MENU

Studi Klinis Jamur Maitake

Waspada Detik-Detik Kembalinya Sel Kanker

July 2, 2017 Comments (0) Views: 2424 Tentang Kanker

Jenis – Jenis Vaksin HPV, Si Penangkal Kanker Serviks

Virus HPV (Human Papillomavirus) dikenal sebagai salah satu pemicu kanker serviks pada wanita, khususnya pada wanita yang telah aktif secara seksual. Berdasarkan data yang dirilis oleh WHO (World Health Organization) pada tahun 2014, terdapat lebih dari 92 ribu kasus kematian wanita akibat kanker. Sebesar 10,3 persennya diakibatkan oleh kanker serviks. Jumlah kasus baru kanker serviks hampir 21 ribu kasus.

Yang lebih ironis lagi adalah, sejak tahun 2000 hingga tahun 2012, usia wanita yang terserang kanker serviks semakin muda, yaitu rentang usia 21-22 tahun di tahun 2000 dan mencapai usia di bawah 20 tahun pada tahun 2012. Oleh karena itu tingkat kesadaran dan edukasi terhadap penyakit ini perlu untuk ditingkatkan tidak hanya pada orang dewasa namun juga pada mereka yang masih dalam usia remaja (dini).

Kehati-hatian dalam menjaga pergaulan sehat sangat perlu diperhatikan, demi menjauhkan risiko terkena penyakit berbahaya ini. Kenapa seperti itu? Berdasarkan fakta yang ada, diketahui beberapa faktor penyebab kanker serviks umumnya terjadi karena kurangnya kebijaksanaan individu dalam berperilaku dan menjaga kebersihan di lingkungan sosialnya seperti:

  1. Melakukan aktivitas seks terlalu dini.
  2. Bergonta-ganti pasangan seksual.
  3. Menggunakan sex toys secara bergantian.
  4. Merokok.
  5. Tidak menggunakan alas kaki saat ke kamar mandi umum.
  6. Membiarkan luka terbuka.

Namun begitu, kanker serviks bukan berati tidak bisa dicegah. Ada beberapa cara untuk memproteksi diri Anda dari infeksi virus berbahaya ini. Salah satu yang menjadi andalan adalah pemberian vaksin HPV. Untuk remaja usia 9-14 tahun, pemberian vaksin HPV dalam dua dosis dengan selang waktu 6-12 bulan. Untuk usia ≥ 15 tahun,  pemberian vaksin HPV dalam 3 dosis, dosis kedua 2 bulan setelah dosis pertama dan dosis ketiga 6 bulan setelah dosis pertama

Tidak hanya wanita, pria pun dapat memperoleh manfaat dari vaksin HPV.  Bagi kaum pria, virus HPV juga dapat menyebabkan kutil kelamin, kanker anus, serta kanker tenggorokan. Oleh karena itu penggunaan vaksin HPV sangat direkomendasikan untuk dilakukan. Berikut beberapa tipe vaksin HPV dan fungsinya.

Tipe-Tipe Vaksin HPV dan Manfaatnya.

  • Jenis pertama yaitu Cervarix. Umumnya digunakan untuk mencegah kanker serviks dan prakanker serviks. Vaksin jenis ini akan mencegah infeksi HPV-16 dan HPV-18 yang secara umum sebagai penyebab kanker serviks.Vaksin HPV ini hanya ditujukan untuk wanita.
  • Jenis kedua yaitu Gardasil. Digunakan untuk mencegah kanker dan pra kanker serviks, vulva, vagina dan anus. Selain mencegah infeksi yang disebabkan HPV-16, HPV-18, juga menangkal infeksi HPV-6 dan HPV-11 sebagai penyebab kutil kelamin. Untuk laki-laki, penggunaan vaksin ini dapat dilakukan pada usia 9-26 tahun.
  • Jenis terakhir yaitu Gardasil 9. Cakupan pencegahan infeksi HPV dari vaksin ini lebih luas dari Gardasil sebelumnya, yaitu termasuk HPV-31, HPV-33, HPV-45, HPV-52, dan HPV-58 yang terkait erat sebagai penyebab kanker serviks. Untuk laki-laki, Gardasil 9 dapat digunakan untuk usia 9-26 tahun.

 

Ditinjau oleh:
dr. Rony Wijaya
Medical Marketing
PT. Indocare Citrapasific

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *