MENU
Picu Kanker, 5 Makanan Ini Harus Segera Anda Kurangi

Picu Kanker, 5 Makanan Ini Harus Segera Anda Kurangi

Air Putih Kurangi Berat Badan Dan Risiko Kanker

Kurangi Berat Badan Dan Risiko Kanker Dengan Air Putih

Teh Dapat Membantu Lindungi Tubuh dari Sel Kanker

February 9, 2018 Comments (0) Views: 1252 Diet, makanan

Teh Dapat Membantu Lindungi Tubuh dari Sel Kanker

Kebiasaan mengonsumsi teh ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya berhubungan dengan sel kanker. Apa betul?

Teh Anti Sel Kanker

Ternyata teh juga memiliki hubungan dengan sel kanker. Apa hubungannya? Teh dipercaya peneliti dapat bantu lindungi tubuh dari ancaman kanker, khususnya jenis teh putih.

Bagaimana teh bisa menahan serangan kanker? Sebab teh mengandung antioksidan dan polifenol, yang merupakan zat pencegah kanker. Polifenol dalam teh dikenal pula dengan nama epigallocatechin 3 gallate (EGCG), yang dapat menyebabkan sel-sel kanker mati namun tidak melukai sel-sel tubuh yang normal.

Selain itu beberapa hasil penelitian juga menyatakan bahwa teh bisa bantu tubuh untuk mencegah tumbuhnya beberapa kanker seperti kanker kulit, paru-paru, payudara, kandung kemih, hati, prostat, usus besar, dan kerongkongan.

Beberapa senyawa lain yang terkandung dalam teh mampu membuat pembuluh darah untuk tidak mengalirkan darah ke sel-sel kanker.

Imlek Dan Teh: Tradisi Anti Sel Kanker

Imlek sendiri adalah sebuah perayaan tahun baru Tiongkok. Namun kata ‘imlek’, yang berasal dari bahasa Hokien ini, hanya diketahui dan digunakan oleh orang Indonesia. Di negara lain, perayaan tahun baru Tiongkok dikenal dengan nama Chinese New Year, ‘Guo Nian’ atau ‘Xin Jia’.

Ada beberapa tradisi yang biasa dilakukan ketika menyambut imlek, antara lain makan bersama keluarga, menghindari penggunaan angka-angka yang dianggap kurang bagus peruntungannya, memilih warna merah untuk segala sesuatu, memberi uang (angpao), dan memberikan teh pada anggota keluarga.

Seperti apa tradisi memberikan teh saat imlek? Di hari pertama tahun baru Tiongkok, seluruh anggota keluarga akan mengenakan pakaian baru. Kemudian anggota keluarga berusia lebih tua akan duduk di kursi, lalu anggota keluarga yang lebih muda akan menawarkan teh manis dengan menunduk penuh hormat dan mengucapkan selamat tahun baru.

Tradisi memberikan teh bisa menyimbolkan harapan, agar anggota keluarga yang lebih tua selalu diberikan kesehatan. Kenapa? Karena teh bukan saja minuman nikmat, tapi juga salah satu minuman yang menyehatkan. Jadi berikanlah teh pada orangtua kita di imlek tahun ini. Agar mereka tetap sehat dan terhindar dari penyakit, khususnya kanker.

Manfaat Lain Teh

Selain anti sel kanker, teh punya manfaat lain terhadap kesehatan. Apa saja manfaat lain teh bagi tubuh manusia? Berikut berapa manfaat teh pada tubuh manusia berdasarkan jenis tehnya:

  • Teh Hijau: Membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah, membakar lemak, membantu menetralkan pengaruh stres oksidatif di otak, mengurangi risiko kelainan saraf, mengurangi risiko stroke dan meningkatkan kadar kolesterol baik.
  • Teh Hitam: Membantu melindungi paru-paru dari kerusakan akibat rokok, menurunkan risiko stroke.
  • Teh Oolong: Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.
  • Teh Puer: Membantu menurunkan berat badan dan mengurangi kadar kolesterol jahat.
  • Teh Chamomile: Membantu mencegah komplikasi diabetes.
  • Teh Echinacea: Seringkali dikonsumsi untuk meredakan flu.
  • Teh Hibiscus: Membantu menurunkan tekanan darah.

Semua jenis teh tersebut juga mengandung kafein dan theanine, yang dapat mempengaruhi otak serta meningkatkan kewaspadaan seseorang.

Ditinjau oleh:
dr. Rony Wijaya
Medical Marketing – PT. Indocare Citrapasific

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *