Artikel Kesehatan

Menu Diet Untuk Pasien Multiple Myeloma

Bagi penderita multiple myeloma, makan bisa termasuk aktifitas yang enggan dilakukan. Sebab salah satu gejalanya adalah menurunnya nafsu makan. Bagaimana supaya tubuh penderita tetap mendapatkan asupan nutrisi? Seperti apa diet pasien multiple myeloma?

Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan informasi seputar diet bagi pasien multiple myeloma. Jika ingin mengetahui tentang penyakit multiple myeloma lebih banyak, Anda bisa simak info lengkapnya disini. Artikel ini dipersembahkan oleh VitaCare Maitake Pro, suplemen kesehatan yang mengandung MD Fraction dan Beta Glucan, yang dapat membantu menurunkan resiko berkembangnya kanker.

Menurut American Cancer Society, di Amerika sendiri ada lebih dari 30 ribu pasien yang baru terdiagnosis mengidap multiple myeloma di tahun 2018. Jenis kanker ini berbahaya, sebab dapat menyebabkan rusaknya organ ginjal, menurunnya kekebalan tubuh, dan anemia. Menjaga asupan nutrisi saat menjalani terapi kanker, adalah hal yang sangat penting bagi pasien multiple myeloma.

Tips Diet Pasien Multiple Myeloma

Selain gejala dan efek samping terapi kanker, perasaan kecewa, depresi, atau takut yang dirasakan dapat membuat pasien tidak nafsu makan. Ada beberapa tips diet yang sangat berguna bagi pasien multiple myeloma, untuk menjaga keseimbangan asupan nutrisi yang diperlukan tubuh.

1. Pola makan ramah ginjal

Organ ginjal dapat rusak akibat komplikasi multiple myeloma. Kenapa? Karena ginjal harus bekerja lebih keras untuk memproses kandungan protein dan kalsium berlebihan dalam darah penderita.

Kandungan kalsium berlebihan dalam darah berasal dari tulang yang terkikis akibat sel kanker. Sedangkan kadar protein berlebihan dalam darah juga merupakan akibat dari sel plasma yang mengalami kanker tersebut.

Untuk membantu meringankan beban kerja organ ginjal, penderita sebaiknya mengurangi konsumsi garam, alkohol, protein, serta potasium. Jika ginjal sudah rusak cukup parah, maka penderita sebaiknya membatasi jumlah cairan yang dikonsumsi setiap harinya. Konsumsi kalsium juga harus dikurangi jika kadar kalsium dalam darah penderita sudah tinggi.

2. Perbanyak konsumsi makanan berserat

Tingkatkan jumlah konsumsi makanan kaya serat bagi penderita multiple myeloma yang menjalani pengobatan kemoterapi. Sebab beberapa jenis obat kemoterapi dapat menimbulkan konstipasi. Beberapa contoh jenis makanan kayak serat adalah:

  • Biji gandum
  • Buah kering, seperti kismis, aprikot.
  • Kacang-kacangan.
  • Buah apel, pir, dan jeruk.
  • Buah beri.
  • Brokoli, wortel, dan artichokes.

3. Tambah konsumsi curcumin

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa curcumin dapat mengurangi resiko tubuh menjadi kebal terhadap beberapa obat kemoterapi. Sehingga meningkatkan jumlah konsumsi curcumin dapat membantu obat kemoterapi terus bekerja efektif dalam tubuh penderita multiple myeloma.

Penelitian lain juga menyebutkan khasiat lain curcumin adalah memperlambat pertumbuhan sel-sel multiple myeloma dalam tubuh penderita. Curcumin ini dapat diperoleh dari beberapa rempah-rempah seperti kunyit dan temulawak. Olahlah masakan dengan menggunakan salah satu dari rempah-rempah tersebut.

4. Tingkatkan asupan zat besi

Kondisi kekurangan jumlah sel darah merah, atau anemia, merupakan komplikasi yang umum terjadi pada penderita multiple myeloma. Ketika sel-sel kanker berkembangbiak, maka ruang yang ada tidak akan cukup untuk sel-sel darah merah. Sehingga sel-sel kanker akan menghancurkan sel-sel darah merah yang sehat.

Rendahnya jumlah sel darah merah bisa mengakibatkan munculnya gangguan kesehatan seperti kelelahan, tubuh lemas, dan badan terasa dingin. Untuk menurunkan resiko anemia, dokter mungkin akan merekomendasikan pasien untuk memperbanyak konsumsi makanan kaya akan zat besi. Sebab peningkatan kadar zat besi dapat mengurangi kelelahan dan membantu tubuh memproduksi sel-sel darah merah sehat lebih banyak.

Beberapa jenis makanan sumber zat besi adalah:

  • Buah-buahan tropis seperti mangga, pepaya, jambu biji, dan nanas.
  • Daging merah non-lemak.
  • Brokoli.
  • Kismis.
  • Ubi jalar.
  • Paprika.
  • Kubis dan kubis brussel.
Share

Recent Posts

  • Artikel Kesehatan

Cara Menurunkan Resiko Kanker Kandung Kemih

Resiko kanker kandung kemih bukan hanya penting bagi orang tua. Orang yang berusia muda sebaiknya…

4 years ago
  • Artikel Kesehatan

Naiknya Resiko Penyakit Jantung Pada Survivor Kanker Testis

Sembuh dari kanker testis merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa. Namun siapa sangka bahwa survivor…

4 years ago
  • Artikel Kesehatan

Cara Membedakan Tahi Lalat Normal dan Kanker Kulit

Tahi lalat adalah ‘aksesoris’ alami penampilan seseorang. Namun kadang banyak orang kesulitan membedakan antara yang…

4 years ago
  • Artikel Kesehatan

Memprediksi Keganasan Kanker Prostat Dengan Tes Urine

Ada serangkaian metode tes yang biasa dilakukan untuk melihat tingkat keparahan kanker prostat. Namun saat…

4 years ago
  • Artikel Kesehatan

5 Tips Hindari Kanker Kulit Khusus Bikers dan Gowesers

Sering di bawah terik matahari membuat pengendara motor dan pesepeda memiliki resiko lebih besar terkena…

4 years ago
  • Artikel Kesehatan

Bahan Kosmetik Pemicu Kanker Kulit

Saat ini kosmetik sudah menjadi kebutuhan primer setiap wanita. Berbagai jenis dan merek kosmetika digunakan…

4 years ago