MENU

PENGOBATAN KANKER

Siapkah Anda Menjalani Kolesistektomi

Siapkah Anda Menjalani Kolesistektomi?

Salah satu metode pengobatan kanker kantung empedu adalah pembedahan kolesistektomi. Apa yang harus dipersiapkan pasien untuk menjalaninya? Bagaimana mengatasi efeknya?
Kolesistektomi adalah prosedur pembedahan untuk mengangkat kantung empedu, yang berada di bawah organ hati di bagian kanan atas rongga perut. Biasanya kolesistektomi dilakukan dengan memasukkan kamera video kecil dan alat bedah khusus melalui empat sayatan kecil yang berfungsi melihat ke bagian dalam rongga perut. Lalu apa saja yang bisa dilakukan pasien sebagai persiapan?
Persiapan Menghadapi Kolesistektomi Dokter bedah biasanya akan memberitahukan beberapa hal pada pasien sebagai persiapan sebelum kolesistektomi, yaitu:
  • Konsumsilah cairan untuk membersihkan usus. Beberapa hari sebelum menjalani operasi, dokter dapat meresepkan cairan yang berfungsi mengeluarkan kotoran dari dalam usus.
  • Jangan makan apapun satu malam sebelum menjalani pembedahan. Namun pasien masih dapat mengkonsumsi sedikit air untuk minum obat. Hindari makan dan minum sama sekali setidaknya empat jam sebelum pembedahan.
  • Mintalah bantuan orang terdekat untuk mendampingi pasien, seperti pasangan, anggota keluarga, atau ...
    Read More
Berapa Biaya Laparoskopi

Berapa Sih Biaya Laparoskopi?

Salah satu langkah penanganan kanker kandung empedu adalah laparoskopi. Apa yang dilakukan ahli bedah pada prosedur tersebut? Berapa sih biaya yang diperlukan untuk menjalani laparoskopi?
Apa Itu Laparoskopi? Laparoskopi atau dikenal sebagai operasi lubang kunci merupakan prosedur pembedahan untuk memeriksa organ-organ tubuh yang berada di dalam rongga perut. Prosedur invasif ini dinilai memiliki resiko rendah karena hanya memerlukan sayatan kecil.
Laparoskopi dilakukan dengan menggunakan instrumen bernama laparoskop, yang berbentuk tabung pipih dan panjang, dilengkapi cahaya berintensitas tinggi dan kamera resolusi tinggi pada bagian depan untuk mengirimkan gambar ke monitor.
Prosedur ini memungkinkan dokter untuk melihat ke dalam tubuh secara real-time, tanpa perlu melakukan pembedahan terbuka. Dokter juga dapat melakukan pengambilan sampel jaringan tubuh (biopsi) dengan tehnik ini bila diperlukan. Kapan Perlu Dilakukan Laparoskopi? Biasanya prosedur ini dilakukan dokter ketika hasil tes pencitraan lain (ultrasound, CT scan, MRI) dirasa tidak cukup memberikan informasi yang diperlukan. Dokter akan merekomendasikan laparoskopi  untuk memeriksa ...
Read More
Penanganan Kanker Serviks Terkini

Penanganan Kanker Serviks Terkini

Para peneliti kanker terus berusaha menemukan cara terbaru untuk menangani kanker, termasuk kanker serviks. Apa saja langkah penanganan untuk atasi kanker serviks? Adakah langkah penanganan baru yang berkaitan dengan kanker serviks? Tentu saja ada.
Trend Pengobatan Kanker Serviks Terbaru: Perkuat Daya Tahan Tubuh Salah satu perkembangan terakhir dalam metode pengobatan kanker serviks adalah imunoterapi, yaitu peningkatan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker. Imunoterapi sendiri termasuk jenis terapi biologi, terapi kanker yang menggunakan zat dari organisme hidup. Badan Pengawasan Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA) Juni 2012 lalu menyetujui penggunaan obat pembrolizumab sebagai salah satu obat imunoterapi checkpoint inhibitor. Secara spesifik, FDA menyetujui obat ini dipakai untuk mengobati kanker serviks stadium lanjut yang sudah menyebar, atau yang kembali berkembang. Pembrolizumab adalah obat yang bekerja menghambat pengikatan protein bernama PD-1. Protein ini menghalangi sistem kekebalan tubuh dan sel-sel T untuk membasmi sel-sel kanker.
Imunoterapi yang bertujuan membantu sistem kekebalan tubuh membasmi ...
Read More
terapi alami kanker serviks

Mencegah Kanker Serviks Dengan Cara Alami

Mencegah jelas lebih baik daripada mengobati, begitu juga saat berhadapan dengan kanker serviks. Tapi bagaimana sih mencegahnya? Dan adakah pencegahan dengan terapi alami kanker serviks yang praktis?
Untuk bisa mencegahnya, kita harus tahu faktor yang memperbesar risiko kanker serviks. Beberapa faktor risiko kanker serviks adalah:
  • Infeksi virus HPV.
  • Merokok.
  • Asupan nutrisi yang buruk.
  • Sistem kekebalan tubuh yang melemah.
  • Kehamilan.
Kanker serviks dapat dicegah progresivitasnya jika ditemukan lebih awal. Cara ampuh untuk mencegah berkembangnya sel-sel kanker di serviks adalah dengan melakukan pemeriksaan untuk menemukan sel-sel pra-kanker yang belum ganas. Beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan adalah tes pap smear dan tes HPV.
Tes pap smear dan HPV sama-sama memerlukan pengambilan sampel sel dari serviks, untuk diteliti apakah ada sel-sel pra-kanker atau bahkan sel-sel kanker.
Cara Alami Cegah Kanker Serviks Yang Praktis Salah satu cara alami dan praktis untuk cegah berkembangnya kanker serviks adalah konsumsi rutin Jamur Maitake. Jamur ini mengandung bioaktif beta-glukan, yang sudah terkenal di ...
Read More

on March 3 | by

Comments are closed.