Artikel Kesehatan

Memprediksi Keganasan Kanker Prostat Dengan Tes Urine

Ada serangkaian metode tes yang biasa dilakukan untuk melihat tingkat keparahan kanker prostat. Namun saat ini, ada metode khusus tes urine kanker prostat. Tes urine ini mampu memprediksi perkembangan kanker ini dan menentukan metode pengobatan terbaik untuk pasien. Seperti apa tes urine khusus ini?

Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan informasi seputar tes urine khusu untuk mendiagnosis tingkat keparahan kanker prostat. Artikel ini dipersembahkan oleh VitaCare Maitake Pro.

Sebaiknya Anda mengkonsumsi secara rutin VitaCare Maitake Pro, sebab suplemen kesehatan ini mengandung MD Fraction dan Beta Glucan, yang dapat membantu menurunkan resiko berkembangnya kanker.

Kanker prostat sendiri adalah salah satu kanker paling banyak diderita oleh pria. Beberapa jenis kanker prostat biasanya berkembang dengan lambat,  namun ada pula yang menyebar sangat cepat dan agresif.

Cara Kerja Tes Urine Kanker Prostat

Para peneliti dari University of East Anglia dan rumah sakit Norfolk and Norwich University, telah mengembangkan tes urine untuk mendiagnosis jenis kanker prostat yang agresif. Selain itu, tes urine khusus ini juga mampu memprediksi kebutuhan pengobatan untuk pasien kanker lebih cepat 5 tahun daripada metode pemeriksaan medis standar.

Tes urine ini diberi nama PUR (Prostate Urine Risk). Tes urine ini dapat mengidentifikasi pasien yang delapan kali lebih kecil kemungkinannya untuk memerlukan perawatan dalam lima tahun ke depan. Lalu bagaimana mereka mengembangkan PUR ini?

Para peneliti mengembangan metode prostate urine risk ini dengan menggunakan mesin untuk mempelajari ekspresi-ekspresi gen dalam sampel urine yang dikumpulkan dari 537 pria. Setelah mempelajari ekspresi dari 167 gen dalam sampel urine, tim peneliti menemukan kombinasi matematika dari 35 gen yang berbeda. Kombinasi matematika ini ternyata dapat digunakan untuk mengidentifikasi resiko PUR pada seseorang.

Menurut Dr. Jeremy Clark, dari Norwich Medical School, penelitian ini menunjukkan bahwa tes urine bisa digunakan untuk mendiagnosis kanker ini tanpa perlu biopsi. “Hal yang paling menarik adalah, tes urine ini dapat memprediksi perkembangan kanker prostat sampai lima tahun ke depan sebelum terdeteksi oleh metode klinis standar,” jelas Clark lebih lanjut.

Cara Diagnosis Umum Keparahan Kanker Prostat

Menurut situs Mayo Clinic, untuk menentukan tingkat keparahan pada pasien kanker prostat adalah dengan memeriksa sampel jaringan prostat dalam laboratorium. Sampel jaringan prostat biasanya didapat dengan proses biopsi.

Jika dokter menduga bahwa kanker sudah menyebar keluar organ prostat, maka pasien akan disarankan untuk menjalani beberapa tes pencitraan seperti:

  • MRI (Magnetic resonance imaging) scan
  • Ultrasound
  • PET (Positron emission tomography) scan
  • CT (Computerized tomography) scan
  • Scan tulang
Share

Recent Posts

  • Artikel Kesehatan

Cara Menurunkan Resiko Kanker Kandung Kemih

Resiko kanker kandung kemih bukan hanya penting bagi orang tua. Orang yang berusia muda sebaiknya…

3 years ago
  • Artikel Kesehatan

Naiknya Resiko Penyakit Jantung Pada Survivor Kanker Testis

Sembuh dari kanker testis merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa. Namun siapa sangka bahwa survivor…

3 years ago
  • Artikel Kesehatan

Cara Membedakan Tahi Lalat Normal dan Kanker Kulit

Tahi lalat adalah ‘aksesoris’ alami penampilan seseorang. Namun kadang banyak orang kesulitan membedakan antara yang…

3 years ago
  • Artikel Kesehatan

5 Tips Hindari Kanker Kulit Khusus Bikers dan Gowesers

Sering di bawah terik matahari membuat pengendara motor dan pesepeda memiliki resiko lebih besar terkena…

3 years ago
  • Artikel Kesehatan

Bahan Kosmetik Pemicu Kanker Kulit

Saat ini kosmetik sudah menjadi kebutuhan primer setiap wanita. Berbagai jenis dan merek kosmetika digunakan…

3 years ago
  • Artikel Kesehatan

Menu Diet Untuk Pasien Multiple Myeloma

Bagi penderita multiple myeloma, makan bisa termasuk aktifitas yang enggan dilakukan. Sebab salah satu gejalanya…

3 years ago