MENU
Jenis Makanan Pencegah Kanker Kandung Kemih

Jenis Makanan Pencegah Kanker Kandung Kemih

Xeroderma Pigmentosum Bikin Kulit Mirip Kulit Drakula

Xeroderma Pigmentosum: Penyakit Genetis Penyebab Kanker Kulit

Dua Penyakit Keturunan Pemicu Kanker Ginjal

August 20, 2019 Comments Off on Dua Penyakit Keturunan Pemicu Kanker Ginjal Views: 48 Artikel Kesehatan, knowledge

Dua Penyakit Keturunan Pemicu Kanker Ginjal

Selain dari faktor gaya hidup tidak sehat, kanker ginjal dapat muncul karena faktor keturunan. Apa saja penyakit keturunan yang bisa memicu kanker ginjal?

Artikel yang akan memberikan informasi seputar dua penyakit keturunan pemicu kanker ginjal, dipersembahkan oleh VitaCare Maitake Pro. Suplemen Jamur Maitake yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh mencegah berkembangnya sel-sel kanker

Sebab Maitake mengandung senyawa bioaktif beta-glukan yang punya aktivitas antikanker kuat, memiliki efek terhadap aktivitas sel kekebalan tubuh, dan mampu tingkatkan kemampuan sel imunokompeten. MD fraction didalam maitake juga sudah terbukti di dalam penelitian dapat bekerja sinergis meningkatkan efektivitas kemoterapi dan juga meningkatkan kualitas hidup selama terapi kanker..

Pada stadium awal, kanker ginjal sendiri jarang sampai menimbulkan gejala atau tanda. Namun ketika memasuki stadium akhir, maka beberapa gejala yang mungkin dirasakan pasien adalah:

  • Hilangnya berat badan tanpa sebab.
  • Demam, yang sering kambuh.
  • Kelelahan.
  • Menurunnya nafsu makan.
  • Munculnya darah pada kotoran, yang akan tampak berwarna kemerahan.
  • Nyeri pada punggung atau tubuh bagian samping.

Penyakit Keturunan Pemicu Kanker Ginjal

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko munculnya kanker ginjal. Salah satunya adalah menderita dua penyakit keturunan ini. Apa saja?

1. Penyakit Von Hippel-Lindau

Von Hippel-Lindau termasuk salah satu penyakit langka yang dapat memicu tumbuhnya tumor dan kista di tubuh penderitanya. Tumor dan kista tersebut dapat muncul di organ otak, saraf tulang belakang, ginjal, pankreas, saluran reproduksi, dan kelenjar adrenal. Biasanya tumor yang muncul akibat penyakit ini termasuk jinak. Tapi beberapa tumor, terutama pada ginjal dan pankreas, berpotensi untuk menjadi ganas.

Biasanya tumor-tumor mulai bermunculan di tubuh ketika penderita mulai menginjak usia remaja. Kondisi munculnya tumor dan kista pada tubuh ini disebabkan oleh adanya mutasi pada gen Von Hippel-Lindau. Deteksi dini penyakit ini sangatlah penting, agar penderita dapat ditangani lebih cepat. Umumnya langkah penanganannya melibatkan operasi pengangkatan tumor. 

Gejala-gejala yang mungkin dirasakan oleh penderita Penyakit Von Hippel-Lindau adalah:

  • Sakit kepala.
  • Gangguan pada keseimbangan tubuh dan saat berjalan.
  • Pusing.
  • Tekanan Darah Tinggi.
  • Melemahnya anggota tubuh.
  • Gangguan pengelihatan.

2. Sindrom Birt-Hogg-Dubé

Merupakan salah satu penyakit keturunan yang berhubungan dengan munculnya beberapa tumor kulit jinak, kista paru, dan meningkatnya resiko munculnya tumor dan kanker ginjal. Resiko penderita Sindrom Birt-Hogg-Dubé untuk terkena kanker ginjal meningkat sekitar 15 persen. 

Sindrom Birt-Hogg-Dubé dapat terjadi karena adanya mutasi pada gen FLCN, yang berfungsi sebagai gen penekan tumor. Tugas utama dari gen penekan tumor di dalam tubuh adalah memproduksi protein pencegah terbentuknya tumor, yang bekerja dengan cara membatasi pertumbuhan sel-sel tubuh.

Gejala yang ditimbulkan oleh Sindrom Birt-Hogg-Dubé dapat berbeda-beda pada setiap penderita. Gejala yang paling umumnya adalah:

  • Munculnya lesi kulit berjumlah banyak.
  • Kista pada paru.
  • Meningkatnya resiko paru-paru kolaps.
  • Munculnya tumor atau kanker ginjal.

Ubahlah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat, untuk mencegah berkembangnya sel-sel kanker. Untuk bantu tubuh mencegah munculnya sel-sel kanker, Anda bisa mengkonsumsi suplemen jamur maitake, yang mampu tingkatkan sistem kekebalan tubuh dalam membunuh sel kanker dan menghambat penyebaran kanker.

Tags: , , , ,

Comments are closed.