MENU

Hindari Menggoreng Kentang Hingga Kecokelatan

5 Cara Efektif Mencegah Kanker

March 28, 2016 Comments Off on Jenis Jamur Ini Bisa Mencegah Kanker Views: 2347 Artikel Kesehatan

Jenis Jamur Ini Bisa Mencegah Kanker

Di dunia terdapat puluhan jenis jamur dengan bentuk dan kandungan yang berbeda. Dari seluruh jenis jamur yang ada, sebagian jenisnya diketahui beracun untuk tubuh sehingga tidak dapat dimakan. Namun sebagian lainnya justru memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan menjadi bahan makanan atau dikenal dengan istilah jamur pangan.

Jamur pangan pada umumnya berkhasiat untuk kesehatan secara umum seperti meningkatkan kekebalan tubuh, menambah asupan vitamin D dan protein, atau menurunkan koleserol. Di balik itu, ada pula khasiat secara khusus yang lebih ditonjolkan jenis jamur tertentu, salah satunya sebagai pencegah kanker (obat antikanker). Hanya sebagian kecil jenis jamur yang memiliki khasiat ini sehingga tak jarang jamur-jamur tersebut dinilai lebih unggul dibandingkan jamur lainnya. Lalu, apa saja jenis jamur yang berkhasiat mencegah kanker?

  1. Jamur Maitake

Jamur Maitake adalah jamur raksasa yang bentuknya bisa sebesar bola basket. Di Jepang, Maitake dikenal sebagai “Dancing Mushroom” atau “jamur menari”. Ia dinamai demikian karena orang-orang yang menemukan jamur ini akan menari kegirangan saat mendapatkannya. Wajar saja, jamur ini tergolong enak rasanya, banyak manfaatnya, namun langka dan hanya bisa diperoleh di pegunungan.

Khasiat jamur Maitake untuk mencegah kanker telah ditemukan oleh beberapa ilmuwan khususnya dari Jepang. Para ilmuwan tersebut menemukan adanya molekul polisakarida D-fraction yang tinggi pada jamur Maitake. Molekul ini mampu merangsang sistem kekebalan tubuh dan mengaktifkan sel-sel tertentu yang menyerang kanker payudara seperti makrofag, sel-T, dan sel-sel pembunuh alami lainnya. Kemampuan Maitake melawan kanker juga diperkuat dengan kandungan antioksidannya yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Dari hasil penelitian pada hewan uji seperti yang dijelaskan dalam jurnal berjudul The Therapeutics of Maitake Mushroom in Japan, Prof. Hiroaki Nanba dan P. Kumar menyimpulkan bahwa jamur Maitake dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara 1,5 kali lebih baik dibandingkan dengan jamur Shiitake, lalu 12 kali lebih baik dari jamur Karawatake, dan 16,5 kali lebih baik dari jamur Ling Zhi. Bahkan dibandingkan Ling Zhi dengan dosis 50 kali lebih besar dan Karawatake berdosis 300 kali lebih besar, efektivitas Maitake masih jauh lebih baik.

Nanba dan Kumar menambahkan, unggulnya Maitake ini dikarenakan memiliki kandungan senyawa polisakarida β-1,6 glukan sebagai rantai utama, sedangkan jamur lain umumnya β-1,3 glukan.

  1. Jamur Shiitake

Jamur ShiitakeJika Anda pecinta jamur, maka Anda tentu pernah mendengar nama jamur Shiitake kan? Ya, jamur ini sudah lazim menjadi bagian dari kuliner Jepang. Bahkan beberapa resep masakan Indonesia sendiri pun telah menggunakan jamur ini.

Jamur Shiitake ditemukan sebagai obat antikanker karena memiliki senyawa lentinan dan polisakarida yang berfungsi sebagai antikanker dan antitumor alami. Senyawa ini dapat menyerang sel-sel pembentuk tumor. Tidak hanya Maitake, Shiitake pun punya antioksidan yang berperan menghambat tumbuhnya sel kanker.

  1. Jamur Lingzhi

Jamur LingzhiKalau dua jamur sebelumnya menggunakan nama Jepang, jamur yang satu ini justru menggunakan nama Cina. Dialah Jamur Lingzhi, jenis jamur dari kingdom Mycetes dan filum Basidomycetes yang telah dikenal sebagai makanan sekaligus obat herbal sejak ribuan tahun lalu. Di jaman kekaisaran Cina, jamur ini dipercaya dapat memberikan keabadian. Hanya kaisar yang diizinkan mengonsumsi Lingzhi.

Lingzhi mengandung polisakarida ß-1,3 glukan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Seperti dikutip dari sebuah review pada jurnal Nutrition and Cancer mengenai efektivitas jamur Lingzhi bagi penderita kanker, beberapa uji klinis menunjukkan peningkatan respon sistem kekebalan tubuh dalam melawan sel kanker dan meningkatkan kualitas hidup penderita kanker paru-paru hingga 65%.

Lingzhi juga dapat digunakan untuk menenangkan saraf, mengurangi stres, membantu mengatasi insomnia, sekaligus menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, mengatur gula darah pada pasien diabetes, dan manfaat lainnya.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.