MENU

Jenis Plastik yang Aman Sebagai Pembungkus Makanan

4 Cara Mendeteksi Dini Kanker Serviks

April 21, 2017 Comments Off on Ini Jenis-Jenis Kanker Langka yang Perlu Diwaspadai Views: 2835 Artikel Kesehatan, knowledge

Ini Jenis-Jenis Kanker Langka yang Perlu Diwaspadai

Kanker muncul akibat perubahan mutasi gen pada tubuh, yang menyebabkan sel berkembang secara abnormal dan membentuk tumor yang menjadi cikal bakal kanker. Mutasi gen tersebut dapat terjadi karena faktor genetik atau dikarenakan paparan radikal bebas yang dapat berasal dari makanan, bahan kimia, asap rokok, asap kendaran dan paparan sinar UV dari matahari.

Lalu dimanakah tumor atau kanker tersebut akan muncul? Itu merupakan pertanyaan sulit, karena kanker dapat tumbuh di beragam area tubuh dan organ manusia tanpa terprediksi. Hingga saat ini ada beberapa lokasi umum timbulnya tumor atau kanker, sebut saja bagian payudara, kulit, uterus, prostat dan lain sebagainya. Namun itu hanya sebagian kecil dari jenis kanker yang sudah diketahui. Sebuah studi selama 10 tahun yang meneliti sembilan juta orang yang mengalami kanker (1995-2004) berdasarkan data CINA (Cancer in North America) menyebutkan, ada sekitar 60-70 jenis atau lokasi timbulnya kanker yang jarang ditemui. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Kanker pleura: merupakan kanker yang terjadi pada pembungkus paru. Gejala yang dapat timbul: nyeri dada, sesak napas, batuk, kehilangan berat badan, kelelahan, keringat malam hari.
  2. Kanker peritoneum: merupakan kanker yang terjadi pada lapisan tipis yang melapisi bagian dalam perut. Pada keadaan normal, peritoneum menghasilkan cairan yang membantu pergerakan organ dalam perut. Gejala yang dapat timbul: rasa tidak nyaman di perut (gas, pembengkakan, kembung, kram), rasa penuh diperut walaupun hanya makan sedikit, mual/diare, kehilangan nafsu makan, kehilangan berat badan, konstipasi, sering kencing.
  3. Kanker thymus: merupakan kanker yang terjadi pada organ kecil di bagian belakang tulang dada. Gejala yang dapat timbul: sesak napas, batuk, dahak berdarah, nyeri dada, kesulitan menelan, kehilangan nafsu makan, kehilangan berat badan, pusing, pembengkakan pembuluh darah vena pada wajah dan leher.

Tags: , , , , , ,

Comments are closed.