MENU

Bisakah Kanker “Diwariskan”?

Waspada Kanker Ginjal

April 12, 2017 Comments Off on Ingin Jauh dari Kanker? Ini Makanan yang Perlu Dihindari Views: 2106 Artikel Kesehatan, knowledge, Lawan Kanker, lifestyle

Ingin Jauh dari Kanker? Ini Makanan yang Perlu Dihindari

Semakin Anda bijak dalam mengonsumsi makanan, maka Anda akan semakin aman dari serangan kanker. Hal ini dikarenakan tidak semua makanan itu sehat untuk Anda konsumsi, seperti makanan yang dibakar, karena justru menjadi bibit munculnya sel kanker jika dikonsumsi secara rutin atau dalam jumlah yang berlebih.

Solusinya, kita perlu berkomitmen untuk mengatur pola makan dan asupan nutrisi harian, memperhatikan jenis makanan dan proses pemasakannya sebelum dikonsumsi, memperbanyak asupan serat dari buah dan sayur, serta diikuti dengan rutin berolahraga untuk mencegah risiko kanker dan menjaga daya tahan tubuh tetap optimal.

Untuk informasi Anda, komunitas lawan kanker akan memberikan informasi beberapa jenis makanan yang berisiko memicu kanker.

Daging merah dan daging olahan

  • Daging merah adalah daging sapi, babi, kambing dan domba.
  • Daging olahan adalah daging yang telah diproses sedimikian rupa (penggaraman, pengawetan, fermentasi, pengasapan) untuk menjaga kondisi daging atau memberikan rasa misalnya hot dog, daging babi asap, sosis, ham, daging kalengan.

Alasan: kandungan haem pada daging merah dapat merusak permukaan dalam usus, selain itu orang yang banyak makan daging merah memiliki kecenderungan untuk makan sedikit sayur dan buah. Pada daging olahan dapat terbentuk senyawa nitrosamine yang dapat merusak DNA pada sel yang dapat menyebabkan kanker.

Konsumsi berlebihan dari daging merah dan daging olahan dapat meningkatkan risiko kanker usus (colorectal cancer).

Anjuran: konsumsi daging merah < 500 g dalam seminggu, konsumsi daging olahan sesedikit mungkin.

Alkohol

Konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan beberapa risiko kanker seperti kanker rongga mulut, esophagus, liver, payudara dan kolorektal.

Alasan: terbentuk senyawa acetaldehyde yang dapat merusak DNA dan protein, menghasilkan radikal bebas/ROS yang dapat merusak DNA dan protein, meningkatkan estrogen, mengganggu kemampuan tubuh untuk memecah dan menyerap berbagai nutrisi yang dihubungkan dengan risiko kanker seperti vitamin A, folat, vitamin C, vitamin D, vitamin E dan carotenoids.

Anjuran: tidak lebih 2 takaran minum pada pria, tidak lebih 1 takaran minum pada wanita.

Tags: , , , , , ,

Comments are closed.