MENU
Kisah Kanker Rima Melati

Kisah Kanker Rima Melati: Dari Pecandu Hingga Pembenci Rokok

Daftar Rumah Singgah Kanker di Indonesia

Daftar Rumah Singgah Kanker di Indonesia

Vitamin C Dapat Membantu Penyembuhan Kanker Jenis Ini

July 28, 2016 Comments (0) Views: 707 Artikel Kesehatan

Vitamin C Dapat Membantu Penyembuhan Kanker Jenis Ini

Penelitian mengenai pengobatan kanker yang efektif hingga saat ini menjadi upaya yang terus dilakukan para ahli. Salah satu hasil penelitian itu adalah ditemukannya manfaat Vitamin C untuk membantu penyembuhan kanker.

Bagaimana cara Vitamin C bantu pengobatan kanker? Yaitu dengan meningkatkan efektivitas pengobatan salah satu jenis kanker Acute Myelogenous Leukemia (AML).

Penyembuhan Kanker AML Dengan Vitamin C

Acute Myelogenous Leukemia (AML) atau juga dikenal sebagai myeloblastic leukemia akut adalah salah satu jenis kanker darah dan sumsum tulang. AML terjadi ketika DNA sel berkembang dalam sumsum tulang yang rusak, sehingga menyebabkan produksi sel darah menjadi tidak merata.

Ketidakmerataan itu menyebabkan sumsum tulang memproduksi sel imatur dan abnormal, yang kemudian berkembang di tengah sel-sel sehat. Sel abnormal inilah yang menjadi cikal bakal kanker darah dan sumsum tulang.

Sebuah penelitian terbaru yang dikutip dari Science Daily menemukan bahwa Vitamin C mungkin akan menjadi suplemen pendamping dalam proses pengobatan kanker. Temuan ini dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS), Amerika Serikat.

Pada penelitian itu pasien AML diberikan obat kanker decitabine secara in vitro diiringi dengan suplementasi Vitamin C. Ternyata hasilnya, suplementasi Vitamin C mampu meningkatkan kemampuan obat kanker menghambat pertumbuhan kanker. Konsumsi obat kanker disertai Vitamin C ini juga dapat memicu sel kanker untuk ‘bunuh diri’.

Kombinasi Vitamin C Dengan Obat Kanker

Sebuah uji klinis percontohan mengenai penggunaan kombinasi vitamin C dengan obat azacitidine, obat yang segolongan dengan decitabine ini masih sedang dilakukan pada pasien AML berumur dewasa di salah satu rumah sakit di Denmark.

Menurut Peter Jones, Ph.D., D.Sc., peneliti senior di PNAS, mereka akan melakukan penelitian lebih besar lagi saat uji klinis percontohan ini berhasil.

Tujuan dilakukannya penelitian lebih besar adalah untuk memastikan apakah Vitamin C bisa menjadi suplemen yang diandalkan untuk membantu mengobati kanker. Sebab, potensi Vitamin C ini diyakini akan cukup membantu penyembuhan AML (kanker darah dan sumsum tulang), dan juga dapat menghemat biaya penyembuhan kanker.

Sumber:
Science Daily
Detik Health

  • Update terakhir: 26 Juni 2019
  • Update selanjutnya: 24 Juni 2020

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *