MENU
Cara Mencegah Kanker Efektif

5 Cara Mencegah Kanker Efektif

Mitos Kemoterapi

Mitos Seputar Kemoterapi Yang Terpatahkan

Lawan Kanker Dengan Olahraga

April 8, 2016 Comments Off on Lawan Kanker Dengan Olahraga Views: 1009 Artikel Kesehatan

Lawan Kanker Dengan Olahraga

Selama ini manfaat olahraga lebih sering dikaitkan dengan perlindungan kesehatan dan pencegahan penyakit. Tapi tahukah Anda, ternyata olah gerak fisik juga bermanfaat untuk membantu melawan penyakit yang sudah ‘terlanjur’ diderita, salah satunya penyakit kanker.

Olahraga dapat menjadi faktor pendorong yang mampu meningkatkan kualitas hidup penderita kanker, sehingga membantu proses pemulihannya.

Penelitian Tentang Olahraga Dan Kanker

Beberapa penelitian terkait efek positif olahrag terhadap kondisi pasien kanker misalnya:

1. Membantu keseimbangan energi penderita kanker payudara

Dalam buku Cancer Prevention and Management Through Exercise and Weight Control ditemukan, aktivitas gerak fisik bagi penderita kanker payudara sangat mungkin meningkatkan kualitas hidup, mengurangi kelelahan, dan membantu keseimbangan energi.

2. Membantu melawan kanker lebih lanjut

Sebuah studi dari Journal of the American Medical Association juga menemukan bahwa wanita yang baru terdiagnosis kanker payudara kemudian dia berolahraga sedang secara rutin (setara dengan berjalan kaki 3 sampai 5 jam per minggu), terbukti mengalami peningkatan kualitas hidup dibandingkan dengan penderita kanker yang hanya tidak melakukan olahraga. Ini akan membantu mereka melawan penyakit kanker lebih lanjut.

3. Meningkatkan kesehatan psikologis

Penelitian pada Journal of Clinical Oncology tahun 2005 mengemukakan bahwa program olahraga di dalam rumah memiliki efek yang baik pada kebugaran dan kesehatan psikologis perempuan pasca pengobatan kanker payudara stadium 2. Meningkatnya aktivitas fisik dapat memengaruhi tingkat hormon insulin dan leptin serta memengaruhi prognosis kanker payudara.

4. Mengurangi kemungkinan kanker untuk kambuh

Studi tambahan lainnya disimpulkan pada Journal of Clinical Oncology tahun 2006. Pada dua studi berbeda, peneliti mencoba menguji hubungan antara tingkat aktivitas fisik sebelum dan sesudah terdiagnosis kanker usus besar, dengan harapan hidup.

Hasilnya, olahraga dengan tingkat tertentu pada masa sebelum terdiagnosis kanker ternyata tidak memiliki pengaruh terhadap harapan hidup. Namun olahraga dengan tingkat lebih tinggi pada masa setelah terdiagnosis kanker dapat mengurangi kemungkinan kambuh. Sekaligus meningkatkan harapan hidup para pasien.

Meskipun beberapa penelitian tersebut cukup menjanjikan, para peneliti masih butuh penelitian lebih lanjut untuk mengetahui bahwa olahraga benar-benar berperan penting dalam melawan kanker. Namun setidaknya, olahraga bisa menjadi ‘suplemen tambahan’ yang membantu pasien kanker melawan penyakitnya. Ini tentu lebih baik dan lebih efektif melawan kanker ketimbang berdiam diri di rumah.

Tags: , , , , , , , , ,

Comments are closed.