MENU
Makanan Kemoterapi Bagi Pasien

Catat: Makanan Kemoterapi Bagi Pasien Kanker

Makanan Sehat Dan Mudah Ditemukan Untuk Pankreas Anda

November 19, 2018 Comments Off on Makanan Sehat Untuk Pankreas Anda Views: 25 makanan

Makanan Sehat Untuk Pankreas Anda

Setiap organ di tubuh butuh nutrisi untuk menguatkan serta menjaga fungsinya. Lalu makanan sehat apa saja yang dapat menyuplai nutrisi untuk pankreas? Apakah ada jenis makanan khusus bagi penderita kanker pankreas?

Pankreas sendiri adalah organ kecil yang memiliki dua fungsi penting yaitu memproduksi insulin untuk mengontrol kadar gula darah, serta menghasilkan enzim-enzim pencernaan untuk karbohidrat, lemak dan protein.

Makanan Sehat Bagi Organ Pankreas

Kerusakan organ pankreas, sebagian atau seluruhnya, dapat mengganggu asupan nutrisi yang diperlukan banyak organ tubuh lainnya. Lalu bagaimana cara jaga kesehatan pankreas? Salah satu caranya dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan sehat yaitu:

1. Sayuran Cruciferous

Sayuran jenis cruciferous dipilih karena kandungan nutrisinya. Cruciferous sendiri adalah sayur mayur dari famili Brassicaceae. Mulai dari brokoli, kubis Brussel, bok choy, kembang kol, kubis, sangat bermanfaat untuk melindungi pankreas dari risiko kanker.

2. Lemon

Lemon bermanfaat untuk meningkatkan produksi enzim-enzim pencernaan dalam tubuh. Konsumsi buah kiwi secara rutin juga menghasilkan efek yang sama. Peningkatan produksi enzim pencernaan ini ternyata dapat menjaga kesehatan organ pankreas.

3. Bawang putih

Bawang jenis ini dapat bantu tubuh menurunkan kadar gula dalam darah, dengan cara merangsang pankreas agar meningkatkan produksi insulin. Jadi, bawang putih dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan organ pankreas. Konsumsilah dua siung bawang putih setiap hari.

4. Tahu putih

Tahu putih memiliki kandungan protein rendah lemak. Jika tubuh memerlukan asupan protein, maka pilihlah makanan yang kaya protein rendah lemak, seperti tahu putih. Selain itu, tahu putih juga bermanfaat menjaga kesehatan organ pankreas.

Makanan Sehat Untuk Penderita Pankreatitis

Salah satu faktor risiko munculnya kanker pankreas adalah penyakit pankreatitis, yaitu kondisi dimana pankreas membengkak atau mengalami inflamasi sehingga tidak berfungsi secara normal.

Untuk membantu mengembalikan kesehatan pankreas, penderita pankreatitis dianjurkan memperbanyak konsumsi daging tanpa lemak, kacang-kacangan, kacang lentil, sup bening, susu almond, atau susu rami. Kenapa? Sebab pankreas tidak perlu bekerja keras untuk mengolah makanan-makanan tersebut.

Konsumsi pula bayam, bluberi, ceri dan gandum, karena bermanfaat untuk melindungi pencernaan dan melawan zat radikal bebas yang merusak organ tubuh, termasuk pankreas. Sedangkan makanan yang harus dibatasi konsumsinya oleh penderita pankreatitis adalah:

  • Daging merah.
  • Daging jeroan.
  • Makanan digoreng.
  • Kentang goreng dan keripik kentang.
  • Mayones.
  • Mentega dan margarin.
  • Susu berlemak.
  • Kue-kue dan camilan dengan gula tambahan.
  • Minuman dengan gula tambahan.
  • Lemak trans.

Hindari pula mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok. Usahakan agar tubuh tidak kekurangan cairan tubuh.

Makanan Sehat Bagi Penderita Kanker Pankreas

Penderita kanker pankreas dianjurkan untuk mengonsumsi air mineral dengan jumlah yang cukup. Untuk makanan, disarankan mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi protein dan antioksidan. Beberapa makanan yang dianjurkan adalah:

1. Buah dan sayuran.

Penderita kanker direkomendasikan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Pilihlah sayuran yang sudah dimasak daripada mentah, sebab lebih mudah dicerna oleh tubuh. Konsumsilah buah beri, buah citrus, sayuran hijau, dan sayuran cruciferous yang punya kandungan tinggi antioksidan, serat,

2. Protein rendah lemak

Makanan kaya protein akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu memperbaiki sel-sel serta jaringan tubuh. Jenis makanan kaya protein yang mudah dicerna adalah telur, selai kacang, tahu putih, ikan, dan daging unggas.

3. Makanan pati tinggi serat

Makanan karbohidrat kompleks kaya akan serat dapat menyuplai energi, serta tidak meningkatkan kadar gula darah. Beberapa pilihannya adalah kentang, kacang-kacangan, kacang lentil, oatmeal, quinoa, dan nasi merah.

4. Teh hijau

Sebab teh jenis ini mengandung polyphenol, yang merupakan zat anti-kanker.

5. Lemak sehat

Lemak berfungsi menyuplai energi dan menjaga suhu tubuh.

Tags: , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.