MENU

Mengenal Imunoterapi dan Manfaatnya untuk Kanker

Mengenal Tumor Otak dan Pemulihan Canggihnya di Indonesia

June 19, 2017 Comments (0) Views: 3410 Pengobatan Kanker, Terapi Kanker

Penanganan Kanker Stadium 4

Kanker dikenal sebagai penyakit berbahaya yang hingga saat ini penyebab pastinya masih menjadi misteri dalam dunia medis. Hal ini dikarenakan sangat banyaknya faktor yang dicurigai sebagai pemicu kanker, mulai dari faktor genetis hingga faktor pola hidup dan lingkungan. Penyakit ini juga dikatakan sebagai penyakit menakutkan. Bukan tanpa sebab predikat ini disematkan, akibat sulitnya penyakit ini untuk dipulihkan. Selain itu penyakit kanker juga memiliki kemampuan untuk menyebar dengan cepat ke area tubuh lain yang masih sehat.

Tingkat keparahan kanker dinilai dari seberapa luas kanker menyebar dalam tubuh pasien. Umumnya stadium kanker dibagi menjadi 4 stadium yang mana masing-masing stadium menjelaskan seberapa jauh kanker sudah menyerang bagian-bagian tubuh.

  • Stadium 0: Jaringan kanker hanya ada di tempat ia pertama kali muncul, tidak menyebar ke jaringan di sebelahnya. Tingkat kesembuhan paling tinggi di antara semua stadium.
  • Stadium 1: Jaringan kanker mulai mendesak jaringan atau organ di sebelahnya. Tingkat kesembuhan masih tinggi.
  • Stadium 2 dan 3: Jaringan kanker menyebar ke organ-organ di sekitarnya, seperti kelenjar getah bening, otot, kulit, jaringan lain di sekitarnya. Terapi pada stadium ini terdiri dari operasi pengangkatan kanker, kemoterapi untuk membunuh sisa-sisa sel kanker yang mungkin tertinggal, radioterapi untuk menghancurkan sel-sel kanker, dan terapi hormonal.
  • Stadium 4: Kanker telah menyebar ke organ lain yang jauh. Misal kanker payudara menyebar ke paru-paru atau otak. Pengobatan kanker pada stadium ini umumnya hanya bersifat paliatif, untuk mengurangi gejala seperti rasa sakit, tidak untuk menyembuhkannya.

Saat kita berbicara kasus kanker stadium 4, yang kita bicarakan adalah tingkat harapan hidup. Karena hingga saat ini belum ada solusi yang pasti untuk memulihkan penyakit kanker yang sudah mencapai stadium akhir, paling tidak upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menghambat perkembangan sel kanker dan mengurangi gejala-gejala yang timbul. Dengan begitu pengobatan yang dilakukan diharapkan dapat memperpanjang umur pasien dan membuat kualitas hidupnya dapat lebih terjaga.

Beberapa solusi yang bisa ditawarkan untuk penderita kanker stadium 4 antara lain:

  1. Kemoterapi: Saat memasuki kanker stadium 4, kemoterapi menjadi metode penanganan utama secara medis. Kemoterapi dapat diberikan dalam bentuk cair, pil, dan dalam bentuk infus. Pada kasus kanker stadium 4, kemoterapi yang diberikan tidak lagi hanya menyasar sel kanker di tempat awal, tetapi juga ditujukan untuk sel kanker yang telah menyebar di bagian tubuh lainnya.
  2. Terapi Radiasi: Terapi ini digunakan untuk menghancurkan atau setidaknya menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dengan melakukan penyinaran menggunakan radiasi sinar x. Terapi jenis ini digunakan jika area metastasis (penyebaran kanker) sudah diketahui dengan pasti. Selain menggunakan penyinaran, pemberian radiasi sel kanker juga dapat dilakukan sengan menggunakan jarum atau selang di area sekitar sel tumor.
  3. Operasi: Tindakan operasi dapat dilakukan namun tergantung dengan bentuk dan sejauh mana kanker sudah menyebar. Area penyebaran kanker yang masih dapat dioperasi seperti pada organ kelenjar getah bening dan paru-paru yang masih dapat dioperasi.
  4. Manajemen Nyeri: Metode ini digunakan untuk meminimalisasi rasa sakit yang dirasakan oleh pasien kanker, terutama saat terapi pemulihan kanker dilakukan. Dengan mengurangi rasa sakit maka di harapkan pasien kanker dapat merasakan kualitas hidup yang lebih baik.

Ditinjau oleh:
Rony Wijaya
Medical Marketing
Indocare Citrapasific

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *