MENU
Benjolan Payudara Belum Tentu Kanker

Tenang, Tidak Semua Benjolan Pada Payudara itu Kanker

Jenis-Jenis Tumor Paru, Mana yang Berpotensi Kanker?

Cara Mudah Deteksi Kanker

May 19, 2017 Comments Off on Kabar Baik, Ternyata Ada Kanker yang Mudah Dideteksi Views: 4692 Jenis Kanker

Kabar Baik, Ternyata Ada Kanker yang Mudah Dideteksi

Tubuh manusia terdiri dari milyaran sel aktif yang tumbuh dan berkembang secara normal lalu akan mati dengan sendirinya. Namun terkadang sel-sel ini berkembang secara abnormal yang dipicu oleh banyak faktor, dimulai dari faktor yang bersifat genetik atau keturunan hingga faktor-faktor yang bersifat eksternal seperti paparan radiasi, sinar uv, polusi asap rokok dan kendaraan hingga pola konsumsi makanan yang tidak sehat. Perkembangan abnormal pada sel dapat meningkatkan pertumbuhan sel  dan mengurangi kematian sel sehingga dapat menyebabkan kanker.

Tumbuhnya kanker pada tubuh umunya sulit untuk dideteksi, terutama yang menyangkut organ dalam tubuh. Namun ada pula beberapa jenis kanker yang bisa dideteksi dengan mudah, dengan melihat perubahan pada tubuh, gejala dan tanda yang dapat terlihat dan diamati. Walaupun begitu untuk memastikan kondisi tersebut, tentunya harus dilakukan pemeriksaan patologi anatomi, sehingga penyakit yang timbul lebih mudah dikontrol dan memudahkan proses pemulihan total. Lalu apa sajakah jenis kanker yang mudah dideteksi tersebut?

  1. Kanker kulit: Kanker kulit termasuk jenis kanker yang mudah dideteksi karena muncul pada organ terluar manusia yakni kulit. Umumnya gejala/tanda yang timbul dapat terlihat seperti pertumbuhan baru di kulit, luka yang tidak kunjung sembuh, perubahan bentuk atau warna dari sebuah tahi lalat serta perubahan lain pada kulit.
  2. Kanker testis: Kanker jenis ini paling sering terjadi antara usia 15-34 tahun. Sebagian besar kanker ini dideteksi oleh diri sendiri yaitu dengan menemukan adanya benjolan yang menjadi besar, nyeri yang tidak biasa atau sakit pada area testis.
  3. Kanker payudara: Kanker payudara umumnya mudah dideteksi terutama oleh diri sendiri, semakin dini deteksi maka kesempatan untuk sembuh sempurna akan lebih besar. Deteksi dini yang biasa dilakukan adalah dengan melakukan mamografi, tes payudara oleh dokter atau perawat dan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI).
  4. Kanker serviks: Kanker serviks merupakan jenis yang bisa didiagnosis dengan melakukan tes pap smear. Selain melalui tes pap smear, kanker ini juga bisa dideteksi melalui pemeriksaan IVA (inspeksi visual dengan asam asetat) yang dapat dilakukan pada daerah dengan fasilitas terbatas untuk mengetahui lesi pra-kanker serviks.
  5. Retinablastoma: Retinablastoma merupakan merupakan tumor ganas di dalam mata yang paling sering terjadi pada anak di bawah usia lima tahun. Deteksi dini retinoblastoma dapat dilakukan dengan alat yang disebut ophthalmoscope. Pemeriksaan sangat sederhana, tenaga medis hanya perlu mengarahkan sinar dari alat ophthalmoscope pada mata anak. Jika mata anak normal maka akan terlihat warna merah, jika tidak terlihat warna merah maka bisa dicurigai anak memiliki masalah pada matanya.

Tags: , , , , , , , ,

Comments are closed.