MENU

Jamur Maitake, Sejarah, Manfaat, dan Khasiatnya

Habitat dan Budidaya Maitake

March 21, 2016 Comments Off on Jamur Maitake untuk Kesehatan Views: 3124 Jamur Maitake

Jamur Maitake untuk Kesehatan

Meskipun lebih sering dimanfaatkan sebagai jamur pangan, manfaat jamur maitake untuk kesehatan telah membuatnya menjadi jamur yang istimewa di kalangan para peneliti. Mereka sejak tahun 1980 lalu telah meluangkan waktunya untuk mencari tahu keistimewaan jamur ini lewat berbagai studi klinis. Mayoritas dari mereka merupakan peneliti asal Jepang.

Salah satu peneliti yang paling berkontribusi mengungkap khasiat jamur maitake untuk kesehatan adalah Hiroaki Nanba, seorang professor dari Kobe Pharmaceutical University, Jepang. Temuan-temuan Profesor Nanba telah mengungkap rahasia berharga tentang bagaimana jamur ‘ajaib’ ini bermanfaat untuk kesehatan secara umum dan secara khusus.

  1. Jamur Maitake Untuk Kesehatan Secara Umum
    Pada dasarnya manfaat jamur maitake untuk kesehatan secara umum adalah sama dengan jamur-jamur lain yang populer, jamur maitake dapat melindungi tubuh dari infeksi, meningkatkan kekebalan tubuh, dan memperlancar peredaran darah.  Ini dikarenakan maitake mengandung banyak protein, vitamin, mineral, asam amino, antioksidan hingga antibiotik alami.
  2. Jamur Maitake Untuk Penyakit Khusus
    Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan, jamur maitake juga memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa penyakit khusus seperti kolesterol, hepatitis B, diabetes, hipertensi, juga berperan sebagai adaptogen. Bahkan dalam beberapa studi dan pembuktian langsung, jamur maitake dapat menjadi alternatif pengganti kemoterapi dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Inilah beberapa penjelasan mengapa jamur maitake bermanfaat untuk beberapa penyakit tersebut.

Manfaat Jamur Maitake untuk Penyakit Kanker

Obat kanker memang belum ditemukan hingga sekarang. Akan tetapi, penyakit kanker bisa dicegah sejak dini dengan upaya dan biaya yang tidak serumit dan semahal pengobatannya. Lantas bagaimana cara mencegah kanker sejak dini? Salah satu cara mencegah kanker adalah dengan mengonsumsi makanan herbal yang sudah teruji secara klinis dapat membunuh atau menghambat sel-sel kanker. Saat ini ada banyak tumbuhan herbal yang diklaim dapat membunuh sel kanker. Bahkan ada sebagian orang yang mengklaim tanaman herbal tertentu sebagai obat kanker yang mujarab. Padahal para peneliti hingga saat ini belum mampu menemukan obat kanker, yang ada hanyalah terapi, suplemen, atau makanan antikanker yang dapat menghambatnya. Jamur maitake adalah salah satu dari sekian tanaman herbal yang terbukti secara klinis dapat menghambat sel kanker terutama kanker payudara. Penelitian dalam jurnal Cancer Research Clinic Oncology tahun 2009 menyebutkan bahwa pada kandungan jamur maitake terdapat molekul bernama D-fraction. Molekul ini mampu merangsang sistem kekebalan tubuh dan mengaktifkan sel-sel tertentu yang menyerang kanker payudara seperti makrofag, sel-T, dan sel-sel pembunuh alami lainnya. Selain itu, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa jamur maitake dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara 1,5 kali lebih baik dibandingkan dengan jamur Shiitake, lalu 12 kali lebih baik dari jamur Karawatake, dan 16,5 kali lebih baik dari jamur Ling Zhi. Bahkan dibandingkan dengan jamur Ling Zhi yang menggunakan dosis 50 kali lebih besar, atau dengan dosis jamur Karatawake 300 kali lebih besar, jamur maitake masih lebih efektif menghambat sel kanker payudara. Sebagai gambarannya, silakan lihat tabel perbandingan berikut:

Tabel Khasiat Jamur Maitake

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Next »

Tags: , , , , ,

Comments are closed.