MENU
jamur maitake manfaat dan khasiat

Jamur Maitake: Sejarah, Manfaat, dan Khasiatnya

Habitat dan Budidaya Jamur Maitake

Habitat dan Budidaya Jamur Maitake

Jamur Maitake Untuk Kesehatan

March 21, 2016 Comments Off on Jamur Maitake Untuk Kesehatan Views: 4015 Jamur Maitake

Jamur Maitake Untuk Kesehatan

Meskipun lebih sering dimanfaatkan sebagai jamur pangan, manfaat jamur maitake untuk kesehatan telah membuatnya menjadi jamur yang istimewa di kalangan para peneliti. Mereka sejak tahun 1980 lalu telah meluangkan waktunya untuk mencari tahu keistimewaan jamur ini lewat berbagai studi klinis. Mayoritas dari mereka merupakan peneliti asal Jepang.

Salah satu peneliti yang paling berkontribusi mengungkap khasiat jamur maitake untuk kesehatan adalah Hiroaki Nanba, seorang professor dari Kobe Pharmaceutical University, Jepang. Temuan-temuan Profesor Nanba telah mengungkap rahasia berharga tentang bagaimana jamur ‘ajaib’ ini bermanfaat untuk kesehatan secara umum dan secara khusus.

1. Jamur Maitake Untuk Kesehatan Secara Umum
Pada dasarnya manfaat jamur maitake untuk kesehatan secara umum adalah sama dengan jamur-jamur lain yang populer, jamur maitake dapat melindungi tubuh dari infeksi, meningkatkan kekebalan tubuh, dan memperlancar peredaran darah.  Ini dikarenakan maitake mengandung banyak protein, vitamin, mineral, asam amino, antioksidan hingga antibiotik alami.

2. Jamur Maitake Untuk Penyakit Khusus
Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan, jamur maitake juga memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa penyakit khusus seperti kolesterol, hepatitis B, diabetes, hipertensi, juga berperan sebagai adaptogen. Bahkan dalam beberapa studi dan pembuktian langsung, jamur maitake dapat menjadi alternatif pengganti kemoterapi dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

Maitake Untuk Kesehatan: Penyakit Kanker

Obat kanker memang belum ditemukan hingga sekarang. Akan tetapi, penyakit kanker bisa dicegah sejak dini dengan upaya dan biaya yang tidak serumit dan semahal pengobatannya. Lantas bagaimana cara mencegah kanker sejak dini? Salah satu cara mencegah kanker adalah dengan mengonsumsi makanan herbal yang sudah teruji secara klinis dapat membunuh atau menghambat sel-sel kanker.

Saat ini ada banyak tumbuhan herbal yang diklaim dapat membunuh sel kanker. Bahkan ada sebagian orang yang mengklaim tanaman herbal tertentu sebagai obat kanker yang mujarab. Padahal para peneliti hingga saat ini belum mampu menemukan obat kanker, yang ada hanyalah terapi, suplemen, atau makanan antikanker yang dapat menghambatnya.

Jamur maitake adalah salah satu dari sekian tanaman herbal yang terbukti secara klinis dapat menghambat sel kanker terutama kanker payudara. Penelitian dalam jurnal Cancer Research Clinic Oncology tahun 2009 menyebutkan bahwa pada kandungan jamur maitake terdapat molekul bernama D-Fraction.

Molekul ini mampu merangsang sistem kekebalan tubuh dan mengaktifkan sel-sel tertentu yang menyerang kanker payudara seperti makrofag, sel-T, dan sel-sel pembunuh alami lainnya. Selain itu, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa jamur maitake dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara 1,5 kali lebih baik dibandingkan dengan jamur shiitake, lalu 12 kali lebih baik dari jamur karawatake, dan 16,5 kali lebih baik dari jamur ling zhi.

Bahkan dibandingkan dengan jamur Ling Zhi yang menggunakan dosis 50 kali lebih besar, atau dengan dosis jamur Karatawake 300 kali lebih besar, jamur maitake masih lebih efektif menghambat sel kanker payudara. Sebagai gambarannya, silakan lihat tabel perbandingan berikut:

Tabel Khasiat Jamur Maitake

Maitake Untuk Kesehatan: Kolesterol Jahat

Di dalam tubuh terdapat kolesterol jahat atau biasa disebut LDL (Low Density Lipoprotein) yang mengangkut kolesterol dari hati ke sel-sel yang membutuhkannya. Jika jumlah kolesterol tersebut melebihi kebutuhannya, maka kolesterol itu akan mengendap pada dinding-dinding arteri dan menyebabkan penyakit. Salah satu jamur yang dikenal sebagai makanan penurun kolesterol adalah jamur maitake.

