MENU

Kanker Paru Paru

Kanker Payudara

March 22, 2016 Comments Off on Kanker Payudara Views: 1708 Jenis Kanker

Kanker Payudara

Kanker Payudara adalah penyakit yang disebabkan oleh sel kanker ganas yang tumbuh secara abnormal pada jaringan di organ payudara. Sel-sel kanker ini dapat bermetastasis (menyebar) ke bagian tubuh lainnya lewat aliran darah. Kanker payudara biasanya menyerang kaum wanita. Tapi, ada beberapa kasus kanker payudara yang menyerang pria.

Statistik Kanker Payudara
Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling populer dan sering dikampanyekan pencegahannya. Dikutip dari Alodokter, kejadian kanker payudara di Indonesia mencapai sekitar 40 kasus setiap 100.000 penduduk pada tahun 2012, menurut data di organisasi kesehatan dunia (WHO). Dibandingkan dengan negara tetangga kita, Malaysia, kanker payudara di Indonesia lebih banyak diderita oleh wanita usia muda dan pada tahap yang lebih lanjut.

Penyebab Kanker Payudara
Penyebab kanker payudara secara khusus hingga saat ini masih belum diketahui secara jelas. Namun ada beberapa kemungkinan yang bisa dideteksi sebagai penyebab kanker payudara, yaitu:

  1. Berat badan tidak terkontrol
  2. Konsumsi alkohol
  3. Memiliki riwayat kanker payudara sebelumnya
  4. Benjolan jinak pada payudara
  5. Pengaruh genetika
  6. Faktor usia
  7. Paparan karsinogen

Gejala Kanker Payudara
Gejala kanker payudara dapat dideteksi dengan melihat dan merasakan beberapa indikasi awal seperti:

  1. Adanya benjolan keras atau kulit tebal di area payudara yang mungkin terasa gatal atau bisa jadi hanya terasa sakit ketika ditekan
  2. Adanya pendarahan atau keluarnya cairan tidak dikenal dari puting
  3. Perubahan bentuk puting menjadi lebih masuk ke dalam
  4. Kulit payudara menjadi keriput dan cenderung kemerahan

Ketika kanker sudah menyebar, penderita akan merasakan nyeri pada bagian tulang, menurunnya berat badan, dan membengkaknya bagian lengan.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.