MENU

Tips yang Perlu Diperhatikan Saat Menyemangati Penderita Kanker

Penyebab Kanker Hati Dan Gejalanya

Penyebab Kanker Hati Dan Gejalanya

manfaat biji pepaya

October 11, 2016 Comments (0) Views: 9404 Artikel Kesehatan

Manfaat Biji Pepaya, Dari Memperlancar Pencernaan Hingga Menghambat Kanker

Manfaat buah pepaya tentunya sudah lazim diketahui banyak orang. Namun saat ditanya tentang manfaat biji pepaya, mungkin belum banyak yang tahu. Nah, apakah Anda juga belum mengetahuinya?

Simak Manfaat Biji Pepaya Ini

Biji pepaya yang sering kita sia-siakan itu ternyata memiliki manfaat kesehatan yang tidak kalah hebat dibanding buahnya. Setelah mengetahui manfaat-manfaat ini, sebaiknya Anda perlu berpikir dua kali untuk membuangnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat biji pepaya yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Sumber antioksidan.

Mengandung lektin yang merupakan senyawa imunomodulator yang dapat memperlambat pertumbuhan tumor. Biji pepaya juga mengandung antioksidan jenis lain seperti flavonoid dan fenolik yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Membasmi parasit berbahaya.

Mengandung senyawa alkaloid yang disebut “Carpaine”yang dapat membunuh parasit Heligmosomoides bakeri penyebab inflamasi beserta cacing pada usus (inflammatory bowel diseases – IBD). Kandungan enzim proteolitik (papain) biji pepaya yang tinggi juga memiliki manfaat yang sama. Beberapa studi menyatakan bahwa anak-anak yang rutin mengonsumsi biji pepaya selama tujuh hari, bisa mengurangi jumlah parasit hingga 75 persen.

3. Mencegah sel kanker.

Kandungan isothiocyanate-nya efektif menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar, payudara, paru-paru, leukemia, dan prostat.

4. Dapat hilangkan uban pada rambut.

Hasil tumbukan halus biji pepaya yang telah kering dipercaya beberapa pihak dapat bantu menghilangkan uban di rambut.

5. Anti-bakteri dan anti-virus.

Konsumsi biji-biji pepaya ternyata juga mampu membubuh beberapa bakteri berbahaya seperti E.coli, salmonella dan staphylococcus. Biji buah ini juga bisa digunakan untuk menangkal berbagai infeksi ringan akibat virus.

6. Menjaga fungsi organ hati.

Biji pepaya dapat menjadi obat alami dalam mengatasi sirosis hati, sebab mengandung beberapa nutrisi vital. Biji buah ini juga dapat menjadi zat detoksifikasi atau penghilang racun bagi organ hati.  Untuk mendapatkan manfaatnya, tumbuk 6 biji pepaya untuk ditambahkan dalam makanan atau jus kemudian dikonsumsi. Konsumsi dua kali sehari selama 1 bulan untuk bantu menyehatkan kondisi organ hati.

7. Membantu kerja pencernaan.

Tidak hanya buahnya, biji pepaya pun mengandung enzim papain yang dikenal memperlancar proses pencernaan.

8. Sebagai anti-inflamasi.

Biji kecil kehitaman buah pepaya ini mengandung zat anti-inflamasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rasa nyeri, pembengkakan, kemerahan pada kulit, serta radang sendi.

9. Menjaga kesehatan ginjal.

Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa biji pepaya baik untuk kesehatan ginjal, bahkan bisa mencegah gagal ginjal.

Bagaimana, ingin mencoba manfaatnya? Jika ya, Anda bisa mengikuti Cara Mengolah Biji Pepaya yang Asyik. Selamat mencoba!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *