MENU

Imunoterapi Kanker, Upaya Melawan Kanker Dari Dalam Tubuh

Air Minum Kemasan yang Lama Disimpan di dalam Mobil...

December 16, 2016 Comments (0) Views: 865 Artikel Kesehatan, knowledge, makanan

Jenis Makanan Pokok Ini Bisa Membantu Mengatasi kanker

Tahukah Anda? Salah satu jenis makanan pokok orang Indonesia diketahui memiliki kemampuan dalam menghambat sel kanker. Nah, saat mendengar kata makanan pokok, apa yang terlintas di benak Anda? Mungkin, nasi menjadi jawaban yang paling sering muncul.

Jika Anda menjawab nasi, maka Anda keliru. Jenis makanan pokok yang dimaksud adalah singkong. Ya, singkong sempat menjadi perhatian para peneliti karena efek antikankernya. Salah satu makanan pokok yang kaya akan kandungan karbohidrat ini diketahui dapat menjadi pilihan makanan bagi Anda yang ingin mencegah atau sedang dalam proses pengobatan kanker.

Singkong mengandung linamarin (amygdalin) yang dipecah oleh enzim beta lucosidase sehingga menghasilkan senyawa hydrogen cyanide (HCN) yang dapat membunuh sel kanker. Beberapa studi laboratorium mengenai manfaat singkong untuk tumor atau kanker yaitu:

  • Studi oleh Aprilina dkk dalam International Journal of Nutrition and Food Sciences menunjukkan ekstrak daun singkong dapat menghambat sel kanker usus besar.
  • Studi oleh Yusuf dkk dalam jurnal Nutraceutical and Functional Food menunjukkan ekstrak daun singkong menghambat sel kanker ovarium dan serviks adenokarsinoma.

Di samping itu, masih ada penelitan lain yang mengungkap efek singkong terhadap kanker. Namun sebuah asosiasi kanker ternama, American Cancer Society, menyatakan bahwa efek singkong ataupun tepung tapioka dalam mencegah atau mengobati kanker justru tidak memiliki cukup bukti ilmiah. Meskipun begitu, singkong masih bisa menjadi makanan pilihan Anda bagi yang ingin mencegah atau melakukan terapi pendamping kanker. Anda juga tetap dapat mengambil manfaat singkong sebagai sumber karbohidrat untuk bahan bakar tubuh dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Tags: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *