MENU

Jenis Kanker

Fanpage Lawan Kanker

March 22, 2016 Comments Off on Stadium Kanker Views: 734 Tentang Kanker

Stadium Kanker

Kanker memiliki stadium atau tingkatan berdasarkan penyebaran selnya. Untuk mendeskripsikan stadium kanker, mayoritas dokter di seluruh dunia menggunakan site TNM (Tumor, Node, Metastasis) yang didefinisikan sebagai berikut:

Tumor (T)

Tumor mendeskripsikan ukuran dan lokasi kanker, termasuk seberapa banyak sel kanker yang telah tumbuh pada jaringan di sekitarnya. Kalau Anda sering mendengar istilah stadium-stadium pada kanker, sebenarnya inilah indikator yang digunakan.

Tumor menggunakan stadium 0 sampai 4. Pada stadium 0, kanker bersifat In Situ atau ‘pada tempatnya’. Sel kanker pada stadium ini masih kecil, baru mulai tumbuh, serta berada dalam satu titik atau lokasi. Penyebaran sel kanker pun belum terjadi.

Stadium Kanker

Pada stadium 1, pertumbuhan kanker mulai terjadi namun masih kecil dan belum berakar pada jaringan terdekat. Stadium 1 sering disebut sebagai stadium awal kanker.

Kemudian di stadium 2 dan 3 telah terjadi pembesaran kanker. Tumor pun sudah mulai mengakar pada jaringan terdekat. Namun, sel kanker belum memasuki nodus limpa dan bagian lain dari tubuh.

Terakhir adalah tingkatan stadium 4. Kanker di tingkat ini telah menyebar ke organ atau bagian tubuh lain dan merupakan tingkatan terparah. Kanker stadium 4 sering juga disebut kanker tingkat lanjut atau kanker bermetastasis.

Node (N)

Pada Node, tingkatan penyakit kanker diukur dari indikator apakah sel kanker telah ditemukan pada nodus limpa. Node juga mendeskripsikan seberapa banyak nodus limpa yang mengandung kanker. Tingkatan Node berkisar antara 0 sampai 3.

Metastasis (M)

Mengindikasikan apakah kanker telah bermetastasis (menyebar) ke bagian tubuh lainnya atau belum. Jika kanker belum menyebar, maka ukuran metastasisnya disebut M0. Sedangkan untuk kanker yang telah menyebar disebut M1.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.