MENU
4 Jenis Kanker Anak Ini Harus DIwaspadai

Awas: 4 Jenis Kanker Ini Biasa Menyerang Anak

Perlu Tahu: Kanker-kanker Tersulit untuk Ditangani

9 Fakta Unik Tentang Kanker

February 19, 2018 Comments (0) Views: 1365 Artikel Kesehatan, knowledge

Perlu Tahu: 9 Fakta Unik Tentang Kanker

Kanker telah menjadi penyebab kematian nomor dua secara global. Pada tahun 2015 saja kanker bertanggung jawab atas terjadinya 8,8 juta kematian. Berarti 1 dari 6 kematian disebabkan oleh kanker. WHO juga memprediksikan jika jumlah kasus kanker akan meningkat 70 persen dalam 20 tahun mendatang. Berikut beberapa fakta unik kanker yang mungkin bisa mengubah cara pandang serta gaya hidup kita:

Fakta Unik 1, Kanker = Kepiting?

Tahukah Anda jika kata “kanker” berasal dari kata Yunani yaitu ‘carcinos’ dan ‘carcinoma’. itu pertama kali digunakan oleh ahli kesehatan Yunani Kuno bernama Hippocrates. Apa sih artinya kedua kata Yunani itu? Artinya, kepiting!

Fakta Unik 2, Kanker, Piramida dan Mumi

Bangsa pertama yang menceritakan tentang penyakit kanker adalah Mesir Kuno. Di dalam lembaran papirus Edwin Smith yang berasal dari tahun 1600 SM, digambarkan proses ‘pembersihan’ tumor payudara dengan sebuah alat bernama fire drill. Namun di catatan tersebut, kanker disebut belum ada langkah pengobatannya.

Fakta Unik 3, Bahaya Indoor Tanning

Semua tahu kalau rokok dapat memicu kanker paru-paru. Semua orang juga tahu jika indoor tanning (usaha menggelapkan kulit dengan alat di dalam ruangan) bisa menimbulkan kanker kulit. Namun ternyata kasus kanker kulit akibat indoor tanning lebih banyak daripada kasus kanker paru-paru yang disebabkan rokok.

Fakta Unik 4, Setengahnya Bisa Dicegah

Para peneliti kesehatan percaya bahwa lebih dari setengah kasus kanker dan lebih dari separuh kematian akibat kanker dapat dicegah. Berarti ada 2,4 juta hingga 3,7 juta kematian yang dapat dihindari setiap tahunnya, yang sebagian besar terjadi di negara-negara miskin dan berkembang.

Fakta Unik 5, Ada Puluhan? Lebih!

Ada berapa jenis kanker sih sampai saat ini? Pada 10 tahun terakhir peneliti kesehatan menyadari bahwa ada lebih dari 200 jenis kanker yang berbeda. Fakta ini membuat para peneliti mengubah pendekatan dengan “terapi yang disesuaikan” untuk membasmi kanker.

Fakta Unik 6, Si Kebal Kanker!

Ternyata ditemukan sejenis hewan yang kebal terhadap kanker. Hewan tersebut kebal karena mengandung banyak zat hyaluronan dalam tubuhnya, yang berfungsi sebagai lubrikan dan menghentikan pertumbuhan kanker. Oh iya, nama hewannya adalah tikus mol telanjang. Salah satu mamalia Afrika yang hidup di bawah tanah.

Fakta Unik 7, You Can Survive Like Everyone Else

Terdiagnosis kanker bukan alasan untuk berputus asa. Justru Anda harus semangat berjuang melawan kanker. Jika sedang merasa putus asa, ingat saja fakta ini: ada lebih dari 28 juta orang yang berhasil sembuh dari kanker di seluruh dunia.

Fakta Unik 8, To The Left

Tahukah Anda payudara sebelah kiri 5 sampai 10 persen lebih rentan diserang kanker payudara daripada sebelah kanan. Payudara sebelah kiri juga 10 persen lebih rentan terhadap melanoma. Peneliti masih belum mengetahui penyebab kecenderungan ini.

Fakta Unik 9, Mayoritas Bukan Turunan

Hanya 5 hingga 10 persen dari semua jenis kanker yang muncul akibat faktor keturunan sepenuhnya. Kebanyakan jenis kanker berkembang akibat kombinasi faktor keturunan dan lingkungan.

Ditinjau oleh:
dr. Rony Wijaya
Medical Marketing – PT. Indocare Citrapasific

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *