MENU
Menu Diet Untuk Pasien Multiple Myeloma

Menu Diet Untuk Pasien Multiple Myeloma

tips hindari kanker kulit

5 Tips Hindari Kanker Kulit Khusus Bikers dan Gowesers

Bahan Kosmetik Pemicu Kanker Kulit

November 20, 2019 Comments Off on Bahan Kosmetik Pemicu Kanker Kulit Views: 14 Artikel Kesehatan, knowledge

Bahan Kosmetik Pemicu Kanker Kulit

Saat ini kosmetik sudah menjadi kebutuhan primer setiap wanita. Berbagai jenis dan merek kosmetika digunakan hampir setiap hari. Semuanya diklaim aman bagi kesehatan, khususnya untuk kulit. Namun ada baiknya kita tahu bahan-bahan kosmetik pemicu kanker kulit, sehingga kita bisa memilih produk yang aman.

Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan informasi tentang bahan-bahan kosmetik yang dapat memicu kanker kulit. Artikel ini dipersembahkan oleh VitaCare Maitake Pro, suplemen kesehatan yang mengandung MD Fraction dan Beta Glucan. Bubuk jamur maitake juga dapat membantu menurunkan resiko berkembangnya kanker.

Tidak seperti produk makanan dan obat-obatan, produk kosmetik dan personal care tidak diharuskan untuk mencantumkan bahan berbahaya serta bahan karsinogenik yang terkandung di dalamnya.

Inilah Bahan Kosmetik Pemicu Kanker Kulit

Secara umum, produk-produk kosmetik dan personal care memang tidak mengandung toksin dengan kadar yang mampu memicu kanker. Tapi resiko iritasi kulit masih tetap ada. American Cancer Society tetap berpendapat bahwa ada resiko kesehatan dalam jangka panjang yang tidak bisa dihilangkan begitu saja.

Berikut ini adalah beberapa jenis zat berbahaya yang biasanya terkandung dalam produk-produk kosmetik.

1. Diethanolamine (DEA)

Zat ini digunakan untuk pH adjuster, dan foaming agent. Namun ternyata dapat menimbulkan iritasi kulit, dapat meracuni sistem organ. Sayangnya zat ini masih banyak ditemukan pada produk-produk make-up wajah dan produk perawatan rambut.

2. Formaldehyde

Formaldehyde ini memiliki nama lain formalin, yang salah satu kegunaannya sudah diketahui banyak orang. Ya, formalin digunakan sebagai bahan kimia pengawet mayat. Sebab zat ini dapat membunuh kuman yang ada pada mayat.

Pada produk-produk kosmetik formalin digunakan sebagai bahan pengawet, Padahal formalin merupakan salah satu zat karsinogenik yang dapat memicu kanker, iritasi kulit, reaksi alergi pada kulit, ruam-ruam. Formalin masih banyak digunakan pada produk-produk kuku, lem bulu mata, gel rambut, produk pelembut rambut, sampo bayi, sabun mandi, atau pewarna kosmetik.

3. Hydroquinone

Jika dosisnya cukup tinggi, hydroquinone dapat menjadi zat karsinogenik. Bahan untuk mencerahkan kulit ini juga dapat meracuni tubuh, sehingga menyebabkan mual, kejang-kejang, dan kulit kebiruan.

4. Sodium lauryl sulfate

Iritasi kulit, gangguan penglihatan, ketidakseimbangan minyak alami kulit, dan sariawan merupakan salah satu efek penggunaan zat ini. Sodium lauryl sulfate digunakan sebagai zat pembersih dan bahan pengemulsi.

Zat ini masih digunakan pada produk shampo, sabun mandi, atau pasta gigi. Sodium lauryl sulfate memang bukan termasuk zat karsinogen. Namun beberapa penelitian menyatakan bahwa zat ini dapat memicu mutasi yang menyebabkan kanker.

5. Paraben

Banyak dimanfaatkan sebagai bahan pengawet formula kosmetik, sebab paraben mampu mencegah berkembangnya bakteri pada produk-produk kosmetik. Banyak produk-produk make-up, pelembab, sampo, kondisioner, lotion, pembersih wajah, produk bercukur dan scrub yang masih menggunakan paraben.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa paraben dapat mengganggu hormon endokrin, yang berarti menghambat perkembangan dan reproduksi hormon tersebut. Beberapa ahli juga menyatakan bahwa paraben berhubungan dengan munculnya tumor payudara.

Tags: , ,

Comments are closed.