MENU
Inilah Ancaman Kesehatan Bagi Pekerja Malam

Pekerja Malam: Inilah Ancaman Kesehatan Bagi Anda

Puasa Sehat Dapat Cegah kanker

Puasa Sehat Dapat Cegah Kanker: Mitos atau Fakta?

manfaat berdoa dan efeknya terhadap kanker

June 8, 2018 Comments (0) Views: 78 Artikel Kesehatan, lifestyle, Psikis dan Mental

Manfaat Berdoa dan Efeknya Terhadap Kanker

Berdoa bukan hanya tingkatkan kualitas hubungan dengan Tuhan, namun manfaat berdoa juga baik terhadap tubuh kita. Adakah manfaatnya bagi pasien kanker?

Sudah cukup sering kita mendengar orang di sekitar kita memberi nasihat akan pentingnya berdoa dalam kondisi apapun. Apa sih berdoa itu? Berdoa adalah aktivitas mengucapkan (memanjatkan) doa kepada Tuhan. Jadi jelas berdoa dapat mendekatkan kita pada Tuhan.

Manfaat Berdoa Cegah Kanker

Kita tidak akan membahas bagaimana doa bisa mendekatkan kita pada Sang Penguasa Jagat Raya, namun pada efek berdoa pada kesehatan tubuh. Memangnya berdoa bisa membuat kita sehat? Kebanyakan dari kita pasti mengira bahwa berdoa tidak membawa efek apa pun ke tubuh manusia, tapi ternyata berdoa dan beribadah bermanfaat pada tubuh dan pikiran.

Herbert Benson, MD, seorang peneliti Harvard, melakukan penelitian tentang efek berdoa selama 30 tahun. Menurut Herbert, segala bentuk ibadah dan berdoa akan membangkitkan respon relaksasi yang menghilangkan stres, menenangkan tubuh, dan meningkatkan efek penyembuhan.

“Ketika berdoa atau beribadah, sistem limbik, bagian otak manusia yang mengatur proses relaksasi akan berperan lebih dalam mengontrol sistem saraf, detak jantung, tekanan darah, metabolisme tubuh,” jelas Herbert.

Lalu apa hubungan tingkat stres dengan kanker? Stres adalah salah satu faktor risiko untuk kanker, misalnya, stres psikologis terkait dengan agresivitas kanker payudara. Sel-sel kanker dapat memicu gen ATF3, yang bisa membuat sel-sel kekebalan tubuh tidak berfungsi normal. Hal ini menyebabkan sel-sel kanker lebih mudah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Menurut Harold Koenig, MD, associate professor bidang obat-obatan dan psikiatri di Duke, orang yang religius biasanya menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Hal ini otomatis membuat mereka yang religius memiliki risiko kanker lebih kecil. “Mereka jadi jarang punya dorongan untuk merokok, atau mengonsumsi minuman beralkohol,” jelas Harold.

Jika masih kurang yakin, Anda harus simak satu fakta menarik ini: di salah satu negara Timur Tengah, seorang yang religius memiliki tingkat kematian akibat penyakit jantung dan kanker lebih rendah 40 persen daripada orang yang tidak religius.

Manfaat Berdoa Bagi Pikiran

Seorang Profesor Psikologi dari Universitas Conneticut, Crystal Park, PhD, juga beranggapan bahwa orang yang rutin dan sering berdoa punya kemungkinan lebih besar untuk mengambil keputusan-keputusan dalam hidup yang lebih sehat untuk dirinya sendiri.

Ada beberapa hal yang membuat berdoa secara rutin dapat meningkatkan atau melindungi kesehatan emosional seseorang menurut Crystal Park, PhD, yaitu:

  • Menawarkan tujuan hidup lebih besar. Hubungan dengan Tuhan dapat memberikan tujuan dan arti hidup setiap harinya pada seseorang.
  • Menyediakan dukungan sosial. Studi tahun 2015 menemukan fakta bahwa pasien yang religius dapat memelihara hubungan sosial yang lebih baik.
  • Meningkatkan semangat hidup. Aktivitas rohani akan berdampak positif pada kesehatan emosional, seperti meredakan kecemasan dan depresi pada pasien kanker.
  • Membantu pasien untuk mengatasi masalah. Berdoa dapat menyediakan cara bagi seseorang untuk mengatasi kejadian negatif.

Beberapa bukti adanya manfaat kesehatan dari berdoa adalah:

  • Pada tahun 2015, para peneliti Health Psychology menemukan fakta bahwa ada kecenderungan hidup lebih lama bagi pasien yang merasakan kedamaian secara spiritual, di antara 191 pasien gagal jantung.
  • Sebuah studi di tahun 2015 menyatakan bahwa pasien gangguan depresi berat yang rutin berdoa setiap hari, secara umum menjadi lebih optimis dari pasien gangguan depresi berat yang tidak religius.

Prayer does not change God, but it changes him who prays. So let’s start to pray…

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *