MENU

7 Mitos Seputar Kanker Payudara

Cara Mencegah Kanker Usus Besar – Bagian 1

May 25, 2016 Comments Off on Mengenal Simbol Pita Peduli Kanker dan Maknanya Views: 2689 Artikel Kesehatan

Mengenal Simbol Pita Peduli Kanker dan Maknanya

Kanker adalah penyakit serius yang menjadi sorotan oleh banyak orang karena sifatnya yang ganas dan mematikan. Penderita kanker akan merasakan ketidaknyamanan yang tidak sebentar baik disebabkan karena sel kankernya, ataupun akibat efek penyembuhannya. Bahkan pada stadium tertentu, kanker dapat berubah menjadi penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Ada banyak pasien kanker stadium lanjut yang umurnya divonis tidak lama lagi oleh dokter. Kondisi-kondisi seperti ini tak jarang membuat penderita kanker merasa down, putus asa, atau merasa terkucilkan dari lingkungannya.

Seiring berjalannya waktu, di berbagai belahan dunia muncul kelompok-kelompok peduli kanker. Mereka melakukan berbagai aksi solidaritas untuk menunjukkan dukungan dan kepeduliannya terhadap pasien, keluarga pasien, juga orang awam dalam melawan kanker. Salah satu bentuk solidaritas itu adalah simbol pita. Simbol pita biasa digunakan dalam kampanye atau peringatan hari antikanker sedunia. Masing-masing jenis kanker memiliki warna pita yang berbeda. Berikut ini Lawan Kanker akan menjelaskan warna-warna pada simbol pita peduli kanker beserta maknanya.

Pita Merah Muda (Pink)Pita Merah Muda (Pink)
Pita merah muda ini paling sering dikaitkan dengan kanker payudara. Selain itu, pita pink juga simbol dari kesadaran kanker pada anak.

Pita KuningPita Kuning
Meski pita kuning paling sering dikaitkan dengan kanker kandung kemih, pita kuning juga merupakan simbol dari pencegahan bunuh diri dan spina bifida (cacat lahir dengan tulang punggung).

Pita Merah AnggurPita Merah Anggur
Pita berwarna merah anggur ini merupakan simbol dari multiple myeloma, kanker sumsum tulang, dan kanker mulut.

Pita UnguPita Ungu
Pita ungu melambangkan kanker pankreas dan kanker testis. Juga melambangkan Sindroma ADD (Attention Deficit Disorder), penyakit Alzheimer, kekerasan dan perlindungan terhadap binatang (animal abuse).

Pita Abu-abuPita Abu-abu
Pita abu-abu merupakan simbol dari kesadaran untuk kanker otak, diabetes, dan asma.

Pita biruPita biru
Pita biru memiliki simbol dari kepedulian pada kanker prostat. Selain itu pita biru juga melambangkan anti penyiksaan kepada anak-anak, kanker usus besar, juga penyakit Chron.

Pita oranyePita oranye
Pita oranye melambangkan kepedulian terhadap kanker ginjal, leukimia, gizi buruk, sindrom ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), dan multiple sklerosis.

Pita hitamPita hitam
Melambangkan kepedulian terhadap melanoma (kanker kulit). Juga digunakan untuk melambangkan kepedulian pada aksi terorisme, keadaan berkabung, kepedulian terhadap kecenderungan bunuh diri (seperti yg terjadi di Jepang).

Pita EmasPita Emas
Melambangkan kepedulian dan dukungan pada penderita kanker di kalangan anak (childhood cancer).

Pita Bening - Clear Ribbon - Pearl RibbonPita Bening / Clear Ribbon / Pearl Ribbon
Melambangkan dukungan dan perhatian terhadap kanker paru, emphysema, juga multiple sclerosis (penyakit sistem saraf pusat).

Pita PutihPita Putih
Melambangkan kepedulian terhadap kanker tulang, diabetes, keadilan, korban terorisme, perdamaian, hak asasi, pelecehan seksual terhadap pelajar, dan anti pornografi terhadap anak di bawah umur.

Pita HijauPita Hijau
Melambangkan kepedulian terhadap kanker mata, depresi, anak hilang, kepedulian lingkungan, keselamatan kerja dan penyakit glaukoma.

Pita Hijau Kebiru-biruanPita Hijau Kebiru-biruan
Melambangkan kepedulian terhadap kanker ovarium, korban tsunami, anti bullying, hernia kongenital diafragma, penyakit Tourette Syndrome, dan neuralgia (penyakit saraf).

Pita Hijau PutihPita Hijau Putih
Digunakan untuk kepedulian terhadap kanker serviks.

Tags: , , , , , , , , ,

Comments are closed.