Penelitian dari Fukushima dan beberapa ilmuwan Jepang lain menghasilkan temuan tentang hal ini. Dalam jurnal mereka berjudul “Cholesterol-Lowering Effects of maitake Fiber, Shiitake Fiber, and Enokitake Fiber in Rats” membuktikan bahwa ternyata serat maitake yang dikonsumsi tubuh akan bekerja membuang kolesterol jahat VLDL (Very Low Density Lipoprotein), IDL (Intermediate Density Lipoprotein), dan LDL (Low Density Lipoprotein) melalui feses.

Maitake Untuk Kesehatan: Hepatitis B

Hepatitis B adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang organ hati. Virus ini sangat aktif dan jauh lebih mudah menular ketimbang HIV. Namun saat masuk ke tubuh, virus ini membutuhkan waktu 1 hingga 5 bulan untuk berkembang biak dan menginfeksi organ hati. Untuk menghambat pertumbuhan virus Hepatitis B, tubuh butuh zat bernama interferon alfa (IFN-α).

Interferon alfa adalah protein yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh sebagai reaksi terhadap infeksi virus. Zat ini bekerja dengan mengganggu replikasi (penggandaan) virus Hepatitis B. Lalu, apa manfaat jamur maitake untuk penyakit Hepatitis B?

Penelitian tiga orang ilmuwan asal China dalam jurnal Antiviral Research menyimpulkan, kandungan D-fraction pada jamur maitake dapat meningkatkan aktivitas antivirus interferon alfa (IFN-α) dalam memerangi virus hepatitis B sebanyak 9 kali lipat. Artinya, perkembangbiakan virus hepatitis B akan lebih ‘terkekang’ hingga 9 kali lipat oleh interferon alfa jika dibantu oleh suplementasi jamur maitake.

Maitake Untuk Kesehatan: Diabetes

Selain manfaat untuk kolesterol dan Hepatitis B, jamur maitake juga ikut berperan dalam menurunkan kadar gula darah dengan cara memengaruhi kerja dari reseptor insulin. Maitake akan meningkatkan pengikatan insulin pada reseptornya sehingga metabolisme glukosa dapat meningkat. Metabolisme glukosa terjadi ketika gula dalam darah diambil dan diubah menjadi glikogen (cadangan energi dalam tubuh).

Semakin banyak gula darah yang di metabolisme menjadi glikogen, semakin berkurang pula kadar gula dalam darah. Pada akhirnya, kadar gula darah pun dapat terkontrol.

Maitake Untuk Kesehatan: Hipertensi

Manfaat jamur maitake lainnya adalah memperlancar peredaran darah sehingga membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Jamur maitake bertindak sebagai penghambat kerja ACE (Angiostensin Converting Enzyme) atau Enzim konversi angiotensin. Apa itu ACE? Secara ringkas, ACE adalah enzim pembentuk angiostensin yang berperan dalam proses pelebaran atau penyempitan pembuluh darah.

Pengikatan angiostensin oleh reseptor akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi naik. Disinilah manfaat jamur maitake diperlukan. Sebagaimana hasil penelitian jurnal Food Science Technical Research yang dipublikasikan tahun 2000 lalu, jamur legendaris ini berperan sebagai penghambat pembentukan angiostensin.

Dengan begitu, pembuluh darah akan terhindar dari penyempitan sehingga tekanan darah tidak meningkat.

Maitake Untuk Kesehatan: Sebagai Adaptogen

Adaptogen adalah suatu bahan yang menunjang tubuh untuk beradaptasi terhadap berbagai tekanan fisik atau mental. Adaptogen juga bertugas menormalkan fungsi tubuh sehingga memiliki keseimbangan. Biasanya, pasien yang kerap memiliki gangguan sistem imun dan keseimbangan adalah pasien HIV/AIDS dan chronic fatique syndrome (CFS).

Pasien akan mengalami gangguan dalam memproduksi sel pembunuh alamiah (natural killer cells) dan jumlah limfosit T yang tidak normal. Nah, jamur maitake memiliki khasiat dalam mengembalikan fungsi imun tersebut. Jamur maitake memiliki efek laxative (pencahar) dari kandungan serat (selulosa, hemiselulosa) sehingga merangsang kerja otot-otot yang mengatur pergerakan usus.

Tags: , , , , , , , , , ,

Comments are closed.