MENU

Buah dan Sayur Pencegah Kanker

Ganja Dapat Membantu Mengobati Kanker, Benarkah?

March 17, 2016 Comments Off on Cari Herbal Pencegah Kanker yang alami? Coba dengan Bawang Putih! Views: 1778 Artikel Kesehatan

Cari Herbal Pencegah Kanker yang alami? Coba dengan Bawang Putih!

Siapa tak kenal bawang putih? Jenis rempah ini sangat familiar dengan kuliner khas Indonesia. Selain digunakan untuk kuliner, bawang putih juga digunakan sebagai obat herbal oleh masyarakat kita secara turun-temurun. Bawang putih telah lama populer dan dikenal sebagai obat herbal penurun diabetes, kolesterol, hingga asma.

Di balik khasiat bawang putih yang telah populer tadi, tahukah Anda ternyata bawang putih juga punya khasiat lain yang mungkin belum banyak diketahui. Bumbu dapur ini dapat mencegah tubuh terkena penyakit kanker. Dilansir dari Daily Health Post, bawang putih memiliki zat bernama diallyl sulfide (DAS), diallyl disulfide (DADS) dan diallyl trisulfide (DATS) yang berfungsi melindungi sel terhadap zat karsinogen (zat penyebab kanker) dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Zat karsinogen umumnya sering diserap tubuh lewat polusi, makanan, atau rokok.

Bukan hanya itu, kandungan antioksidan pada bawang putih tergolong tinggi. Ini sangat baik untuk membunuh dan menghambat pertumbuhan sel kanker, di samping khasiatnya sebagai penguat sistem kekebalan tubuh. Dalam penelitian American Institute for Cancer Research, bawang putih yang diuji pada hewan percobaan telah memperlambat sel-sel kanker di paru-paru, payudara, perut, kerongkongan dan usus. Artinya di antara jenis kanker yang ada, bawang putih terbukti lebih efektif mencegah jenis-jenis kanker tersebut.

Mengenai seberapa banyak konsumsi bawang putih paling ampuh untuk mencegah kanker sebenarnya tidak ditetapkan dengan jelas. Namun Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan sebaiknya konsumsilah 1 hingga 2 siung bawang putih segar setiap hari. Atau jika ingin memilih bentuk olahan lain, maka Anda bisa memilih antara 0,4 hingga 1,2 gram bubuk bawang putih kering, 2 hingga 5 miligram minyak bawang putih, atau 300 – 1.000 mg ekstrak bawang putih setiap hari. Direkomendasikan juga menjadikan bawang putih sebagai bagian dari menu makanan sehari-hari dengan menyertakan hidangan sayur dan buah pencegah kanker lainnya. Cara ini dinilai lebih efektif dalam mencegah penyakit kanker ketimbang sebatas bawang putihnya saja.

Tags: , ,

Comments are closed.