MENU
Puasa Sehat Dapat Cegah kanker

Puasa Sehat Dapat Cegah Kanker: Mitos atau Fakta?

Perkembangan Penelitian Kanker Terbaru

Perkembangan Penelitian Kanker Terbaru. Simak disini!

Jamur Maitake Untuk Imunitas Ekstra

June 18, 2018 Comments (0) Views: 34 Jamur Maitake, Lawan Kanker, Pengobatan Kanker, Terapi Kanker

Terapi Alami Tingkatkan Kekebalan Tubuh Dengan Maitake

Sistem kekebalan tubuh menjadi perhatian karena mampu melawan kanker secara alami. Para ahli melakukan banyak penelitian terapi alami untuk atasi kanker, dan telah lama tahu bahwa kekebalan tubuh ternyata mampu melawan kanker. Mereka juga sudah melakukan banyak penelitian yang dapat pengaruhi cara mengobati kanker.

Sekilas Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imunitas kita sesungguhnya terdiri dari sekelompok organ, sel-sel spesifik, dan substansi yang bersinergi melindungi tubuh dari berbagai infeksi, benda asing, dan penyakit-penyakit. Sel-sel imunitas, dan substansi yang dihasilkannya, beredar di seluruh tubuh untuk melindungi terhadap infeksi dan juga sel-sel kanker.

Sistem imunitas selalu mendeteksi setiap substansi baru yang tidak dikenal, dan akan memberi sinyal kemudian segera menyerangnya. Sistem imunitas dapat memusnahkan semua yang mengandung substansi asing seperti kuman dan sel kanker.

Terdapat keterbatasan pada kemampuan sistem imunitas untuk perangi kanker, oleh karena itu banyak orang dengan sistem imunitas sehat namun tetap menderita kanker. Selain itu, sistem imunitas manusia bereaksi lebih lambat terhadap sel kanker. Ketika sel telah terganggu dan tumbuh tak terkendali baru dideteksi oleh sistem imunitas sebagai sesuatu yang asing.

Terkadang, sistem imunitas tidak cukup kuat untuk memusnahkan kanker. Para peneliti telah menemukan beberapa cara menolong sistem imunitas agar mengenali sel-sel kanker sedini mungkin serta tingkatkan kemampuan responsnya agar dapat membasmi sel kanker.

Sebuah metode bernama imunoterapi bekerja dengan memanfaatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker melalui beberapa cara berbeda. Beberapa diantaranya adalah:

  • Meningkatkan sistem imunitas, agar bekerja lebih kuat atau lebih cerdas untuk serang sel kanker.
  • Melatih sistem imunitas agar menyerang sel kanker secara spesifik.
  • Menambahkan komponen lain terhadap sistem imunitas kita, misalnya protein imunitas lain yang dibuat di laboratorium

Terapi Alami Dengan Maitake

Jamur Maitake atau Grifola frondosa, dengan senyawa bioaktif beta-glukan terutama fraksi MD, telah dikenal di kalangan peneliti dan praktisi kedokteran sebagai senyawa yang memiliki aktifitas anti kanker kuat secara bioaktif. Sebab Maitake memiliki efek terhadap aktifitas sel imunitas.

Maitake juga mampu tingkatkan kemampuan sel imunokompeten, seperti penelitian yang dilakukan oleh Profesor Nanba bersama koleganya (Kodama dan Komuta). Menurut mereka, terjadi perbaikan signifikan pada penderita kanker liver (58,3 persen), kanker payudara (68,6 persen) dan kanker paru (62,5 persen). Mereka meneliti penderita berbagai jenis kanker dengan rentang usia 22 – 57 tahun.

Perbaikan yang diamati berupa penurunan stadium dan keluhan subjektif. Bila kemudian Maitake diberikan bersama kemoterapi, aktifitas sel imunokompeten memanjang 1,2 – 1,4 kali Selain itu dilaporkan bahwa efek samping akibat kemoterapi yang dirasakan pasien kanker juga menjadi berkurang.

Penelitian lain juga dilakukan di Memorial Sloan–Kettering Cancer Center, dimana penderita kanker payudara yang diberikan Maitake juga menunjukkan perbaikan kondisi. Mereka membenarkan klaim, terapi alami Maitake dapat merangsang sel-sel sistem imunitas. Mereka juga membuktikan bahwa Maitake memiliki kemampuan menghambat penyebaran kanker.

Tidak jarang Mataike dijadikan modalitas terapi bagi penderita kanker yang masih takut untuk melakukan operasi, radiasi, ataupun kemoterapi. Sedangkan bagi pasien yang melakukan terapi standar kanker, Maitake dapat digunakan sebagai komplemen. Sebab mampu tingkatkan sistem imunitas untuk bunuh sel kanker dan mengurangi efek samping kemoterapi dan radiasi.

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *