MENU
Tes HPV Pelengkap Tes Pap Smear

Tes HPV: Pelengkap Tes Pap Smear

Manfaat Beta Glucan

October 10, 2019 Comments Off on Manfaat Beta Glucan Di Dalam Jamur Maitake Views: 18 Jamur Maitake

Manfaat Beta Glucan Di Dalam Jamur Maitake

Selain vitamin dan mineral, ada salah satu jenis zat yang dibutuhkan tubuh, yaitu serat. Salah satu jenis serat yang dapat membantu tubuh adalah beta glucan. Apa manfaat beta glucan? Dimana kita bisa mendapatkannya?

Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan informasi seputar serat Beta Glucan. Artikel ini dipersembahkan oleh VitaCare Maitake Pro, suplemen kesehatan yang mengandung MD Fraction dan Beta Glucan. Bubuk jamur maitake juga dapat membantu menurunkan resiko berkembangnya kanker.

Secara umum tubuh kita memerlukan serat untuk mendukung kondisi kesehatan tubuh dengan cara mengurangi kolesterol dan mengontrol kadar gula darah. Serat juga membantu mencegah konstipasi dan gangguan fungsi usus, menjaga bakteri sehat dalam usus, membantu menjaga berat badan ideal.

Umumnya kita mendapatkan asupan serat dari sayuran dan makanan yang mengandung sayuran. Situs Mayo Clinic merekomendasikan bahwa orang berusia 50 tahun dan dibawahnya sebaiknya mengkonsumsi 38 gram per hari untuk pria dan 25 gram per hari untuk wanita. Sedangkan orang berusia diatas 51 tahun sebaiknya mengkonsumsi 30 gram per hari untuk pria dan 21 gram per hari untuk wanita.

Apa Manfaat Beta Glucan

Tidak semua serat sama. Serat terbagi menjadi dua jenis utama yaitu serat larut dan serat tidak larut, yang masing-masing dibagi lagi menjadi berbagai jenis serat. Serat larut adalah serta yang akan larut sebagian dalam air, sedangkan serta tidak larut adalah jenis serat yang tidak akan larut dalam air. Beta glucan adalah salah satu jenis serat larut. 

Beta glucan adalah salah satu bentuk serat larut yang erat hubungannya dengan perbaikan dan peningkatan kondisi kesehatan tubuh seseorang. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari serat beta glucan.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Ada bukti yang kuat bahwa beta glucan dapat membantu kesehatan organ jantung Anda. Beberapa penelitian menemukan bukti yang mengindikasikan bahwa beta glucan dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

2. Mengatur kadar gula darah

Beta glucan dapat membantu tubuh mengurangi resiko diabetes tipe 2. Serat ini juga meningkatkan kontrol gula darah bagi penderita diabetes.

3. Menstimulasi sistem kekebalan tubuh

Para peneliti meyakini bahwa beta glucan dapat membantu sistem imun tubuh. Peneliti percaya bahwa serat ini menstimulasi sistem kekebalan tubuh dan membantunya untuk lebih efektif dalam melawan bibit penyakit dan infeksi.

Khasiat Di Dalam Tubuh

Anda bisa mendapatkan asupan beta glucan dengan mengkonsumsi biji-bijian, gandum, terigu, haver, jelai, ragi roti, Jamur Maitake, dan Jamur Reishi. Beta glucan memperlambat laju makanan di dalam saluran pencernaan. Hal ini berarti tubuh memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan, sehingga tubuh menyerap gula dari makanan lebih lambat pula.

Kondisi tersebut akan mengurangi peningkatan drastis gula darah dan membantu tubuh menjaga kadar gula darah tetap stabil. Namun beta glucan bukanlah zat yang dapat dicerna, sehingga serat ini akan terus melalui di saluran pencernaan, hingga dikeluarkan dari dalam tubuh. Saat melalui saluran pencernaan, beta glucan dapat membawa serta kolesterol bersamanya dan menurunkan kadar kolesterolnya.

Comments are closed.