MENU

PENGOBATAN KANKER

Penanganan Kanker Serviks Terkini

Penanganan Kanker Serviks Terkini

Para peneliti kanker terus berusaha menemukan cara terbaru untuk menangani kanker, termasuk kanker serviks. Apa saja langkah penanganan untuk atasi kanker serviks? Adakah langkah penanganan baru yang berkaitan dengan kanker serviks? Tentu saja ada.
Trend Pengobatan Kanker Serviks Terbaru: Perkuat Daya Tahan Tubuh Salah satu perkembangan terakhir dalam metode pengobatan kanker serviks adalah imunoterapi, yaitu peningkatan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker. Imunoterapi sendiri termasuk jenis terapi biologi, terapi kanker yang menggunakan zat dari organisme hidup. Badan Pengawasan Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA) Juni 2012 lalu menyetujui penggunaan obat pembrolizumab sebagai salah satu obat imunoterapi checkpoint inhibitor. Secara spesifik, FDA menyetujui obat ini dipakai untuk mengobati kanker serviks stadium lanjut yang sudah menyebar, atau yang kembali berkembang. Pembrolizumab adalah obat yang bekerja menghambat pengikatan protein bernama PD-1. Protein ini menghalangi sistem kekebalan tubuh dan sel-sel T untuk membasmi sel-sel kanker.
Imunoterapi yang bertujuan membantu sistem kekebalan tubuh membasmi ...
Read More
terapi alami kanker serviks

Mencegah Kanker Serviks Dengan Cara Alami

Mencegah jelas lebih baik daripada mengobati, begitu juga saat berhadapan dengan kanker serviks. Tapi bagaimana sih mencegahnya? Dan adakah pencegahan dengan terapi alami kanker serviks yang praktis?
Untuk bisa mencegahnya, kita harus tahu faktor yang memperbesar risiko kanker serviks. Beberapa faktor risiko kanker serviks adalah:
  • Infeksi virus HPV.
  • Merokok.
  • Asupan nutrisi yang buruk.
  • Sistem kekebalan tubuh yang melemah.
  • Kehamilan.
Kanker serviks dapat dicegah progresivitasnya jika ditemukan lebih awal. Cara ampuh untuk mencegah berkembangnya sel-sel kanker di serviks adalah dengan melakukan pemeriksaan untuk menemukan sel-sel pra-kanker yang belum ganas. Beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan adalah tes pap smear dan tes HPV.
Tes pap smear dan HPV sama-sama memerlukan pengambilan sampel sel dari serviks, untuk diteliti apakah ada sel-sel pra-kanker atau bahkan sel-sel kanker.
Cara Alami Cegah Kanker Serviks Yang Praktis Salah satu cara alami dan praktis untuk cegah berkembangnya kanker serviks adalah konsumsi rutin Jamur Maitake. Jamur ini mengandung bioaktif beta-glukan, yang sudah terkenal di ...
Read More
pengobatan kanker payudara

Pengobatan Kanker Payudara dan Pencegahannya

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit menakutkan bagi kaum wanita. Namun sebenarnya kanker ini dapat disembuhkan jika terdiagnosa lebih dini. Seperti apa sih proses pengobatan kanker payudara dan bagaimana cara agar kita dapat mengurangi resiko terkena kanker ini,Silahkan simak infonya dalam artikel ini. Sebelum melakukan pengobatan kanker payudara, dokter harus melakukan serangkaian pemeriksaan terlebih dahulu. Beberapa cara diagnosis kanker payudara adalah:
  • Pemeriksaan fisik payudara. Dokter akan memeriksa langsung payudara pasien beserta kelenjar getah bening di sekitar ketiak. Apa yang diperiksa? Dokter mencari apakah ada benjolan atau ketidaknormalan lainnya.
  • Mamografi,ultrasound, atau MRI pada payudara pasien.
  • Biopsi sampel jaringan payudara, untuk diteliti lebih lanjut di laboratorium.1
Pengobatan Kanker Payudara Apabila memang didapati seseorang menderita kanker payudara, dokter baru akan melakukan langkah-langkah pengobatan. Untuk memilih jenis pengobatan kanker payudara yang tepat untuk pasien, dokter akan mempertimbangkan beberapa hal seperti:
  • Tingkat keparahan (stadium) kanker. Seberapa besar dan seberapa luas penyebaran kanker.
  • ...
    Read More
Persiapan Mastektomi Apa Saja

Persiapan Mastektomi, Apa Saja?

Salah satu cara penanganan kanker payudara adalah prosedur mastektomi. Apa sih mastektomi itu? Seperti apa persiapan mastektomi yang harus dilakukan pasien? Bagaimana prosedur ini dilakukan? Mastektomi sendiri adalah operasi pembedahan untuk mengangkat semua jaringan payudara dari bagian dada pasien untuk membasmi atau mencegah kanker payudara. Ada beberapa jenis mastektomi yaitu:
  • Mastektomi total: Dokter akan mengangkat seluruh payudara, termasuk jaringan payudara, areola dan puting payudara.
  • Skin-sparing mastectomy: Dokter juga akan mengangkat seluruh payudara, termasuk jaringan payudara, areola dan puting payudara. Namun kulit payudara tidak ikut diangkat.
  • Nipple-sparing mastectomy: Dokter akan mengangkat seluruh jaringan payudara. Namun  areola, puting payudara, dan kulit payudara tidak ikut diangkat.1
Persiapan Mastektomi Yang Bisa Dilakukan Pasien Persiapan pasien untuk menghadapi operasi mastektomi dapat dibagi berdasarkan jarak waktu dengan hari operasi mastektomi dilakukan yaitu: 1. 2-4 minggu sebelum operasi:
  • Berbicaralah dengan survivor kanker payudara lain dan bacalah kisah-kisah survivor kanker, untuk mempersiapkan mental dan ...
    Read More

on March 3 | by

Comments are closed.