MENU

Bagaimana Cara Menghindari Kanker Vagina?

Tepis Kanker Serviks Dengan Nikmatnya Asparagus

April 11, 2018 Comments (0) Views: 46 Artikel Kesehatan, knowledge, lifestyle, makanan

Tetap Terhindar Dari Kanker Selama Liburan

Ditinjau oleh:
dr. Rony Wijaya
Medical Marketing – PT. Indocare Citrapasific

Ketika ‘hawa’ liburan sudah tercium di sekitar ruangan kantor, biasanya kia cenderung mulai mencari dan membaca artikel-artikel seputar liburan dan tempat wisata di internet. Ketika pulang ke rumah, segala persiapan liburan pun segera kita lakukan seperti memilih pakaian yang akan dibawa.

Namun jangan terlena, karena risiko kanker selalu ada di luar sana. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meminimalkan risiko kanker selama berlibur, salah satunya adalah dengan mengontrol konsumsi makanan dan minuman yang berpotensi meningkatkan risiko kanker selama liburan.

Berlibur sambil mencicipi kuliner khas suatu daerah, boleh-boleh saja. Namun ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda kontrol jumlah konsumsinya, seperti:

  1. Alkohol. Ditemukan bukti meyakinkan bahwa konsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko beberapa kanker seperti kanker mulut, kanker kerongkongan, kanker esofagus, kanker usus besar, kanker payudara, serta kanker hati.
  2. Daging merah dan olahan. Konsumsi daging merah serta daging olahan dapat menyebabkan risiko kanker usus besar meningkat. Jadi batasi konsumsi Empal Gentong, Rawon atau Coto Makasar favorit Anda.
  3. Kalsium. Jika sedang menjalani diet tinggi kalsium, maka kemungkinan risiko Anda terkena kanker prostat juga meningkat. Namun, diet tinggi kalsium dapat menurunkan risiko kanker usus besar.

Jika Anda memutuskan untuk meluangkan banyak waktu di luar ruangan, seperti ke pantai atau pegunungan, sebaiknya lindungi tubuh Anda dari paparan sinar matahari. Jika terkena sinar matahari dalam waktu lama, maka dapat memicu berkembangnya karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa pada kulit Anda.

Langkah terakhir, yang mungkin akan dilakukan pertama kali untuk hindari risiko kanker adalah, menghindari lokasi liburan yang punya kandungan radioaktif alami cukup besar. Memang ada? Ada! Inilah 2 contoh tempat yang mengandung radioaktif alami tinggi:

  • Guarapari, Brasil.
    Pantai-pantai di Guarapari dengan pasir putihnya memang mengundang siapa saja untuk datang berlibur ke sana. Namun ternyata pantai tersebut punya kandungan radioaktif tinggi yang bersumber dari pasirnya. Berapa kandungan radioaktifnya? 175 mSv (millisievert)! Sedangkan batas aman radiasi bagi pekerja nuklir hanya 20 mSv… per tahun.
  • Ramsar, Iran.
    Kota yang berada di pesisir selatan Laut Kaspia ini punya kandungan radioaktif dua kali lipat dari Guaparani… yaitu 250 mSv. Kandungan radioaktif alami tertinggi berada di distrik Talesh Mahalleh, hingga 80 kali dari rata-rata kandungan radioaktif dunia. Lebih baik Anda pilih destinasi wisata lainnya.

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *