MENU

Mitos Seputar Kemoterapi yang Terpatahkan – Bagian 2

Jus Pare

Yuk, Coba Membuat Jus Pare Tanpa Pahit

April 18, 2016 Comments Off on Tertawa Membantu Anda Melawan Kanker Views: 2000 Artikel Kesehatan

Tertawa Membantu Anda Melawan Kanker

Melakukan terapi, mengonsumsi sayur, atau memulai diet khusus, adalah cara mencegah kanker yang paling lazim dilakukan. Bagi kebanyakan orang, cara tersebut bukanlah hal yang mudah, butuh upaya ekstra dan konsistensi untuk menjalankannya secara rutin. Tapi, pernahkah Anda membayangkan bahwa di samping cara mencegah kanker yang lazimnya membutuhkan upaya ekstra, ada pula cara lain yang mudah dilakukan? Ya, cara itu adalah tertawa.

Secara umum, tertawa terbukti memiliki khasiat baik untuk tubuh. Tertawa membantu meredakan nyeri, melepaskan ketegangan otot, dan menguatkan pikiran positif. Tertawa juga melatih otot-otot di wajah dan dada untuk merangsang aliran darah, mengirim lebih banyak oksigen, juga mengirim nutrisi ke jaringan tubuh Anda.

Lalu, bagaimana khasiat tertawa untuk melawan kanker?

Prinsip dasar yang membuat tertawa berkhasiat melawan kanker adalah, aktivitas ini dapat melawan stres kronis penyebab peradangan sel. Saat tertawa, tubuh bekerja mematikan hormon stres (misalnya kortisol) dan merangsang produksi hormon peningkat mood (misalnya dopamin) sehingga stress bisa berkurang.

Beberapa studi juga telah mendukung khasiat tertawa terhadap pencegahan kanker secara lebih mendalam. Pada sebuah studi di Jepang yang dicatat dalam National Center for Biotechnology Information (NCBI) misalnya, menunjukkan bahwa tertawa meningkatkan harapan hidup dari pasien kanker lambung stadium akhir dengan membantu mereka merasa aman dan santai, meningkatkan efektivitas pengobatan konvensional, menstabilkan kondisinya, dan meningkatkan kegembiraan pasien.

Lalu dalam penelitian lain yang dikutip dari Daily Health Post, para ilmuwan menemukan bahwa tertawa membantu melawan kanker dengan cara meningkatkan IFN-γ (interferon-gamma) yang kemudian merangsang produksi dan aktivitas sel-B, sel-T, sel NK (natural killer), dan immunoglobulin dalam tubuh. Sel-sel kekebalan khusus ini mampu melawan sel kanker dan sel-sel abnormal lainnya  seperti patogen. Yang cukup menarik, tertawa mampu menginduksi frekuensi gamma pada otak. Frekuensi tersebut membantu merangsang ketenangan, sinkronisasi aktivitas neuron dan meningkatkan memori.

Jadi, jangan remehkan momen tertawa bahagia dengan orang-orang tersayang di sekitar Anda. Karena selain menciptakan rasa bahagia, tertawa juga bisa membantu mencegah sekaligus membantu proses penyembuhan kanker. Dan perlu Anda ketahui, tertawa dan berpikir positif justru menjadi kiat sukses orang yang berhasil sembuh dari kanker.

Tags: , , , , ,

Comments are closed.