MENU

Cara Mencegah Kanker Usus Besar – Bagian 2

Jenis Kanker Ini Cukup Langka, Namun Banyak Menyerang Orang...

June 10, 2016 Comments Off on Waspada, Inilah Penyebab Tingginya Risiko Kanker Payudara Views: 3689 Artikel Kesehatan

Waspada, Inilah Penyebab Tingginya Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan kanker yang paling menakutkan di antara jenis kanker lainnya. Setiap tahunnya, jumlah penderita kanker ini selalu meningkat. Penyebab kanker payudara didominasi oleh gaya hidup yang tidak sehat sebagaimana penyebab kanker pada umumnya. Sisanya disebabkan karena faktor usia, jenis kelamin, serta genetik atau keturunan. Sulit menentukan secara pasti pola hidup seperti apa yang menyebabkan kanker payudara pada seseorang. Masing-masing penderita memiliki penyebab kanker payudara yang berbeda tergantung riwayat gaya hidupnya. Tetapi setidaknya ada beberapa faktor pola hidup yang dapat memengaruhi tingkat risiko terkena kanker payudara, antara lain:

Riwayat Kanker Pribadi
Jika Anda sudah menderita kanker pada satu payudara, maka risiko kanker pada payudara lainnya akan lebih besar. Perlu dicatat, riwayat kanker pribadi berbeda dengan riwayat kanker keluarga.

Paparan Radiasi
Paparan radiasi yang sering mengenai bagian dada seseorang di masa kecil atau masa mudanya juga dapat meningkatkan risiko kanker payudara terutama pada wanita. Beberapa bentuk radiasi yang dimaksud misalnya rontgen, CT Scan, atau USG.

Obesitas
Kanker payudara lebih erat kaitannya pada wanita penyandang obesitas yang telah memasuki masa menopause. Setelah menopause, ovarium akan berhenti memproduksi hormon. Akibatnya jaringan lemak menjadi sumber yang paling penting untuk memproduksi hormon estrogen. Karena wanita gemuk memiliki jaringan lemak lebih banyak, tingkat estrogen mereka akan menjadi lebih tinggi. Kondisi inilah yang meningkatkan potensi pertumbuhan kanker payudara lebih pesat.

Merokok
Dilansir dari Kompas Health, sebuah studi terbaru dari American Cancer Society pada sekitar 73.000 wanita menemukan adanya kaitan kuat antara merokok dengan peningkatan risiko kanker payudara. Waktu dimulainya kebiasaan merokok juga berpengaruh pada berat ringannya risiko yang dihadapi. Wanita yang mulai merokok sebelum melahirkan anak pertama akan lebih beresiko terkena kanker payudara.

Meminum Alkohol
Penyebab utama kanker payudara adalah tingginya tingkat hormon estrogen. Tubuh yang mengonsumsi alkohol akan memicu peningkatan kadar estrogen dalam tubuh dan meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Tidak hanya itu, alkohol yang bercampur dengan darah akan diurai menjadi asetaldehid oleh hati. Asetaldehid adalah zat karsinogen yang menyebabkan mutasi gen dan perubahan struktur DNA. Kondisi ini membuat produksi sel penyebab kanker berkembang biak tak terkendali dan menyebabkan kanker payudara.

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.