MENU

Alasan Kenapa Anda Harus Jauhi Zat Aditif

Catat! Herbal-Herbal Ini Mampu Membantu Pemulihan Kanker

February 2, 2017 Comments (0) Views: 381 Artikel Kesehatan, knowledge, lifestyle

Mendengkur Percepat Penyebaran Kanker?

Jangan anggap remeh mendengkur saat tidur. Selain mengganggu kenyamanan orang yang ada di sebelah Anda, mendengkur juga bisa berimplikasi pada perkembangan tumor dan kanker.

European Association of Urology Congress di Muenchen, Jerman, mengungkapkan bahwa mendengkur menyebabkan perkembangan sel kanker lebih cepat. Hal ini dipicu karena terjadinya hipoksia yakni salah satu dampak dari gangguan tidur (mendengkur) yang menyebabkan pernapasan tidak berjalan dengan semestinya sehingga jaringan tubuh atau organ tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen.

Dr. Antoni Vilaseca yang melakukan penelitian ini mengatakan bahwa hipoksia mempunyai potensi untuk membuat pembuluh darah berkembang di dalam tumor sehingga sel tumor itu mempunyai akses untuk memakan lebih banyak nutrisi. Nah, oleh karena itu penting bagi kita untuk tahu cara mencegah tidur mendengkur, berikut beberapa tips yang dikutip dari portal kesehatan alodokter yang bisa dilakukan untuk mengurangi atau mencegah Anda mendengkur saat tidur:

  1. Ubah Posisi Tidur.
    Tidur dengan posisi telentang mempunyai potensi mendengkur yang besar. Hal itu terjadi karena saat tidur telentang tubuh akan bertumpu pada punggung dan bisa membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak pada mulut menutupi dinding tenggorokan sehingga terjadi getaran suara saat tidur. Untuk mengantisipasinya, cobalah tidur dengan posisi menyamping.
  1. Tidur yang Cukup
    Kurang tidur atau memiliki jadwal tidur yang tidak teratur bisa memicu Anda untuk mendengkur. Ketika Anda sudah mencapai titik kelelahan yang sangat parah, kondisi otot-otot akan berubah menjadi tidak tegang sehingga membuat Anda tidur mendengkur.
  1. Hindari Alkohol dan Obat Tidur
    Menurut penelitian, menenggak minum keras pada empat hingga lima jam sebelum tidur bisa membuat dengkuran makin parah. Minum obat tidur juga harus dihindari. Memang obat ini bisa membuat Anda terlelap dengan cepat, namun obat tidur bisa membuat otot-otot pada leher menjadi rileks sehingga membuat dengkuran Anda semakin parah.
  1. Banyak Minum Air Putih
    Ketika mengalami dehidrasi, proses pelepasan lendir di hidung dan langit-langit lunak menjadi lengket. Hal itu bisa mendorong Anda untuk mendengkur. Oleh karena itu, perbanyaklah minum air.
  1. Hindari Merokok
    Merokok bisa menyebabkan hidung dan paru-paru tersumbat. Kondisi seperti itu bisa memicu Anda mendengkur. Jadi hentikan kebiasaan merokok sekarang juga agar terbebas dari dengkur dan bahaya akibat rokok lainnya.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *