Categories: Tentang Kanker

Statistik Kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia. Statistik kanker Kementerian Kesehatan menunjukkan pada tahun 2012, jumlah kematian akibat kanker telah mencapai 8,2 juta kematian. Kanker paru, hati, perut, kolorektal, dan kanker payudara adalah penyebab kematian terbesar akibat kanker setiap tahunnya.

Statistik Kanker GLOBOCAN

Berdasarkan statistik GLOBOCAN, sebuah proyek dari International Agency for Research on Cancer (IARC) pada tahun 2012, jumlah kejadian kanker di dunia secara keseluruhan terjadi pada pria dengan proporsi 2 persen, dan wanita dengan proporsi 1,7 persen, dengan tingkat kematian akibat kanker sebesar ±1 persen.

Menurut data GLOBOCAN tahun 2012 diketahui bahwa kanker payudara merupakan penyakit kanker dengan persentase kasus baru tertinggi pada wanita, yaitu sebesar 43,3 persen dan persentase kematian akibat kanker payudara sebesar 12,9 persen. Sementara pada pria, persentase kasus baru tertinggi adalah kanker paru yaitu sebesar 34,2 persen dan menyebabkan kematian sebesar 11,1 persen.

 

Data tersebut menunjukkan bahwa kasus baru dan kematian akibat kanker hati pada laki-laki maupun perempuan hampir berimbang. Sedangkan kanker payudara dan kanker prostat memiliki persentase kematian yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan persentase kasus baru. Hal ini berarti jika penyakit kanker tersebut dapat dideteksi dan ditangani sejak dini maka kemungkinan sembuh akan semakin tinggi.

Statistik Kanker Di Indonesia

Di Indonesia, prevalensi penyakit kanker pada penduduk semua umur pada tahun 2013 mencapai 0,14 persen dari total penduduk. Hal ini berarti ada sekitar 347.792 orang. Kanker serviks dan kanker payudara diketahui menjadi jenis kanker terbanyak yang diderita penduduk wanita. Sedangkan kanker prostat menjadi kanker terbanyak yang diderita penduduk pria.

Penyakit kanker serviks pada tahun 2013 memiliki prevalensi sebanyak 98.692 penderita, dan penyakit kanker payudara sebanyak 61.682 penderita. Lalu untuk penyakit kanker prostat diderita oleh 25.012 penduduk. Berikut tabel prevalensi penderita kanker di Indonesia pada ketiga jenisnya yang terbanyak:

Agar angka-angka penderita kanker tidak bertambah besar, sebaiknya kita melakukan langkah-langkah pencegahan dan pendeteksian kanker sedini mungkin. Sebab semakin dini sebuah kanker diketahui, maka semakin mudah disembuhkan.

Share

Recent Posts

  • Artikel Kesehatan

Cara Menurunkan Resiko Kanker Kandung Kemih

Resiko kanker kandung kemih bukan hanya penting bagi orang tua. Orang yang berusia muda sebaiknya…

3 years ago
  • Artikel Kesehatan

Naiknya Resiko Penyakit Jantung Pada Survivor Kanker Testis

Sembuh dari kanker testis merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa. Namun siapa sangka bahwa survivor…

3 years ago
  • Artikel Kesehatan

Cara Membedakan Tahi Lalat Normal dan Kanker Kulit

Tahi lalat adalah ‘aksesoris’ alami penampilan seseorang. Namun kadang banyak orang kesulitan membedakan antara yang…

3 years ago
  • Artikel Kesehatan

Memprediksi Keganasan Kanker Prostat Dengan Tes Urine

Ada serangkaian metode tes yang biasa dilakukan untuk melihat tingkat keparahan kanker prostat. Namun saat…

3 years ago
  • Artikel Kesehatan

5 Tips Hindari Kanker Kulit Khusus Bikers dan Gowesers

Sering di bawah terik matahari membuat pengendara motor dan pesepeda memiliki resiko lebih besar terkena…

3 years ago
  • Artikel Kesehatan

Bahan Kosmetik Pemicu Kanker Kulit

Saat ini kosmetik sudah menjadi kebutuhan primer setiap wanita. Berbagai jenis dan merek kosmetika digunakan…

3 years ago