MENU

4 Cara Mendeteksi Dini Kanker Serviks

Gawat Shisha, Vaporizer, dan Rokok Elektronik Tetap Berpotensi Sebabkan...

Kabar Hoax Seputar Kanker

May 22, 2017 Comments Off on Kabar Hoax Seputar Kanker Views: 2660 knowledge

Kabar Hoax Seputar Kanker

Sekarang ini, di jaman serba internet penyebaran informasi sangat sulit untuk terbendung, beragam konten dapat ditemukan dengan mudah tidak terkecuali informasi seputar penyakit kanker. Banyak konten seputar kanker yang memberi kita keuntungan untuk belajar banyak tentang penyakit berbahaya ini dan memberikan solusi-solusi demi mencegah bahkan membantu pemulihan pasien kanker, namun sayangnya tidak sedikit juga tersebarnya berita yang menyesatkan dan dapat merugikan banyak pihak.

Demi menghindari diri dari kasus seperti ini disarankan bagi kita semua untuk lebih bijak dalam memilah informasi dan terlebih dahulu mencerna segala bentuk informasi sebelum memberikan kepada mereka yang membutuhkan. Memang hal ini adalah pekerjaan sulit, mengingat tidak semua dari kita memiliki kemampuan dalam bidang medis yang kuat. Lalu bagaimana cara kita agar tidak langsung percaya dengan berita-berita yang dicurigai sebagai hoax?

Hal yang paling mendasar adalah Anda harus melakukan cross-check berita dengan berulang dan pastikan informasi tersebut berasal dari sumber yang kompeten dimulai dari siapakah yang mengeluarkan data tersebut apakah dokter atau praktisi medis. Perhatikan juga kredibilitas dan track record organisasi atau website dalam penyebaran informasi.

Berdasarkan penelusuran, komunitas Lawan Kanker menemukan beberapa isu/informasi seputar kanker yang dirasa kurang memiliki bukti yang kuat. berikut beberapa informasi tersebut untuk bersama kita pelajari.

 

  1. Bebas kanker kalau tak ada riwayat
    National Cancer Institute (NCI), Amerika Serikat, menganggap hal tersebut keliru karena kanker bisa disebabkan oleh berbagai hal terutama gaya hidup tak sehat dan akibat paparan lingkungan seperti asap tembakau atau radiasi.
  2. Daun sirsak bisa sembuhkan kanker
    Ahli biologi tumbuhan Dr. Susiani Purbaningsih, DEA, mengatakan meski daun sirsak ini ada studinya namun belum cukup bukti untuk jadi obat. Penelitian tentang daun sirsak dan daun kanker masih belum masuk tahap uji klinis.
  3. Pengobatan alternatif kanker
    Pengobatan utama kanker adalah melalui operasi, kemoterapi dan radiasi. Namun sayangnya masyarakat banyak yang percaya pengobatan supranatural melaui orang pintar. Dampaknya adalah menunda-nunda untuk berobat ke rumah sakit, sehingga kanker yang diidap sudah terlanjur parah, sehingga sulit dipulihkan.
  4. Operasi bisa memperparah
    NCI mengatakan bahwa prosedur operasi di rumah sakit sudah memiliki standar. Kemungkinan untuk sel kanker menyebar karena operasi sangat minim karena dokter sudah melakukan beragam langkah pencegahan, seperti mengganti pisau bedah untuk setiap area tubuh yang berbeda.
  5. Kanker penyakit buatan manusia
    Cancer Research UK menjelaskan bahwa hal tersebut tidak benar. Bukti keberadaan sel kanker sudah ditemukan bahkan pada fosil manusia ribuan tahun lalu dan ada penjelasan logis di balik fenomena meningkatnya kanker di zaman modern, yaitu angka harapan hidup menjadi lebih lama.

Tags: , , , ,

Comments are closed.