli

Zat sulforafana yang dikandung oleh brokoli memiliki potensi sebagai zat yang mampu mencegah kanker. Beberapa penelitian lain menyebutkan bahwa mengonsumsi sayuran berjenis cruciferous, seperti brokoli, dapat menurunkan risiko terkena kanker kolorektal dan kanker kolon.

2. Jamur Maitake

Maitake adalah jamur yang punya kemampuan adaptogen, yaitu konsep dimana sebuah zat membawa efek terhadap tubuh, sehingga memicu keseimbangan tubuh. Dengan kemampuan adaptogen, Jamur Maitake juga bisa meningkatkan daya tahan sel dan menormalkan fungsi fisiologisnya.

Jamur Maitake mengandung senyawa bioaktif beta-glukan yang punya aktifitas anti kanker kuat secara bioaktif dan memiliki efek terhadap aktivitas sel imunitas. Maitake juga mampu tingkatkan kemampuan sel imun. Menurut penelitian Profesor Nanba, terjadi perbaikan signifikan pada penderita kanker liver, kanker payudara, dan kanker paru.

Penelitian dalam jurnal Cancer Research Clinic Oncology tahun 2009 menyebutkan bahwa pada kandungan jamur maitake terdapat molekul bernama D-Fraction. Molekul ini mampu merangsang sistem kekebalan tubuh dan mengaktifkan sel-sel tertentu yang menyerang kanker payudara.

3. Wortel

Lima penelitian menyimpulkan bahwa menyantap wortel akan mengurangi risiko kanker perut. Meningkatkan konsumsi wortel juga bisa turunkan risiko kanker prostat menjadi 18 persen. Cobalah untuk menjadikan wortel sebagai camilan sehat untuk tingkatkan kondisi kesehatan Anda, serta mencegah kanker.

4. Kacang polong

Kacang polong memiliki kandungan serat yang tinggi, yang menurut beberapa penelitian dapat melindungi tubuh dari kanker kolorektal. Selipkan kacang polong sebagai menu wajib dalam satu minggu, agar asupan serat meningkat dan bantu menurunkan risiko munculnya kanker.

5. Buah Beri

Buah beri memiliki kandungan antosianin yang cukup tinggi. Antosianin sendiri adalah pigmen tanaman yang memiliki kandungan antioksidan, sehingga dapat mengurangi risiko berkembangnya kanker.

6. Minyak zaitun

Minyak ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia. Bahkan beberapa studi menemukan bahwa meningkatkan konsumsi minyak zaitun dapat membantu seseorang melindungi diri dari kanker.

19 Penelitian menunjukkan bahwa risiko kanker payudara dan kanker pencernaan akan menurun pada orang yang secara rutin mengonsumsi minyak zaitun. Sebuah penelitian membandingkan jumlah kasus kanker di 28 negara, menemukan fakta jumlah kasus kanker kolorektal lebih sedikit pada negara yang lebih banyak mengonsumsi minyak zaitun.

7. Buah Citrus

Review terhadap 14 penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah citrus dalam jumlah cukup banyak, menurunkan risiko kanker perut sebanyak 28 persen. Apa saja sih yang termasuk buah citrus? Jeruk lemon, jeruk nipis, jeruk bali, dan jeruk.

Review pada 9 penelitian juga menyimpulkan meningkatkan konsumsi buah citrus dapat dihubungkan dengan berkurangnya risiko kanker pankreas. Risiko kanker pencernaan dan kanker paru-paru pun menjadi lebih rendah ketika seseorang mengonsumsi buah citrus lebih banyak.

8. Kunyit

Rempah-rempah yang satu ini mengandung zat curcumin, sebuah bahan aktif dengan efek anti peradangan, antioksidan, dan anti kanker.  Curcumin juga mampu menurunkan potensi penyebaran sel-sel kanker kolon, membasmi sel-sel kanker kepala dan leher, serta memperlambat pertumbuhan kanker pada paru-paru, payudara, dan prostat.

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *