MENU

PENGOBATAN KANKER

pengobatan kanker payudara

Pengobatan Kanker Payudara dan Pencegahannya

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit menakutkan bagi kaum wanita. Namun sebenarnya kanker ini dapat disembuhkan jika terdiagnosa lebih dini. Seperti apa sih proses pengobatan kanker payudara dan bagaimana cara agar kita dapat mengurangi resiko terkena kanker ini,Silahkan simak infonya dalam artikel ini. Sebelum melakukan pengobatan kanker payudara, dokter harus melakukan serangkaian pemeriksaan terlebih dahulu. Beberapa cara diagnosis kanker payudara adalah:
  • Pemeriksaan fisik payudara. Dokter akan memeriksa langsung payudara pasien beserta kelenjar getah bening di sekitar ketiak. Apa yang diperiksa? Dokter mencari apakah ada benjolan atau ketidaknormalan lainnya.
  • Mamografi,ultrasound, atau MRI pada payudara pasien.
  • Biopsi sampel jaringan payudara, untuk diteliti lebih lanjut di laboratorium.1
Pengobatan Kanker Payudara Apabila memang didapati seseorang menderita kanker payudara, dokter baru akan melakukan langkah-langkah pengobatan. Untuk memilih jenis pengobatan kanker payudara yang tepat untuk pasien, dokter akan mempertimbangkan beberapa hal seperti:
  • Tingkat keparahan (stadium) kanker. Seberapa besar dan seberapa luas penyebaran kanker.
  • ...
    Read More
Persiapan Mastektomi Apa Saja

Persiapan Mastektomi, Apa Saja?

Salah satu cara penanganan kanker payudara adalah prosedur mastektomi. Apa sih mastektomi itu? Seperti apa persiapan mastektomi yang harus dilakukan pasien? Bagaimana prosedur ini dilakukan? Mastektomi sendiri adalah operasi pembedahan untuk mengangkat semua jaringan payudara dari bagian dada pasien untuk membasmi atau mencegah kanker payudara. Ada beberapa jenis mastektomi yaitu:
  • Mastektomi total: Dokter akan mengangkat seluruh payudara, termasuk jaringan payudara, areola dan puting payudara.
  • Skin-sparing mastectomy: Dokter juga akan mengangkat seluruh payudara, termasuk jaringan payudara, areola dan puting payudara. Namun kulit payudara tidak ikut diangkat.
  • Nipple-sparing mastectomy: Dokter akan mengangkat seluruh jaringan payudara. Namun  areola, puting payudara, dan kulit payudara tidak ikut diangkat.1
Persiapan Mastektomi Yang Bisa Dilakukan Pasien Persiapan pasien untuk menghadapi operasi mastektomi dapat dibagi berdasarkan jarak waktu dengan hari operasi mastektomi dilakukan yaitu: 1. 2-4 minggu sebelum operasi:
  • Berbicaralah dengan survivor kanker payudara lain dan bacalah kisah-kisah survivor kanker, untuk mempersiapkan mental dan ...
    Read More
Terapi-Radiasi-Kanker-Bagaimana-Kerjanya

Terapi Radiasi Kanker. Bagaimana Kerjanya?

Ada beberapa terapi yang bisa dilakukan dokter untuk menangani kanker pada pasiennya. Terapi untuk penyembuhan kanker yang paling populer adalah pembedahan dan kemoterapi. Selain kedua terapi tersebut, dokter juga dapat melakukan terapi radiasi. Apa itu? Bagaimana cara kerjanya? Mari kita cari tahu disini. Secara umum, jenis terapi ini adalah salah satu jenis penanganan kanker yang menggunakan sinar radiasi tinggi untuk membunuh sel-sel kanker dan menyusutkan ukuran tumor. Biasanya terapi ini akan memanfaatkan sinar-X, namun bisa juga menggunakan sinar proton atau jenis energi lainnya. Sel-sel kanker dapat hilang atau pertumbuhannya melambat, karena radiasi dosis tinggi yang dipancarkan membuat DNA sel-sel kanker rusak. Namun efek terapi ini tidak langsung dirasakan. Butuh waktu beberapa hari atau beberapa minggu terapi agar DNA sel-sel kanker rusak parah dan mati. Proses matinya sel-sel kanker akibat DNA rusak parah memakan waktu beberapa minggu atau bahkan bulan setelah terapi selesai dilakukan. Ada beberapa alasan terapi ini digunakan dokter ...
Read More
apa itu kemoterapi

Apa Itu Kemoterapi? Mari Mengenalnya

Apa itu kemoterapi? Salah satu terapi kanker yang begitu efektif membasmi sel-sel kanker yang ada di seluruh tubuh manusia, namun memiliki efek samping yang tidak sedikit dan cukup merugikan. Masihkah kemoterapi menjadi pilihan utama sebagai terapi kanker? Apa Itu Kemoterapi? Kemoterapi yang sering disebut “kemo”, adalah salah satu cara penanganan kanker dengan menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker. Bagaimana cara kerja kemoterapi dalam basmi kanker? Obat-obatan kemoterapi akan menargetkan sel-sel tubuh yang tumbuh dan berkembang dengan cepat, seperti layaknya sel kanker. Tidak seperti terapi radiasi dan pembedahan yang merupakan terapi terisolasi pada bagian tubuh tertentu saja, kemoterapi bisa berdampak pada seluruh tubuh pasien kanker. Lalu apa yang bisa dilakukan kemoterapi pada tubuh penderita? Ada tiga hal, tergantung dari jenis kanker yang diderita dan sudah berapa lama kanker berkembang:
  • Menyembuhkan: Kemoterapi dapat membasmi sel-sel kanker sampai habis.
  • Mengontrol: Kadang kemoterapi hanya bisa mengontrol sel kanker agar tidak menyebar ke bagian ...
    Read More

on March 3 | by

Comments are closed.