MENU

Kanker Prostat

Waspada Kanker Ginjal

October 11, 2016 Comments (0) Views: 550 Jenis Kanker

Kanker Hati

Hati merupakan organ terbesar yang ada di dalam tubuh. Hati memegang beberapa fungsi penting, yaitu memengaruhi kinerja kantong empedu untuk membantu melarutkan lemak agar mudah dicerna, mengontrol kadar kolesterol, mengubah gula dan lemak menjadi energi, menyimpan nutrisi, memproduksi protein dan bahan kimia yang dibutuhkan tubuh, membantu membekukan darah, memecah zat yang dapat berbahaya bagi tubuh seperti alkohol dan obat-obatan, serta mengeliminasi zat sisa metabolime tubuh.

Penyakit kanker pada hati terjadi ketika sel kanker berkembang di organ ini. Berdasarkan lokasi pertumbuhan atau penyebarannya (metastasis), kanker hati terbagi menjadi dua klasifikasi yaitu:

  1. Kanker hati primer
    Kanker hati primer adalah kanker yang berawal di organ hati dan termasuk jenis kanker yang berisiko kematian tinggi. Kanker hati primer terbagi lagi menjadi tiga klasifikasi:
  • Hepatocellular carcinoma (HCC) atau hepatoma – merupakan kanker hati primer yang berkembang dari sel hati utama bernama hepatosit. Jenis kanker ini tergolong paling umum di antara jenis kanker hati lainnya.
  • Cholangiocarcinoma – kanker pada jenis ini dimulai di sel yang melapisi saluran empedu. Saluran ini menghubungkan hati ke usus dan kandung empedu. Cholangiocarcinoma juga disebut kanker empedu saluran.
  • Angiosarcoma – jenis kanker hati langka ini dimulai di pembuluh darah. Biasanya terjadi pada orang di atas 70 tahun.
  1. Kanker hati sekunder
    Kanker hati sekunder adalah kanker yang dimulai di bagian lain dari tubuh, namun telah menyebar (metastasis) ke organ hati. Sebagian besar kanker di organ tertentu dapat berpotensi menyebar ke hati. Beberapa jenis kanker yang paling mungkin menyebar ke hati adalah kanker pada sistem pencernaan, termasuk kanker kerongkongan, lambung, pankreas dan usus besar. Hal ini disebabkan karena sel-sel darah dari organ-organ pencernaan mengalir melalui hati, dan sel-sel darah yang membawa kanker bisa terjebak di organ tersebut.

Statistik Kanker Hati
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa prevalensi kanker hati mencapai sekitar 30 kasus per 100.000 orang di seluruh dunia. Tingkat tertingginya terjadi di beberapa bagian Afrika dan Asia Timur. Lalu berdasarkan statistik kanker yang dikutip dari International Agency for Research on Cancer (IARC) pada tahun 2012, kanker hati menempati urutan 8 untuk persentase kasus baru dan jumlah kematian terbanyak pada wanita dunia dengan 5,3 persen kasus dan 5,1 persen angka kematian. Sementara pada pria, kanker hati justru menempati urutan keempat dengan 15,3 persen kasus baru dan 14,3 persen angka kematian.

persentase-kasus-baru-kanker

Perbandingan antara persentase kasus baru dan angka kematian yang  hampir  berimbang tersebut sekaligus menunjukkan bahwa penyakit kanker hati yang menyerang seseorang memiliki risiko kematian yang tinggi. Ini juga berarti bahwa tingkat kesembuhan penyakit ini sangatlah rendah. Karena itu, langkah deteksi dan pencegahan dini sangat penting untuk dilakukan.

Penyebab Kanker Hati

penyebab-kanker-hatiBerikut ini penyebab kanker hati yang dikutip dari Cancer Council Victoria:
Steroid anabolik – Steroid lebih dikenal sebagai obat kuat yang sering digunakan dalam dosis tinggi untuk meningkatkan kekuatan tubuh. Orang yang mengonsumsi anabolik steroid bisa menjadi sangat bertenaga. Biasanya doping ini digunakan oleh atlet angkat besi. Selengkapnya>>

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *