MENU

Nutrisi Untuk Melawan Efek Samping Kemoterapi

Teh Dapat Membantu Lindungi Tubuh dari Sel Kanker

January 16, 2018 Comments (0) Views: 1401 makanan

Picu Kanker, 5 Makanan Ini Harus Segera Anda Kurangi

Ditinjau oleh:
dr. Rony Wijaya
Medical Marketing – PT. Indocare Citrapasific

Sejak kecil kita diajari bahwa makanan dan minuman adalah sumber nutrisi bagi tubuh manusia. Mendapatkan nutrisi lengkap dan baik bagi tubuh itu lebih dari sekadar memenuhi perut dengan makan apa pun, sebab ada beberapa jenis makanan yang justru memicu kanker.

Apa yang seseorang konsumsi dapat mempengaruhi kesehatan, energi, dan kesejahteraannya. Hal yang terpenting dari pola makan sehat adalah keberagaman sumber makanan. Anda harus mempunyai pola makan yang memberikan cukup protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral serta cairan.

Namun, tidak semua jenis makanan itu mendatangkan kebaikan bagi tubuh. Makanan memiliki potensi untuk ‘menyembuhkan’ atau ‘melukai’, sehingga kita perlu mengetahui jenis makanan yang dapat meningkatkan risiko kanker, penyakit jantung, diabetes, atau inflamasi kronis.

Lalu apa saja sih jenis-jenis makanan yang dapat memicu kanker? Berikut ini 5 jenis makanan yang harus Anda hindari:

  • Makanan rekayasa genetika
    Tahukah Anda jika 90 persen jagung dan kacang kedelai yang beredar saat ini merupakan hasil rekayasa genetika? Makanan rekayasa genetika adalah tanaman pangan dan hewan ternak yang telah mengalami perubahan struktur gen oleh tangan manusia. Para ahli sepakat bahwa makanan rekayasa genetika belum melalui pengujian yang cukup, sehingga produsen makanan rekayasa genetika belum mengetahui efek jangka panjang pada kesehatan manusia. Pilihlah makanan dengan label organik atau GMO-free.
  • Popcorn cepat saji
    Popcorn cepat saji, yang hanya perlu dipanaskan dengan microwave, biasanya menggunakan minyak dan biji jagung produk rekayasa genetika. Bahkan uap yang dilepaskan dari bumbu mentega buatannya juga mengandung zat diacetil, yang beracun bagi manusia.
  • Makanan kalengan
    Kebanyakan kaleng mengandung zat bernama Bisphenol-A (BPA), yang telah terbukti mengubah struktur genetis sel-sel otak tikus. Zat tersebut dapat bercampur dengan bahan makanan di dalamnya.
  • Gula rafinasi
    Makanan penyebab kanker paling banyak sampai saat ini adalah sirup jagung tinggi fruktosa dan gula rafinasi. Gula jenis ini adalah sumber meningkatnya insulin dan makanan bagi sel-sel kanker. Kurangi pemakaian gula rafinasi agar sel-sel kanker kelaparan.
  • Tepung putih
    Tepung yang sudah melalui proses rafinasi akan hilang kandungan nutrisinya. Tepung tersebut diputihkan dengan gas klorin, agar tampilannya menarik mata konsumen. Tepung putih memiliki indeks glikemik sangat tinggi, sehingga menyebabkan kadar insulin meningkat tajam.

Lalu apa yang dapat kita ubah dalam pola makan, untuk mencegah kanker? Selain menghindari konsumsi 5 makanan di atas, kita juga dianjurkan untuk melakukan beberapa hal berikut:

  • Konsumsi makanan organik.
  • Pilihlah makanan mentah beku yang bersih, jika tidak tersedia makanan segar.
  • Perbanyak konsumsi sayuran rendah karbohidrat dan kalori.
  • Hanya gunakan minyak berkualitas tinggi seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak samin, mentega susu yang berasal dari sapi pemakan rumput segar.
  • Pastikan konsumsi produk makanan dari hewan yang diberikan rerumputan segar.
  • Kurangi konsumsi gula.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *