MENU
Inilah Efek Alkohol Bagi Tubuh, Selain Mabuk!

Inilah Efek Alkohol Bagi Tubuh, Selain Mabuk!

Betulkah Kemoterapi Kanker Tidak Lagi Efektif

Betulkah Kemoterapi Kanker Tidak Lagi Efektif?

Catat dan Perhatikan Bahaya Smartphone yang Ancam Kita

July 18, 2018 Comments (0) Views: 41 Artikel Kesehatan, lifestyle

Catat dan Perhatikan Bahaya Smartphone yang Ancam Kita

Bahaya smartphone bukan sekadar omong kosong. Bukan saja anak-anak yang bisa terkena dampaknya, orang dewasa pun juga harus berhati-hati dengan smartphone miliknya. Apa saja sih bahayanya?

Zaman sekarang, teman paling setia yang dimiliki mayoritas orang adalah smartphone.  Bayangkan, hanya smartphone yang akan dibawa oleh pemiliknya ketika pergi ke kamar mandi, mengemudi kendaraan, ke ruang meeting, kencan dengan kekasih, ke tempat tidur, ke kamar mayat, bahkan mungkin ada orang yang dikubur bersama smartphone miliknya.

Bahaya Smartphone Terhadap Kanker

Ternyata bahaya smartphone memang tidak bisa dianggap remeh. Bahkan smartphone mampu tingkatkan risiko si pengguna untuk terkena tumor, terutama di bagian kepala. Kenapa? Karena smartphone seringkali digunakan di dekat kepala seseorang. Beberapa jenis tumor serta kanker yang berisiko ditimbulkan oleh smartphone adalah:

  • Tumor otak ganas, seperti glioma.
  • Kanker kulit dan kanker testis. Beberapa studi menunjukkan adanya kemungkinan antara pengaruh smartphone dan kedua jenis kanker ini.
  • Tumor otak non-kanker, seperti meningioma.
  • Kanker payudara. Studi yang dilakukan di California menunjukkan adanya hubungan kuat antara mengantongi smartphone di saku baju dengan berkembangnya kanker payudara pada wanita berusia muda.
  • Tumor non-kanker, pada saraf penghubung otak dan telinga, serta pada kelenjar-kelenjar ludah.

Penyebab Bahaya Kanker Akibat Smartphone

Gelombang frekuensi radio dikeluarkan oleh setiap smartphone untuk mengirimkan sinyal-sinyal ke menara BTS (Base Transceiver Station). Radiasi yang dihasilkan gelombang frekuensi radio ternyata mampu menembus tubuh. Di tahun 2011, WHO mengelompokkan radiasi smartphone sebagai hal yang mungkin bersifat karsinogenik terhadap tubuh manusia (possible carcinogen).

Menggunakan smartphone setengah jam setiap hari dapat tingkatkan risiko tumor otak sebesar 40 persen. Bahkan sebuah studi industri menunjukkan kalau kerusakan genetik akan meningkat 300 persen, ketika darah manusia terkena radiasi smartphone. Fakta ini membuat bahaya smartphone bagi kesehatan lebih besar daripada merokok atau terpapar asbes.

Inilah Bahaya Smartphone Lainnya

Selain memperbesar risiko kanker, smartphone juga membawa beberapa efek buruk bagi kesehatan penggunanya. Bahaya smartphone pada tubuh selain risiko kanker adalah:

  • Mata menegang dan lelah. Mata akan terasa nyeri, panas, gatal, dan tidak nyaman setelah Anda memelototi layar digital lebih dari 2 jam. Penglihatan juga akan tampak buram, serta kepala terasa sakit.
  • Gangguan leher. Biasa disebut ‘leher teks’, yaitu kondisi nyeri pada leher akibat terlalu lama menunduk melihat layar smartphone atau tablet.
  • Rentan terhadap penyakit. Kondisi ini disebabkan bakteri E. coli yang ditemukan pada banyak permukaan smartphone, akibat terlalu seringnya smartphone dipegang bahkan saat tangan sedang kotor sekalipun. Bakteri ini dapat menimbulkan demam, muntah, dan diare.
  • Kemandulan pada pria. Radiasi smartphone dapat menurunkan jumlah sperma, motilitas sperma, dan lama hidup sperma.

Jadi kendalikan dan kontrol waktu Anda ‘bercengkerama’ dengan smartphone. Sebab sesuatu yang berlebihan selalu memberi efek tidak baik.

Tags: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *