MENU

Rekomendasi Nutrisi Bagi Penderita Kanker dan Sumbernya

Ini Jenis-Jenis Kanker Langka yang Perlu Diwaspadai

April 21, 2017 Comments Off on Jenis Plastik yang Aman Sebagai Pembungkus Makanan Views: 2155 Artikel Kesehatan, knowledge

Jenis Plastik yang Aman Sebagai Pembungkus Makanan

Penggunaan plastik memang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia dan seringkali plastik digunakan sebagai bahan pembungkus makanan ataupun minuman. Melihat fungsi tersebut maka sebaiknya kita harus lebih berhati-hati dan bijak dalam penggunaan plastik.

Perlu ditingkatkannya kewaspadaan terhadap penggunaan plastik dikarenakan adanya beberapa penelitian yang mengungkapkan beberapa bahan plastik yang diisukan dapat berbahaya bila terkontaminasi pada tubuh dan berpotensi memicu timbulnya sel kanker.

Memang masih banyak perdebatan atas isu ini, namun berdasarkan info dari Cancer Society of New Zealand, sangat kecil jumlah BPA pada plastik yangdapat berpindah dan mengontaminasi makanan/minuman Anda saat terpapar suhu panas. BPA merupakan zat yang dapat mengganggu sistem hormon (endocrine  disruptors). Pada hewan percobaan, kadar rendah BPA dapat menimbulkan gangguan sistem reproduksi. Namun efeknya terhadap manusia belum diketahui, termasuk dalam meningkatkan risiko kanker.

Walaupun belum terdapat data atau bukti pada manusia dalam hubungannya dengan kanker, namun hendaknya penggunaan bahan plastik dapat dibatasi atau pastikan bahan plastik yang Anda gunakan, terkategori aman terutama saat digunakan sebagai pembungkus makanan atau minuman. Untuk menambah pengetahuan bersama, berikut daftar plastik yang aman digunakan dan yang memiliki risiko terhadap kesehatan tubuh.

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Next »

Tags: , , , , , , , ,

Comments are closed.