MENU

Manfaat Biji Pepaya, Dari Memperlancar Pencernaan Hingga Menghambat Kanker

Kandungan dalam Kotoran Kucing Bisa Mengobati Kanker, Benarkah?

October 11, 2016 Comments (1) Views: 3703 Artikel Kesehatan

Penyebab Kanker Hati

Berikut ini penyebab kanker hati yang dikutip dari Cancer Council Victoria:

1. Steroid anabolik
Steroid lebih dikenal sebagai obat kuat yang sering digunakan dalam dosis tinggi untuk meningkatkan kekuatan tubuh. Orang yang mengonsumsi anabolik steroid bisa menjadi sangat bertenaga. Biasanya doping ini digunakan oleh atlet angkat besi. Ketika digunakan secara teratur dan cukup lama, steroid anabolik dapat meningkatkan risiko berkembangnya  kanker hati dan beberapa jenis kanker lainnya.

2. Aflatoksin
adalah zat yang dibuat oleh fungi dan mungkin juga ditemukan dalam gandum, kacang tanah, jagung, kacang-kacangan, kedelai dan kacang tanah yang sudah lama disimpan. Secara jangka panjang, konsumsi makanan yang mengandung aflatoksin dapat meningkatkan risiko kanker hati.

3. Sirosis
Sirosis adalah kerusakan hati jangka panjang atau kronis yang menyebabkan luka pada hati. Perkembangan penyakit yang perlahan-lahan mengakibatkan jaringan sehat digantikan oleh jaringan rusak. Dan pada akhirnya, hati tidak menjalankan fungsinya dengan baik. Orang dengan sirosis hati memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker hati.

4. Hepatitis
Penderita hepatitis B atau  C berpotensi mengalami peradangan hati yang berisiko memicu kerusakan serta timbulnya jaringan parut di organ hati. Kondisi ini kemudian dapat berkembang menjadi kanker hati.

5. Diabetes
Kaitan antara diabetes dengan kanker hati lebih kepada pengaruh tidak langsung dari penggunaan obat-obatan diabetes yang dikonsumsi pasien. Obat-obatan itu akan memperberat kerja hati dalam mengeliminasinya. Akhirnya secara perlahan hati menjadi keracunan dan memicu kanker.

6. Riwayat keluarga
Seseorang dengan keluarga yang menderita penyakit kanker hati akan lebih berpotensi terserang penyakit ini pula.

7. Kekurangan L-karnitin
Studi menunjukkan bahwa kekurangan L-karnitin meningkatkan risiko berkembangnya kanker hati. L-karnitin dapat diperoleh dari konsumsi daging merah, kacang-kacangan, kuaci, buncis, dan sayuran lainnya.

8. Menderita/mewarisi hepatitis
Penyakit hati seperti hepatitis B atau C juga bisa menjadi penyebab munculnya penyakit kanker hati. Menurut American Cancer Society, hepatitis C merupakan penyebab paling umum dari kanker hati di Amerika Serikat.

9. Imunitas rendah
Orang dengan sistem imunitas yang lemah atau rendah, misalnya penderita HIV/AIDS memiliki risiko kanker hati 5 kali lebih besar dari orang yang sehat dikarenakan tubuhnya rentan terkena virus, salah satunya virus hepatitis.

10. Obesitas
Obesitas adalah penyebab kanker secara umum, kanker hati pun termasuk di dalamnya.

11. Gender
Ternyata laki-laki memiliki persentase risiko kanker hati lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan. Beberapa ahli percaya bahwa ini bukanlah karena gender secara kodratnya, melainkan karena karakteristik gaya hidup mereka.

12. Merokok
Sebagaimana obesitas, merokok adalah penyebab kanker secara umum.

13. Sering mengonsumsi alkohol
Setiap kali seseorang mengonsumsi minuman beralkohol, organ hati akan menyaring zat berbahaya dalam alkohol dari darah Anda. Penyaringan ini membuat beberapa sel hati akan mati. Meskipun sel hati bisa bereproduksi kembali, konsumsi alkohol secara terus menerus tetap saja akan membuatnya rusak permanen.

14. Konsumsi air dengan kandungan arsenik
Air  tanah atau sumur yang mengandung arsenik jika dikonsumsi secara lama dapat pula menyebabkan kanker hati.

Gejala Kanker Hati

Gejala kanker hati umumnya baru akan terlihat ketika memasuki stadium lanjut. Namun meskipun begitu, ada beberapa gejala awal kanker hati yang perlu Anda waspadai. Berikut ini gejala umum kanker hati yang dikutip dari Alodokter:

  • Merasa sangat lelah dan lemas
  • Sakit perut
  • Gatal-gatal
  • Organ hati membengkak
  • Merasa mual dan muntah
  • Ascites atau penumpukan cairan di dalam perut yang mengakibatkan perut terlihat membengkak.
  • Tungkai membengkak karena penumpukan cairan.
  • Turunnya berat badan tanpa sebab
  • Kulit dan bagian putih mata yang menguning
  • Urine berwarna gelap
  • Tinja berwarna putih seperti kapur

Perlu diingat bahwa gejala-gejala tersebut juga dapat menjadi pertanda penyakit lainnya. Kuncinya adalah jika Anda mengalami sebagian besar gejala tersebut, sebaiknya Anda langsung memeriksanya ke dokter untuk selanjutnya didiagnosis.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

One Response to Penyebab Kanker Hati

  1. terima kasih telah berbagi informasi Pak, senang sekali rasanya membaca tulisan2 di blog ini, jadi tambah wawasan.. semoga yang mengeleloa blog ini selalu di berikan kesehatan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *