MENU

Solusi Mahalnya Pengobatan Kanker

Cara Mempertahankan Moril Penderita Kanker

Cara Mempertahankan Moril Penderita Kanker

Buah Yang Bisa Bantu Mencegah Kanker Paru

March 20, 2017 Comments Off on Perokok, Perbanyak Makan Buah-Buahan Ini Views: 979 Artikel Kesehatan, knowledge

Perokok, Perbanyak Makan Buah-Buahan Ini

Efek buruk asap rokok berpotensi menyebabkan kanker paru. Hal ini dikarenakan asap rokok mengandung zat nikotin yang menjadi salah satu penyebab timbulnya sel tumor dan kanker di dalam tubuh. Adakah buah yang dapat mencegah kanker paru berkembang?

Untungnya, risiko kanker tersebut dapat diturunkan dengan mengonsumsi buah-buahan berwarna cerah.

Buah Apa Yang Bisa Mencegah Kanker Paru?

Penelitian yang dilakukan di Jean Mayer United States Department of Agriculture Human Nutrition Research Center on Aging yang dipublikasikan dalam Journal Cancer Prevention Research, menemukan fakta menarik bahwa buah-buahan atau sayuran berwarna cerah mengandung senyawa beta-cryptoxanthin (BCX).

Senyawa ini mampu secara efektif mampu menghambat perkembangan kanker paru yang terjadi pada mereka yang menghirup asap rokok.

Hal ini dikarenakan kandungan beta-cryptoxanthin (BCX) dalam buah berwarna cerah diyakini efektif menurunkan jumlah reseptor nikotin yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan penyebaran kanker paru. Selain itu buah berwarna cerah juga cenderung lebih kaya akan antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas seperti paparan sinar ultraviolet, bahan kimia dari makan, polusi asap kendaraan yang juga dapat memicu kanker.

Namun tentu cara ini bukan menjadi solusi utama, mengingat satu-satunya cara agar mereka terbebas dari risiko penyakit mematikan ini adalah dengan berhenti merokok.

Berhenti Merokok Untuk Cegah Kanker

Jika sudah berniat untuk berhenti merokok, agar terhindar dari kanker paru dan penyakit lainnya, berikut beberapa tips untuk membantu Anda.

1. Catatlah

Apa yang harus Anda catat? Kapan biasa Anda merokok, alasan Anda merokok, dan apa yang biasa Anda lakukan ketika merokok. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengetahui dan menghindari faktor pemicu merokok.

2. Tidak merokok pada waktu tertentu

Sebelum benar-benar berhenti merokok, cobalah untuk tidak merokok pada waktu-waktu tertentu. Contohnya seperti saat Anda beristirahat usai bekerja, atau setelah makan malam.

3. Buat daftar

Daftar yang harus Anda buat berisi tentang berbagai aktivitas yang bisa dilakukan untuk menggantikan kegiatan merokok. Contoh aktivitas ini adalah mengunyah permen karet, atau berjalan santai.

4. Berkonsultasi dengan dokter

Tanyakan pada dokter mengenai terapi pengganti nikotin. Baik dalam bentuk permen nikotin atau tempelan nikotin. Untuk membantu mengurangi ketergantungan Anda pada nikotin.

5. Mengikuti program rehabilitasi

Cobalah untuk ikut serta pada grup atau program rehabilitasi berhenti merokok yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

6. Beritahu orang sekitar Anda

Segera beritahukan seluruh anggota keluarga dan teman-teman tentang rencana Anda untuk berhenti merokok. Tujuannya adalah untuk mendapatkan dukungan mereka sebanyak mungkin.

Tags: , , , ,

Comments are closed.