MENU
Kanker Payudara

Kanker Payudara

Kanker Usus Besar (Kolorektal)

March 22, 2016 Comments Off on Kanker Paru Paru Views: 900 Jenis Kanker

Kanker Paru Paru

Sama seperti penyakit kanker lainnya, kanker paru-paru ditandai dengan adanya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol pada paru-paru. Sel ini biasanya terletak di saluran udara di organ paru-paru, dan pada tingkat lanjut akan menyebar (metastasis) ke organ lain. Kanker paru-paru terbagi menjadi dua berdasarkan bentuk sel yang terlihat di bawah mikroskop; kanker paru-paru sel kecil (SCLC) dan kanker paru-paru non-sel kecil (NSCLC). Lebih dari 80% kanker paru-paru di dunia merupakan tipe kanker paru-paru non-sel kecil. Kanker paru-paru non-sel kecil juga terbagi tiga klasifikasi, yaitu adenokarsinoma, karsinoma sel skuamosa dan karsinoma sel besar.

Statistik Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru adalah jenis penyakit kanker yang paling banyak diderita sekaligus paling banyak menyebabkan kematian di dunia. Jika penderita kanker payudara didominasi oleh wanita, maka mayoritas penderita kanker paru-paru didominasi oleh laki-laki. Berdasarkan data Globocan atau International Agency for Research on Cancer (IARC) pada tahun 2012, di Indonesia terdapat 25.322 kasus kanker paru-paru yang menimpa pria, sedangkan pada wanita terdapat 9.374 kasus.

Penyebab Kanker Paru-paru

Biang keladi utama dari kanker payudara tidak lain adalah rokok. Lebih dari 80 persen kasus penyakit kanker paru-paru dikaitkan dengan kebiasaan merokok penderitanya. Pada survey yang dilakukan peneliti Oxford University tahun 2006 lalu, 90 persen kematian karena kanker paru pada laki-laki di negara maju selama tahun 2000 disebabkan oleh merokok, aktif maupun pasif.

Rokok mengandung lebih dari 50 zat pemicu kanker yang secara langsung dapat menyerang jaringan paru-paru. Dua zat yang terkenal adalah nikotin serta tar. Nikotin biasa digunakan dalam insektisida, sedangkan tar digunakan dalam pembuatan aspal jalanan. Zat-zat inilah yang menjadi penyumbang karsinogen (pemicu tumbuhnya sel kanker) terbesar.

Selain rokok, penyebab kanker paru-paru lainnya berasal dari polusi udara, gas radon, atau terpaan zat karsinogenik seperti asbes, nikel, batu bara, silika, dan arsenik. Riwayat keluarga pun bisa menjadi faktor pemicu kanker paru-paru.

Gejala Kanker Paru-paru

Untuk kanker paru-paru, gejala yang akan dialami sangat sulit untuk dideteksi di awal. Biasanya gejala hanya akan ditemukan ketika kanker sudah mulai berkembang. Berikut gejalanya:

  1. Suara berubah menjadi serak
  2. Wajah dan lengan membengkak
  3. Batuk yang tidak kunjung sembuh
  4. Dada nyeri dan sesak
  5. Mudah lelah
  6. Sulit menelan sesuatu
  7. Ujung jari berubah menjadi cembung
  8. Berat badan turun drastis

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.