MENU
Perubahan Mood Setelah Kemoterapi

Perubahan Mood Setelah Kemoterapi dan Solusinya

Minuman Beralkohol Pintu Masuk 7 Tipe Kanker

Minuman Beralkohol Pintu Masuk 7 Tipe Kanker

Cegah Rambut Rontok Akibat Kemoterapi

January 12, 2017 Comments (0) Views: 940 Artikel Kesehatan, knowledge

Cegah Rambut Rontok Akibat Kemoterapi Dengan Topi Canggih

Rambut rontok merupakan efek samping kemoterapi yang paling umum terjadi pada pasien kanker. Hal ini dikarenakan obat kemoterapi bekerja dengan menyerang sel tubuh yang aktif membelah, termasuk sel folikel rambut.

Kondisi ini tentu membuat kepercayaan diri menurun. Terutama bagi para kaum wanita yang menjadikan rambut sebagai “mahkota”-nya.

Topi Canggih Anti Rambut Rontok

Tapi, kini permasalahan tersebut mulai dapat dipecahkan berkat kolaborasi pengembangan teknologi dunia medis yang berhasil menemukan sebuah terobosan yang dipercaya mampu mencegah kerontokan rambut akibat kemoterapi.

Dignitana, Inc., sebuah perusahaan asal Swedia, berhasil menemukan alat baru yang diberi nama DigniCap. DigniCap sendiri merupakan sebuah topi khusus yang bisa digunakan sebagai terapi pendamping (komplementer). DigniCap diklaim dapat mengurangi efek kerontokan rambut selama proses kemoterapi.

Seperti dilansir oleh BusinessInsider, DigniCap, mampu mengurangi efek kerontokan rambut hingga 70 persen. Menurut uji yang dilakukan kepada 122 wanita pengidap kanker payudara stadium awal, Dignicap dapat menyelamatkan hampir setengah rambut para wanita tersebut saat melakukan proses kemoterapi.

Dalam melakukan treatment tersebut, pasien dengan kanker cukup duduk di kursi sambil menerima kemoterapi melalui infus. Lalu topi dari silikon tersebut dipasang ke kepala pasien yang dihubungkan ke unit pendingin.

Fungsi unit pendingin tersebut adalah untuk mendinginkan kulit kepala hingga mencapai suhu 3 sampai 5 derajat Celsius. Untuk hasil yang maksimal, topi tersebut harus terus terpakai selama kemoterapi hingga 2 jam setelahnya.

Agar kerontokan rambut dapat dicegah secara optimal, pasien juga disarankan untuk mengurangi tekanan pada rambut dan kulit kepala. Pasien juga disarankan untuk membatasi keramas (dua kali seminggu), menghindari pengering rambut, pengeriting rambut, atau rol. Selain itu pasien juga dianjurkan untuk mengurangi menyisir rambut, atau mewarnai rambut.

Lawan Efek Samping Kemoterapi Dengan Suplemen Maitake

Agar efek samping dari kemoterapi semakin kecil, para pasien kemoterapi disarankan untuk juga mengonsumsi suplemen Jamur Maitake. Kenapa? Sebab Jamur Maitake mengandung senyawa bioaktif bernama Beta Glukan.

Senyawa Beta Glukan ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memiliki aktivitas anti-kanker tanpa merusak sel sehat, serta mencegah terjadinya kanker dan penyebarannya. Senyawa bioaktif ini juga dapat menurunkan efek samping kemoterapi.

  • Update terakhir: 26 Juni 2019
  • Update selanjutnya: 24 Juni 2020

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *