MENU

Perjuangan 2 Srikandi Kanker Indonesia Untuk Orang Banyak

April 25, 2018 Comments (0) Views: 54 story

Cerita 4 Artis Survivor Kanker

Ditinjau oleh:
dr. Rony Wijaya
Medical Marketing – PT. Indocare Citrapasific

Empat aktor dan aktris Hollywood ini sangat lihai berakting di depan kamera. Namun kanker memang dapat menyerang siapa saja, termasuk mereka. Bagaimana upaya mereka menyingkirkan kanker? Apa yang membuat mereka terus berusaha sehat? Berikut kisah 4 aktor dan aktris Hollywood dalam menaklukkan kanker.

HUGH JACKMAN vs Kanker Kulit

‘Sang Wolverine’ ini pertama kali terserang kanker kulit karsinoma sel basal pada tahun 2013. Aktor asal Australia ini kemudian menjalani pembedahan untuk mengangkat bagian kulit yang terserang kanker. Sejak itu, Hugh Jackman harus bolak-balik ke meja operasi untuk mengangkat kanker tersebut hingga enam kali. Pembedahan terakhir untuk mengangkat kankernya terjadi pada Februari tahun 2017. Hugh mengakui kalau dirinya terkena kanker jenis ini karena ketika muda sering terpapar sinar matahari tanpa memakai tabir surya. Oleh karena itu, Hugh Jackman aktif untuk ikut meningkatkan kesadaran menggunakan tabir surya melalui media sosial sejak pertama kali terserang kanker kulit. Kanker kulit karsinoma sel basal biasanya ditandai dengan adanya perubahan pada kulit. Kanker kulit dapat disembuhkan jika dapat didiagnosis dan diobati sedini mungkin.

ANGELINA JOLIE vs Kanker Payudara dan Ovarium

Pemeran ‘Lara Croft’ dalam film Tomb Raider ini terdiagnosis mewarisi gen yang mengalami mutasi dari orangtuanya, yang dapat meningkatkan risiko kanker ovarium dan payudara, di usia 37 tahun. Jolie akhirnya memutuskan mengangkat kedua payudaranya pada tahun 2013 untuk mencegah munculnya kanker. “Bukan tidak mungkin untuk mengangkat semua risiko kanker, meskipun faktanya saya tetap berisiko terkena kanker lainnya,” ujar Jolie. Aktris cantik ini juga tergerak untuk menyemangati para wanita penderita kanker payudara agar tetap tegar melakukan pilihan yang sama dengannya untuk membasmi kanker dari tubuh. Tahun 2015, Jolie juga memutuskan untuk mengangkat ovarium dan tuba falopi untuk mencegah berkembangnya kanker.

BEN STILLER vs Kanker Prostat

Di tahun 2014, aktor ini terdiagnosis kanker prostat saat usianya memasuki 48 tahun. Ia kaget, karena sebelumnya tidak merasakan gejala, atau memiliki anggota keluarga yang mengidap kanker prostat. Ben pun mengambil keputusan berani untuk mengangkat semua organ prostat miliknya, agar kanker tidak menjalar ke bagian tubuh lainnya. Setelah proses pengangkatan prostat, Ben Stiller dinyatakan bersih dari kanker hingga saat ini. Ben harus berjuang mengatasi rasa takut akan efek samping pengangkatan organ prostat, yaitu impotensi. “Efek sampingnya memang ada. Tapi ketika diajukan pertanyaan ‘Hei, kamu mau hidup atau ingin kehidupan seksual yang hebat?’, maka saya pilih untuk menyingkirkan kanker dan lihat bagaimana perkembangan selanjutnya. Dan untungnya, semua berjalan oke-oke saja,” ujar Ben.

SHERYL CROW vs Kanker Payudara

Setelah terdiagnosis kanker payudara 11 tahun yang lalu, penyanyi dengan ciri khas membawa gitar akustik ini, harus menjalani 33 kali terapi radiasi hanya dalam waktu 7 minggu. Begitu dinyatakan sembuh dari kanker, Sheryl dengan serius mempertimbangkan untuk memiliki anak. Sheryl pun mengadopsi anak pertamanya di tahun 2007, kemudian mengadopsi anak kedua di tahun 2010.

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *