MENU
Efek Samping Kemoterapi Pada Psikologis Anak

Gangguan Psikologis Pada Anak Akibat Kemoterapi

Efek Terapi Musik pada Penderita Kanker

Melawan Kanker dengan Tertawa

January 31, 2017 Comments (0) Views: 992 Artikel Kesehatan, knowledge, lifestyle

Melawan Kanker dengan Tertawa. Bisa?

Tertawa terbukti menjadi solusi paling murah melawan kanker. Karena tertawa dapat meningkatkan imunitas, sehingga mampu melawan penyakit kanker. Sedangkan meningkatkan imunitas sendiri merupakan cara terbaik untuk melawan kanker.

Aktifitas ini terdengar cukup mudah dilakukan. Tersenyum bahagia memang terlihat sederhana, sehingga terasa wajar bila timbul keraguan apakah benar tertawa dapat melawan penyakit kanker yang sangat kompleks? Namun, beberapa penelitian berhasil mengungkap manfaat besar yang tersembunyi di balik aktifitas yang biasanya kita lakukan secara spontan ini.

Penelitian Tentang Tertawa

Sejumlah penelitian dilakukan untuk fokus mengamati perkembangan immunoglobulin A (IgA) yang ada pada mucosal area dan berfungsi untuk mencegah infeksi pada saluran pernapasan. Hasilnya, tujuh studi menunjukkan terdapat peningkatan signifikan pada konsentrasi IgA ketika seseorang menonton acara komedi.

Hal yang sama juga diungkapkan dalam temuan yang dilakukan oleh Lee Berk dan rekan-rekannya di The School of Medicine di Loma Linda University. Selain merangsang konsentrasi IgA, ternyata tertawa juga mampu meningkatkan konsentrasi IgM yang berperan untuk kekebalan awal dan IgG yang berperan untuk kekebalan dalam waktu lama.

Kelly Turner, Ph.D.,seorang ahli tumor menganjurkan tersenyum selama lima menit karena hal tersebut dapat meningkatkan jumlah sel darah putih secara signifikan sehingga meningkatkan sistem imun tubuh dan melepas rasa cemas yang dapat memperburuk kondisi penderita kanker. Hal ini terkait dengan hubungan emosi yang dihasilkan, yakni terlepas atau meluapnya emosi yang tertekan dan terjadinya peningkatan emosi positif dalam tubuh.

Namun berdasarkan penelitian yang dilakukan Kelly Turner, Ph.D. ditemukan bahwa untuk pemulihan kanker yang lebih baik disarankan juga agar pasien rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan menjalani pengobatan secara teratur. Oleh karena itu beruntunglah bagi Anda, orang-orang yang memiliki selera humor.

Manfaat Lain Tertawa

Tertawa mungkin akan membantu seseorang merasa lebih baik terhadap dirinya sendiri dan lingkungan di sekelilingnya. Tersenyum mungkin merupakan pengalih masalah yang alami. Menurut beberapa penelitian, terapi tertawa mungkin akan membawa pengaruh positif yaitu:

  • Bantu asupan oksigen.
  • Merangsang jantung dan paru-paru.
  • Melemaskan otot-otot di seluruh tubuh.
  • Memicu pelepasan hormon endorfin (pereda rasa nyeri alami tubuh).
  • Meredakan sakit perut dan rasa nyeri.
  • Menyeimbangkan  tekanan darah.
  • Meningkatkan fungsi mental (kewaspadaan, daya ingat, kreatifitas).
  • Meredakan stres.
  • Meningkatkan kualitas tidur dan hidup.
  • Mempererat ikatan dan hubungan sosial.

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *