MENU

Waspada Kanker Ginjal

Ingin Jauh dari Kanker? Ini Makanan yang Perlu Dihindari

Penyakit Kanker Bisa Diturunkan Secara Genetik

April 10, 2017 Comments Off on Bisakah Kanker “Diwariskan”? Views: 2194 Artikel Kesehatan, knowledge, Lawan Kanker

Bisakah Kanker “Diwariskan”?

Penyakit kanker merupakan penyakit multifactorial disorder, yaitu penyakit yang kemunculannya dapat dipengaruhi oleh faktor genetik dan faktor lingkungan. Dengan begitu dapat dikatakan jika seseorang yang memiliki faktor genetik kanker dari orang tuanya, maka risiko atau bakat seseorang tersebut terserang penyakit kanker akan lebih besar.

Sindrom Penyakit Kanker Yang Bisa Diwariskan

Dari jenis-jenis kanker yang telah ditemukan, peneliti menyatakan ada beberapa sindrom kanker yang dapat diturunkan secara genetik. Beberapa sindrom kanker tersebut adalah:

  • Sindrom kanker ovarium dan kanker payudara herediter
    Gen: BRCA1, BRCA2
    Tipe penyakit kanker yang berhubungan: payudara, ovarium dan kanker lainnya termasuk pankreas, prostat.
  • Sindrom Li-Fraumeni
    Gen: TP53
    Tipe penyakit kanker yang berhubungan: payudara, osteosarkoma (kanker tulang), leukemia, tumor otak, sarkoma jaringan lunak.
  • Retinoblastom
    Gen: RB1
    Tipe penyakit kanker yang berhubungan: kanker mata (retina), osteosarkoma, melanoma, sarkoma jaringan lunak.

Namun hal tersebut bukanlah suatu vonis yang pasti, karena sekali lagi pemicu kanker sangat banyak dan rata-rata diakibatkan pola hidup yang tidak sehat.

Risiko Penyakit Kanker Bisa Diperkecil 

Bagi Anda yang memiliki orang tua dengan riwayat kanker sebaiknya lebih waspada, dan diharapkan mampu menjaga pola hidup sehat dengan disiplin, serta tidak lupa untuk menjaga imunitas tubuh. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga sistem imunitas tubuh, yaitu:

  1. Mengatur pola makan sehat. Kurangilah mengonsumsi makanan yang dibakar, daging olahan, daging merah dan minuman beralkohol. Kemudian perbanyak konsumsi buah dan sayur, terutama yang berwarna cerah. Sebab mengandung lebih banyak antioksidan, yang dapat mencegah radikal bebas pemicu kanker.
  1. Rutin berolahraga. Berolahragalah minimal 3-4 kali dalam seminggu sekali, dengan durasi waktu 30 menit setiap kali berolahraga.
  2. Jauhi paparan radikal bebas, seperti asap rokok, asap kendaraan bermotor, ataupun terpapar sinar ultraviolet terlalu lama.
  3. Gunakan produk-produk yang bebas dari zat pemicu kanker, seperti alat makan atau memasak  berbahan plastik jenis tertentu yang berisiko memicu kanker.
  4. Mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh, agar sistem imunitas terus tubuh terjaga. Bagaimana caranya? Dengan memenuhi asupan vitamin harian, ataupun mengonsumsi herbal untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Tags: , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.