Artikel Kesehatan

Khasiat Jamur Untuk Kesehatan

Manfaat jamur ternyata bukanlah sekadar anggapan belaka. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa jamur dapat mencegah penyakit tertentu.

Jamur adalah tanaman unik dengan lebih dari 10 ribu jenis yang tersebar di dunia. Sebagian jenis jamur telah diketahui mengandung racun, namun sebagian lain juga terkenal sebagai jamur pangan yang berkhasiat untuk kesehatan.

Anda yang mungkin masih menganggap tanaman ini kurang berharga, sepertinya perlu meralat kembali anggapan tersebut. Sebab, jamur memiliki efek pencegahan bahkan penyembuhan pada berbagai penyakit yang tergolong ‘berat.’ Beberapa khasiat jamur untuk kesehatan yang telah diketahui meliputi:

Ini Manfaat Jamur untuk Kanker

Jamur mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh, serta meregenerasi sel sehat sehingga mempersempit perkembangan sel tidak teratur penyebab kanker. Kandungan antioksidan pada jamur tergolong tinggi, setara dengan wortel, tomat, paprika hijau, paprika merah, labu, dan kacang hijau.

Selain antioksidan, jamur juga memiliki sebuah kandungan yang sangat jarang ditemukan pada buah dan sayuran, kandungan itu bernama selenium. Selenium berperan dalam fungsi enzim hati, dan membantu proses detoksifikasi pada beberapa senyawa penyebab kanker dalam tubuh. Selain itu, selenium mencegah peradangan dan juga mengurangi pertumbuhan tumor.

Ada pula kandungan folat dalam jamur yang memainkan peranan penting dalam membentuk dan memperbaiki DNA sehingga mencegahnya bermutasi menjadi sel kanker.

Manfaat Jamur untuk Diabetes

Dikutip dari Vemale, jamur termasuk salah satu makanan kaya nutrisi yang memiliki indeks glikemik sangat rendah sehingga baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Beberapa dokter bahkan mungkin menyarankan agar jamur dikonsumsi penderita diabetes karena seratnya tinggi sehingga baik untuk menurunkan gula darah.

Pada penelitian lain dari University of Malaya, jamur terbukti memiliki beberapa komponen protein yang mampu menurunkan tekanan darah, menyeimbangkan aliran darah, serta menurunkan resistensi insulin. Tekanan darah, aliran darah, dan resistensi insulin merupakan faktor yang dapat menyebabkan diabetes.

Khasiat Jamur untuk Jantung

Kandungan serat, kalium, dan Vitamin C dalam jamur dapat membantu menyehatkan jantung Anda. Kalium jika masuk ke tubuh dan bekerjasama dengan sodium, dapat membantu mengatur tekanan darah. Selain itu, asupan beta-glukan pada jamur per harinya dapat menurunkan kadar kolesterol darah sebesar 5 persen.

Khasiat Jamur untuk Kolesterol

Jamur dapat menurunkan kadar koleserol sekaligus mengatur kadarnya sehingga bisa tetap seimbang. Kandungan yang berperan dalam hal ini adalah serat dan beta-glukan. Di sisi lain, kandungan protein yang tinggi namun tanpa lemak dari jamur bisa membantu mengeliminasi kolesterol jahat dari dalam tubuh.

Salah satu jamur yang dikenal sebagai tumbuhan herbal penurun kolesterol adalah jamur Maitake. Penelitian ilmuwan Jepang dalam jurnal mereka berjudul “Cholesterol-Lowering Effects of Maitake Fiber, Shiitake Fiber, and Enokitake Fiber in Rats”  membuktikan bahwa ternyata serat Maitake yang dikonsumsi tubuh akan bekerja membuang kolesterol jahat VLDL (Very Low Density Lipoprotein), IDL (Intermediate Density Lipoprotein), dan LDL (Low Density Lipoprotein) melalui feses.

Hingga saat ini beberapa khasiat jamur tersebut masih terus dikembangkan para peneliti. Sebab, masih ada beberapa temuan yang membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menguatkan validitasnya. Namun setidaknya perkembangan temuan-temuan tersebut telah membuktikan bahwa jamur yang terlihat asing justru sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Share

Recent Posts

  • Artikel Kesehatan

Cara Menurunkan Resiko Kanker Kandung Kemih

Resiko kanker kandung kemih bukan hanya penting bagi orang tua. Orang yang berusia muda sebaiknya…

4 years ago
  • Artikel Kesehatan

Naiknya Resiko Penyakit Jantung Pada Survivor Kanker Testis

Sembuh dari kanker testis merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa. Namun siapa sangka bahwa survivor…

4 years ago
  • Artikel Kesehatan

Cara Membedakan Tahi Lalat Normal dan Kanker Kulit

Tahi lalat adalah ‘aksesoris’ alami penampilan seseorang. Namun kadang banyak orang kesulitan membedakan antara yang…

4 years ago
  • Artikel Kesehatan

Memprediksi Keganasan Kanker Prostat Dengan Tes Urine

Ada serangkaian metode tes yang biasa dilakukan untuk melihat tingkat keparahan kanker prostat. Namun saat…

4 years ago
  • Artikel Kesehatan

5 Tips Hindari Kanker Kulit Khusus Bikers dan Gowesers

Sering di bawah terik matahari membuat pengendara motor dan pesepeda memiliki resiko lebih besar terkena…

4 years ago
  • Artikel Kesehatan

Bahan Kosmetik Pemicu Kanker Kulit

Saat ini kosmetik sudah menjadi kebutuhan primer setiap wanita. Berbagai jenis dan merek kosmetika digunakan…

4 years ago