MENU

Daftar Rumah Singgah Kanker di Indonesia

Cegah Kanker Lewat Pola Makan Anda

August 10, 2016 Comments (0) Views: 6533 Artikel Kesehatan

Cara Mengolah Biji Pepaya Menjadi Makanan atau Minuman Menyehatkan

Pernah terpikir untuk memanfaatkan biji pepaya? Kalau belum, sebaiknya Anda perlu tahu bahwa ada sekumpulan manfaat dari biji pepaya yang tidak kalah hebat dibandingkan dengan buahnya. Beberapa manfaat seperti meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, hingga memperlambat pertumbuhan kanker bisa Anda dapat dari bagian pepaya yang sering disia-siakan ini.

Namun kali ini kita tidak membahas lagi tentang manfaat biji pepaya, melainkan bagaimana mengolahnya menjadi makanan atau minuman yang menyehatkan. Sebab, biji pepaya pada dasarnya memiliki rasa yang agak pahit dan cukup pedas seperti lada. Dan untuk menikmati manfaatnya, Anda mau tidak mau harus memakannya langsung. Bagi Anda yang tak sanggup dengan rasa pahitnya, berikut ini Lawan Kanker akan berbagi tips tentang bagaimana mengolah biji pepaya sehingga menjadi makanan atau minuman yang asyik dan menyehatkan.

#Tips 1; Mencampur Biji Pepaya dengan madu
Manisnya madu mampu menyamarkan rasa pahit pada biji pepaya. Anda pun bisa mencampurkan biji pepaya dengan madu sebelum memakannya. Biji pepaya dapat dicampur madu secara langsung untuk dikunyah, atau ditumbuk terlebih dahulu. Yang pasti, jangan langsung menelan biji pepaya bulat-bulat ya!

#Tips 2; Mengolahnya menjadi Seperti Kopi
Jika Anda menginginkan minuman yang unik dan menyehatkan, maka tidak ada salahnya Anda mengolah biji pepaya menjadi minuman hangat layaknya kopi. Minuman ini bahkan direkomendasikan oleh seorang dokter untuk memperlancar pencernaan. Untuk mengolahnya, cuci biji pepaya terlebih dahulu, lalu jemur 2 hingga 3 hari. Setelah kering, hancurkan hingga menjadi serbuk, kemudian seduh layaknya kopi. Anda bisa mencampurkannya dengan madu atau gula agar lebih beraroma.

#Tips 3; Dijadikan Bumbu Steak atau Barbeque
Dilansir dari Wikihow, kandungan papain yang terdapat dalam biji pepaya berperan sebagai pelunak daging. Selain itu biji pepaya diketahui memiliki karakteristik rasa yang mirip lada. Anda pun bisa merasakan sensasi pedas black pepper pada steak atau barbeque dengan biji pepaya. Caranya, cukup tumbuk biji pepaya, campurkan dengan bumbu steak, dan bubuhkan pada daging yang ingin Anda panggang. Namun perlu diingat, biji pepaya yang Anda tambahkan pada steak atau barbeque juga harus ikut dimakan agar mendapat manfaatnya. Jadi jangan hanya digunakan sebagai penyedap rasa seperti lada saja.

#Tips 3; Dijadikan Bumbu Salad
Biji pepaya juga bisa dijadikan bumbu yang lezat pada salad. Untuk satu porsi salad, gunakan bahan-bahan berikut:
1 sendok makan biji pepaya
4 sendok makan (60 ml) buah pepaya
60 mg bawang bombai merah
4 sendok makan ketumbar
1 siung bawang putih
5 sendok teh jahe
2 sendok makan (30 ml) cuka sari apel
1 buah jeruk nipis
1 sendok teh madu
¼ gelas (60 ml) minyak zaitun
½ sendok teh garam
Sedikit bubuk cabai jika Anda suka.

Caranya, campur semua bahan-bahan kecuali minyak, lalu blender sampai halus. Tuangkan minyak zaitun dalam blender sedikit demi sedikit. Dan bumbu ini pun siap Anda tuangkan ke salad sehat Anda.

Bagaimana Sahabat, sudah mendapat inspirasi untuk mengolah biji pepaya menjadi makanan atau minuman menyenangkan? Sekarang tinggal Anda coba salah satu atau semua tips ini di rumah. Dengan begitu, Anda pun bisa mendapatkan manfaat dari biji pepaya dengan cara menyenangkan!

Sumber:
Wikihow

Superfood Profiles

Rodale’s Organic Life

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *