MENU
Kanker Pankreas Kanker Berbahaya dan Mematikan

Kanker Pankreas: Kanker Berbahaya dan Mematikan

Positif dan Negatifnya Pengaruh MSG Bagi Tubuh

Positif dan Negatifnya Pengaruh MSG Bagi Tubuh

Selebriti Pengidap Kanker Pankreas

November 19, 2018 Comments Off on Selebriti Pengidap Kanker Pankreas Views: 10 Artikel Kesehatan, lifestyle

Selebriti Pengidap Kanker Pankreas

Mulai seorang pengusaha, aktor, hingga vokalis, kanker pankreas dapat menyerang siapapun. Simak kisah pengidap kanker pankreas agar kita bisa ambil pelajaran dari perjuangan mereka.

Selebriti Pengidap Kanker Pankreas

Pada tahun 2018 hingga bulan September, kanker pankreas telah merenggut 432.242 jiwa atau sekitar 4,5 persen dari total kematian akibat kanker di dunia.Sedangkan di Indonesia pada periode yang sama, kasus baru untuk kanker pankreas sebanyak 4940 kasus.  Kita upayakan gaya hidup sehat untuk hindari kanker.

Berikut beberapa selebriti dan orang terkenal dunia yang sempat berjuang melawan ganasnya kanker pankreas. Simak kisahnya:

1. Steve Jobs: Terlambat Melakukan Operasi

Pria ini adalah salah satu pendiri Apple Computers dan berjasa karena sudah merevolusi personal computer. Di bawah kepemimpinannya, Apple menjadi salah satu pemimpin pasar komputer di dunia. Namun pada tahun 2003 lalu, Steve terdiagnosis mengidap kanker pankreas endokrin atau dikenal dengan sebutan tumor neuroendokrin atau karsinoma sel islet.

Kanker pankreas jenis langka yang diidap Steve ini berkembang lambat dan berpotensi untuk bisa disembuhkan dengan operasi pengangkatan. Namun operasi tersebut harus dilakukan sebelum kanker bermetastasis atau menyebar.

Salahnya, setelah terdiagnosis kanker pankreas, Steve tidak langsung melakukan langkah-langkah medis untuk menanganinya. Sembilan bulan setelah terdiagnosis kanker, Steve baru memutuskan untuk melakukan operasi pengangkatan tumor pada tahun 2004.

Kondisi kesehatannya yang semakin parah membuat Steve harus melakukan operasi transplantasi organ hati. Namun tindakan itu tetap tidak membuat kondisinya membaik. Steve Jobs meninggal pada tahun 2011 di usia 56 tahun.

2. Luciano Pavarotti: Kanker kembali muncul

Luciano adalah salah satu penyanyi opera yang sangat terkenal di dunia. Lengkingan suara merdu bernada tinggi miliknya sangat khas. Pria yang lahir tahun 1935 ini terdiagnosis kanker pankreas ketika menjalani tur perpisahannya bulan Juli 2006. Ia pun segera membatalkan semua sisa konser yang telah dijadwalkan di tahun 2006.

Menurut manajernya, Pavarotti segera menjalani operasi pengangkatan yang terbilang sukses. Kenapa? Sebab kanker dapat diangkat seluruhnya dari pankreas. Namun kesuksesan operasi pengangkatan kankernya hanya bersifat sementara, karena kanker kembali tumbuh di tubuh Luciano.

Menurut manajernya, sang penyanyi opera ini berjuang sangat gigih melawan penyakitnya. Namun kanker mematikan ini mengakhiri hidup sang maestro pada 6 September 2007. Setahun lamanya Luciano Pavarotti berjuang melawan kanker pankreas yang menggerogoti hidupnya.

3. Alan Rickman: Telat terdiagnosis

Pemeran Profesor Snape dalam seri film Harry Potter ini punya kemampuan akting luar biasa. Selain seri Harry Potter ia juga membintangi film Die Hard, Robin Hood, Love Actually, dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan Luciano Pavarotti dan Steve Jobs, Alan tidak menyadari bahwa dirinya pengidap kanker pankreas. Pada Agustus 2015, Alan menderita stroke ringan, sehingga harus menjalani pemeriksaan dan penanganan dokter. Pada saat itulah dokter mendiagnosis bahwa Alan adalah seorang pengidap kanker pankreas stadium lanjut.

Karena telat terdiagnosis, kesempatan Alan untuk selamat dari kanker pankreas sudah sangat kecil. Alan pun menghembuskan nafas terakhirnya pada 14 Januari 2016 di usia 69 tahun.

Tags: , , , , , , , , ,

Comments are closed.