MENU
Berat Badan Pun Bisa Menjadi Penyebab Kanker

Berat Badan Pun Bisa Menjadi Penyebab Kanker

Buah Dan Sayur Pencegah Kanker

Buah Dan Sayur Pencegah Kanker

Makanan Gosong Berpotensi Menyebabkan Kanker

March 13, 2016 Comments Off on Makanan Gosong Berpotensi Menyebabkan Kanker Views: 1787 Artikel Kesehatan

Makanan Gosong Berpotensi Menyebabkan Kanker

Mengkonsumsi sate memang nikmat, apalagi kalau satenya dimasak hingga empuk dan matang sempurna. Namun Anda perlu lebih berhati-hati, jangan mengkonsumsi bagian sate yang gosong. Sebab makanan gosong bisa menjadi penyebab kanker.

Bagian gosong pada sate (dan juga daging bakar lainnya) termasuk zat karsinogen pemicu tumbuh dan berkembangnya sel-sel kanker. Menurut penelitian Norwegian Institute of Public Health yang dilansir dari Detik.com, daging yang terlalu matang atau cenderung gosong mengandung senyawa mutagen yang bersifat karsinogen atau memicu kanker.

Senyawa Berbahaya Dalam Makanan Gosong

Di dalam tubuh, senyawa mutagen ini bisa memicu perubahan sel-sel normal menjadi sel kanker. Selain itu ada juga senyawa hidrokarbon polisiklik aromatik (PAH) dan amino heterosiklik (HCA) yang terbentuk akibat pembakaran daging. Kedua senyawa ini juga mampu merusak susunan sel yang akhirnya memicu penyakit kanker.

Makanan yang gosong juga mengandung senyawa organik berbahaya bernama akrilamida. Senyawa ini terbentuk ketika makanan dimasak atau dibakar dengan temperatur tinggi.

Akrilamida ini lebih banyak ditemukan pada jenis-jenis makanan gosong atau terlalu matang yang kaya akan kandungan karbohidrat dan makanan yang dipanaskan sampai suhu lebih dari 120 derajat Celcius. Sedangkan pada makanan kaya protein yang gosong atau terlalu matang, kandungan akrilamidanya lebih sedikit.

Senyawa organik berbahaya ini juga terbentuk ketika Anda membakar rokok tembakau. Namun, Anda tidak akan menemukan kandungan akrilamida pada makanan mentah, atau makanan yang diolah dengan cara direbus.

Tips Makan Anti Gosong

Bagi Anda penikmat sate atau kuliner daging panggang lainnya, jangan khawatir. Beberapa tips ini bisa Anda lakukan untuk meminimalisasi risiko tersebut. Misalnya untuk menyingkirkan zat PAH tadi;

  • Anda cukup mengerik permukaan daging yang dibakar atau dipanggang.
  • Jangan biarkan daging terbakar di bagian itu-itu saja.
  • Bolak-balikkan daging sehingga matangnya merata dan tidak terlalu hangus, juga jangan terlalu lama dipanggang.
  • Hindari memanggang daging langsung pada api dan arang.
  • Jika ingin usaha ekstra, maka cobalah untuk merebus daging terlebih dahulu supaya cepat matang saat dipanggang.
  • Anda juga bisa merendam sate ke bumbu terlebih dahulu, barulah memanggangnya.
  • Selebihnya, Anda mungkin lebih tahu bagaimana memanggang sate atau daging lain tanpa membuatnya terlalu hangus.

Tags: , , , , , , ,

Comments are closed.