MENU
Tips Pemeriksaan Kanker Testis Sendiri

Bagaimana Memeriksa Kanker Testis Sendiri

Dua Penyakit Keturunan Pemicu Kanker Ginjal

Dua Penyakit Keturunan Pemicu Kanker Ginjal

Jenis Makanan Pencegah Kanker Kandung Kemih

August 16, 2019 Comments Off on Jenis Makanan Pencegah Kanker Kandung Kemih Views: 82 Artikel Kesehatan, lifestyle

Jenis Makanan Pencegah Kanker Kandung Kemih

Apa yang kita makan akan berpengaruh pada kondisi kesehatan kita. Termasuk juga dengan berkembangnya sel-sel kanker kandung kemih dalam tubuh. Seperti apa makanan pencegah kanker kandung kemih?

Pada artikel ini, Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang apa saja makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi untuk mencegah berkembangnya kanker kandung kemih. Artikel ini dipersembahkan oleh VitaCare Maitake Pro, suplemen kesehatan yang mengandung MD Fraction dan bubuk jamur maitake untuk membantu menurunkan resiko berkembangnya kanker.

Jamur Maitake mengandung senyawa bioaktif beta-glukan yang punya aktivitas anti-kanker yang kuat, dan membawa efek positif terhadap aktivitas sel kekebalan tubuh. Maitake juga mampu tingkatkan kemampuan sel imunokompeten dan dapat menghambat penyebaran sel-sel kanker di dalam tubuh.

Sepuluh persen jenis kanker memiliki keterkaitan dengan pola makan. Penelitian menemukan fakta bahwa memiliki berat badan berlebihan dapat meningkatkan resiko kanker pada wanita sebesar 7 persen. Sedangkan kurangnya konsumsi buah-buahan dan sayuran segar bisa menaikkan resiko kanker pada pria sebanyak 6 persen.

Meskipun masih butuh penelitian lebih lanjut, pola makan dengan kandungan nutrisi seimbang dapat membantu kita menjaga berat badan ideal dan menurunkan resiko beberapa jenis kanker. Termasuk juga kanker kandung kemih.

Kanker kandung kemih sendiri merupakan jenis kanker yang diderita oleh kurang lebih 68 ribu orang dewasa di Amerika setiap tahunnya. Resiko pria terkena kanker ini lebih besar daripada wanita.

Makanan Pencegah Kanker Kandung Kemih

Lalu makanan dan minuman apa yang bisa kita konsumsi untuk melawan atau mencegah kanker kandung kemih? Berikut beberapa diantaranya:

1. Sayuran segar

Menurut Bladder Cancer Advocacy Network, para peneliti menyatakan bahwa konsumsi satu porsi sayuran segar bisa menurunkan resiko kanker kandung kemih sebanyak 10 persen. Sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi antara lain kentang manis, wortel, paprika, kembang kol, brokoli, asparagus, kubis, kale, kubis brussels. Sedangkan jenis jamur anti-kanker yang bisa dikonsumsi adalah Jamur Maitake. 

Kenapa konsumsi sayuran segar dapat menurunkan resiko kanker kandung kemih? Sebab sayuran tersebut mengandung antioksidan yang berfungsi memperbaiki sel tubuh yang rusak, anti-inflamasi, dan mencegah beberapa jenis kanker.

2. Buah-buahan

Sama seperti sayuran, setiap kali konsumsi buah-buahan segar juga mampu menurunkan resiko kanker kandung kemih sebanyak 10 persen. Buah-buahan yang direkomendasikan adalah lemon, jeruk, grapefruit, dan jeruk limau. Buah-buahan tersebut mengandung antioksidan yang bisa melindungi tubuh.

American Institute of Cancer Research merekomendasikan konsumsi yang sehat untuk tubuh adalah lima kali dalam sehari makan buah dan sayuran tanpa zat pati.

3. Teh

Bladder Cancer Advocacy Network menyatakan bahwa minum secangkir teh setiap hari ternyata bisa menurunkan resiko kanker kandung kemih 6 persen. Apa sebabnya? Di dalam teh ada senyawa yang bernama polyphenol, yang mampu menghambat pertumbuhan tumor kandung kemih. Di dalam teh hijau juga terdapat senyawa epigallocatechin-3-gallate, yang memiliki sifat anti-kanker.

4. Makanan Organik

Memasukkan makanan organik ke dalam menu diet Anda lebih efektif untuk bantu tubuh melawan kanker daripada menu diet tanpa makanan organik. Beberapa pihak ada yang khawatir bahwa mengkonsumsi sayuran non-organik yang terkena pestisida petani, dapat memicu kanker.

Pencegahan Kanker Kandung Kemih Lainnya

Selain mengatur jenis makanan, ada dua cara lain untuk mencegah munculnya kanker kandung kemih yaitu:

  • Berhenti merokok. Sebab rokok mengandung bahan-bahan kimia penyebab kanker. Berkonsultasilah dengan dokter untuk merencanakan metode berhenti merokok.
  • Waspadai paparan bahan-bahan kimia di sekitar Anda. Jika lingkungan kerja Anda berada di sekeliling bahan kimia, ikutilah instruksi keselamatan untuk menghindari paparan bahan kimia.

Comments are closed.